Tantangan H-29 Kelas Kepompong

Bismillahirrohmanirrohim Ramadhan tinggal menghitung hari, insyaallah 3 hari lagi. Lantas, apa yang sudah saya persiapkan untuk menyambutnya? Mari terus tanamkan dalam jiwa untuk ikhlas menjalankan ibadah ini agar memperoleh limpahan nikmat Allah SWT. Selain Jasmani/Rohani dan juga ilmu, kita perlu persiapan lainnya yang dapat menunjang agar ibadah kita berjalan lancar meskipun di tengah-tengan pandemi.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh
diantaranya dengan:
  • Mengonsumsi makanan bergizi.
  • Olahraga secara teratur. Tidak perlu yang berat-berat asal rutin.
  • Tidur yang cukup
  • Mengelola stres dengan baik
  • Konsumsi suplemen yang dapat memperkuat daya tahan tubuh
2. Dengan melakukan ibadah di Rumah Biasanya kita melaksanakan Tarawih di Mushola, kini cukup berjamaah di rumah dengan anggota keluarga lainnya. Selain larangan dari pemerintah, hal ini bertujuan untuk melindungi diri sendiri dari wabah ini. 3. Tidak Keluar Rumah Jika Tidak Penting Dengan membatasi aktivitas yang dilakukan di luar rumah, otomatis turut membantu pemerintah dalam menekan angka penyebaran Covid-19. 4. Membeli Stok Makanan Secukupnya Walau menyetok makanan itu disarankan, namun tetap harus bijaksana. Menghindari membeli stok makanan secara berlebihan, sehingga orang lain tidak kebagian. 5. Memperhatikan Asupan Makanan Untuk menjaga daya tahan tubuh jelang bulan suci Ramadhan dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, tinggi protein, rendah gula dan lemak untuk menjaga tubuh tetap berenergi selama berpuasa. Selain itu, pastikan juga untuk mengonsumsi banyak sayur dan buah-buahan karena mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas. 6. Mengendalikan Emosi Marah atau emosi ketika berpuasa dapat menurunkan imunitas serta mengurangi pahala yang diterima. Sayang kan ya? Agar badan kita tetap fit dan imunitas kita terjaga, hendaknya mampu mengelola emosi secara bijak. 7. Semakin Mendekatkan Diri kepada Tuhan Tepat waktu saat menjalankan sholat lima waktu ini penting sekali, selain mendapatkan pahala pun melatih diri untuk menghargai waktu dan manajemen waktu.
8. Melatih Rasa Sabar, Tenang dan Ikhlas Agar kita bisa menjalani ibadah dengan lebih khusyuk. Yakinlah bahwa pandemi ini akan segera berakhir dan tahun depan bisa menjalani Puasa dan Lebaran yang jauh lebih menggembirakan. 9. Berbagi kebahagian Dengan mengirimkan ucapan Selamat Ramadhan buat teman-teman agar lebih semangat menjalaninya meski di tengah-tengah pandemi Covid-19. 


#tantangan30hari #harikeduapuluhsembilan #kelaskepompong #bundacekatan #institutibuprofesional
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter