Header April Hatni

Mengenal Earning-Income ~ Anak Cerdas Finansial

Posting Komentar
Bismillahirohmanirrohim

Menerapkan konsep Earning-Income (pendapatan aktif) kepada anak. Di usianya sekarang ini (10 tahun) memang Prista belum mengerti konsep dasar ini, bahwa untuk mendapatkan uang seseorang harus bekerja terlebih dahulu. Maka dengan mengaplikasikan konsep ini saya membuat sebuah sistem komisi di rumah, dengan cara memberikan uang kepadanya untuk hal-hal/kegiatan yang dilakukannya di rumah seperti menyetrika Baju, membersihkan Kamar/tempat tidur, membantu pekerjaan rumah dan sebagainya. Lebih tepatnya semacam komisi terhadap pekerjaan yang telah dikerjakan. Hal ini dinilai lebih baik dibandingkan memberikan uang jajan setiap hari atau setiap minggu.


Di samping mendidik anak bahwa uang tidak datang dengan sendirinya, dengan cara ini anak juga bisa menjadi rajin untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah sesuai dengan kemampuannya. Pemberian uang saya terapkan per hari, jadi per hari ia menerima “Gaji”. Namun, mungkin nanti seiring bertambah usianya dan semakin ia paham maka sistem “Gaji” ini akan dilakukan per minggu atau per bulan. Dengan menerapkan konsep ini, diharapkan anak bisa “mengelola” uang pribadinya. Mengelola ini dalam arti ada bagian yang bisa dibelanjakan (beli jajan, mainan dan sebagainya), Infaq/Shodaqoh dan ada bagian yang bisa disimpan untuk tujuan lain.

Penghasilan “Gaji” atau pendapatan yang akan diterima olehnya sesuai jumlah kegiatan yang berhasil ia selesaikan, berdasarkan kesepakatan kemarin. Sesuai kesepakatan kemarin, ada beberapa kegiatan/pekerjaan kecil yang berbayar. Beberapa kegiatan tersebut meliputi: 1. Sholat tepat waktu 2. Murojaah hafalan Al Quran 3. Menyetrika baju 4. Merapikan tempat tidur 5. Membantu pekerjaan rumah (misalnya; menyapu, pekerjaan di dapur, beberes rumah dan sebagainya)

Dan untuk hari ini ia telah menyelesaikan 4 pekerjaan, sehingga ia mendapatkan 4 QR. Wihh, terlihat senang sekali dan langsung ia masukkan ke wadah SAVE, katanya ingin menabung dulu untuk membeli sesuatu. “Yess. I will rich” serunya setelah menerima uang, hehe...Semoga konsisten ya Nak!

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar