The Future of Cars ~ Memicu Kreativitas Anak

Bismillahirrahmanirrahim

Kreativitas adalah suatu proses dimana seseorang mampu membuat atau menciptakan sesuatu yang baru. Kreativitas anak diartikan sebagai proses dimana seorang anak menghasilkan sesuatu dengan tangannya sendiri atau pikirannya sendiri. Kita sebagai orang tua perlu memicu atau menstimulasinya agar daya imajinasinya terus berkembang sehingga menciptakan hal-hal yang kreatif.

Salah satu caranya adalah dengan memberi/ membelikan mainan kesukaannya. Mainan dapat menjadi alat/instrumen yang membantu anak menuangkan kreativitasnya. Jika anak meminta suatu jenis mainan, maka ia memiliki ketertarikan untuk menggunakan mainan tersebut berdasarkan imajinasinya. Membebaskan ia memilih sendiri mainan yang disukainya saat kita bawa ia di toko mainan.

Selama ini kami (terutama suami) selalu memberi kebebasan pada anak-anak ketika mereka minta dibelikan mainan. Dulu saya sering melarang jika suami menuruti semua kemauan anak-anak… gimana tidak mainan di rumah sudah menggunung, seakan rumah penuh mainan apalagi anak ke-2 ini, fiuh hampir tiap minggu minta ke Toys Shop untuk membeli koleksi yang baru, 2 container besar penuh dengan mobil-mobilan dan belum mainan lainnya seperti; Bola, Skuter, Skyboard, Tembak-tembakan dan sebagainya, namun setelah dijelaskan suami dan  tau ilmunya bahwa itu semua akan mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitasnya maka saya pun perlahan membebaskannya saat mereka minta mainan.

Siang tadi, sepulang sekolah Aqmar terlihat sibuk memodifikasi mobil-mobilannya. Terlihat serius saat berkegiatan (ga sempat foto saat proses, karena ada sedikit drama. hehe) dia siapin sendiri mulai Gunting, Double Tape, dan juga Peluru (benda berwarna kuning yang ditempel di bagian belakang mobil-mobilannya).

Setelah selesai berkreasi, saya pun menanyakan:
"Adek, what about this car?" (sambil saya menunjuk mobil warna merah)
"Em, this is Car with Gun" Jawabnya.

"Oh okay. And this one?" (Saya tunjuk yang satunya)
"This is Car with engine" Jawabnya.
"You mean, engine outside?" Tanyaku lagi, Mamak beneran kepo, haha…
"Yeah, this is Gun also?" Jawabnya
"Ah okay, very nice" pujiku.

Loh, si Mamak jadi bingung khan… tadi bilangnya mesin dan sekarang bilang Pistol. Apakah mesin disertai Pistol? Ah, daya imajinasi anak memang luar biasa. Perlunya apresiasi setelah dia berkegiatan, agar anak merasa dihargai hasil karyanya.

#Tantangan10hari
#Level9
#Kuliahbunsayiip
#Thinkcreative
#BeCreative
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter