Header April Hatni

Butterfly Card ~ Memicu Kreativitas Anak

Posting Komentar
Bismillahirrahmanirrahim

Saat weekend begini suami pas libur pula, jadinya hari ini full aktivitas di rumah. Bangun Pukul 04.45 lalu beberes di atas sebentar trus lanjut menyetrika hingga Pukul 07.30. Saat sedang menyetrika tadi sudah kepikiran kegiatan untuk anak-anak hari ini, rencananya membuat Pop Up Origami, ah... semoga saja anak-anak bisa dikondisikan. Mengingat ada Papanya di rumah, biasanya agak susah, selalu di depan Komputer dan kadang banyak alasan untuk menolak.

Origami merupakan seni melipat kertas yang sangat populer di negeri Sakura, merujuk pada seni melipat kertas menjadi suatu bentuk atau gambaran tertentu. Bentuk yang dimaksud bisa berupa hewan, tumbuhan, ataupun benda tertentu. Dalam membuat origami dibutuhkan ketelitian, kesabaran, dan ketekunan.

Selain menyenangkan, kegiatan ini memiliki banyak manfaat lain, di  antaranya dapat meningkatkan kreativitas dan motorik halus anak. Pasalnya, membuat origami membutuhkan ketelitian dan imajinasi sehingga saraf otak akan bekerja dengan baik. Tentu saja, dampaknya akan positif bagi perkembangan otak. (www.kabarnews.com)

Bismillah, Pukul 07.45 menuju ke bawah rencananya nyamperin anak-anak yang aku pikir mereka masih di depan Komputer, ah ternyata dugaanku salah... link Internet yang tersambung di Komputer mereka ternyata terputus, jadi mereka tidak main Komputer dong. Ah syukurlah, kesempatan nih. Pikirku waktu itu.

"Kak, yuk kita bikin craft yuk! Bikin Pop Up Card kayak gini ni!" Sambil aku tunjukkin video di HP kepada Prista.
"Tar Adek biar mau ikutan" bisikku padanya.
Sebenarnya sasarannya sih Si Adek, karena sepertinya dia akan menolak untuk diajak kegiatan ini. Makanya Si Kakak buat 'mancing' biar Adek ikut gabung, ahaha... Ternyata benar kan, selang beberapa menit Adek ikutan gabung dengan kami, padahal tadi aku dengar dia bilang gak mau bikin craft karena lama, hiks...
Akupun mulai persiapkan segala perlengkapan sederhana yang tersedia di rumah, Kertas Gambar (untuk mengganti Kertas Karton), Gunting, Glue dan Spidol.

FYI: Kami membuat card yang di dalamnya ada gambar Kupu-kupu dengan sayap yang terbuat dari kertas.

“Dilipat seperti ini, lalu digambar kayak heart gini terus dikasih colour dan digunting deh” Akupun mulai bikin pola Sayap dengan menunjukkan kepada mereka. Adek terlihat memperhatikan ketika aku menunjukkan step by step membuat Sayap Kupu-kupu.

Si Kakak sudah mulai membuat pola, mewarnai dan mengguntingnya lalu Si Adek juga tak mau kalah. Namun ketika bikin pola sendiri ternyata belum bisa, minta dibantu Mama katanya. Kemudian setelah pola jadi, ia mewarnai dan mengguntingnya sendiri. Sementara menunggu mereka selesai, akupun bantuin untuk bikin kepala dan badan Kupu-kupu. Setelah selesai semua, kamipun menempelkan sayap-sayap yang sudah jadi.
Taraaa, ini dia penampakannya…


#Tantangan10hari
#Level9
#Kuliahbunsayiip
#Thinkcreative
#BeCreative
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar