Get a Chores, get Extra Money ~ Anak Cerdas Finansial

Bismillahirohmanirrohim

“Get a Chores, get Extra Money”, hehe… Mencoba menggunakan istilah ini untuk kegiatan Prista hari ini yang telah bersedia membantu pekerjaan rumah, sehingga ada tambahan “Gaji” yang didapatkannya hari ini. Jadi begini, besok hari Kamis kebetulan ada pengajian di rumah rencananya saya ingin melibatkan Prista untuk membantu mengupas ataupun memotong sayuran itung-itung untuk menambah “Gaji” nya. Nah, kemarin waktu anak-anak sekolah saya sudah berbelanja kebutuhan untuk acara tersebut.


Ada beberapa sayuran yang harus dikupas dan dipotong, lumayan lah jika harus dikerjakan sendiri, lumayan capek hehe... Biasanya sih suami yang bantu, termasuk kupas Bawang Merah dan Bawang Putih. Namun karena kali ini bertepatan dengan Games sesi Mendidik Anak Cerdas Finansial, yang di dalamnya melatih anak mengerti/paham bahwa cara mendapatkan uang harus dengan melakukan sebuah pekerjaan dan juga kebetulan tercantum pada komitmen kami sebelumnya, jika mau membantu pekerjaan rumah maka akan dihitung satu poin (mendapatkan “Gaji”). Maka hari ini saya mencoba menawarkan pekerjaan tersebut pada Prista.

Singkat cerita, tadi ketika ia pulang dari sekolah, tentunya setelah sholat, makan siang dan selesai melanjutkan murojaah Al Quran pagi tadi yang belum sempat ia tuntaskan. Saya yang sedari tadi sibuk memilah-milah dan menyiapkan sayur seperti; Buncis, Kol, Wortel kemudian kupanggil ia sambil mengajarkan bagaimana cara memotong yang benar dan untuk selalu berhati-hati saat memegang pisau, di sela-sela itu ku tanya padanya apakah mau membantu? “Nanti kakak akan Mama kasih 1 Riyal lagi, jadi hari ini total mendapat 5 Riyal. Gimana?“ tanyaku. “Yess” jawabnya penuh semangat.  Alhamdulillah Buncis 0.5 kg telah selesai dipotongnya, tinggal besok melanjutkan kegiatan untuk mengupas Wortel. Kegiatan ini termasuk kali pertama juga buatnya, jadi ia terlihat begitu excited sekali saat diminta untuk menyelesaikan pekerjaan ini.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter