Mengenal Nilai Uang ~ Anak Cerdas Finansial

Bismillahirohmanirrohim

Mengenalkan nilai uang tak kalah pentingnya dalam melatih/mendidik anak cerdas Finansial sejak dini. Hal ini dimaksudkan agar anak mengenal nilai uang dan tidak menganggap semua uang sama saja. Hari ini kali pertama Prista saya kenalkan nilai uang Riyal (Qatar Riyal) mulai nominal terbesar hingga terkecil, yaitu 500 QR - 25 Dirham. Ah, mungkin di sekolah dia sudah tahu mengenai ini, namun tidak ada salahnya jika saya mengulang di rumah.


Hari ini saya mulai mempraktikkan dengan menunjukkan uang asli, baik berupa uang kertas maupun uang receh/logam sehingga ia bisa membedakan nominalnya karena warna berbeda pada masing-masing uang tersebut. Saya berikan penjelasan sederhana tentang perbedaan kedua jenis uang tersebut, seperti uang kertas untuk pecahan besar dan uang logam untuk pecahan kecil. Menjelaskan jika Riyal untuk menyebutkan uang kertas dan Dirham untuk penyebutan uang logam. Dalam penjelasan kali ini, sebenarnya masih ada satu pecahan uang yang kebetulan tidak ada di rumah, hehe...yaitu pecahan 50 Riyal.

Prista terlihat sangat tertarik untuk belajar hal ini, kemudian saya minta untuk mengulang penjelasan saya tadi, seperti; menyebutkan berapa nominal terbesar dalam uang Qatar Riyal dan nominal terkecil, penyebutan untuk uang kertas dan logam, ada berapa jenis pecahan Qatar Riyal dan untuk menandai jenis nominalnya bisa dari warna yang uang tersebut.
Alhamdulillah…

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter