Mengenal Konsep Uang ~ Anak Cerdas Finansial

Bismillahirohmanirrohim

Mengenalkan konsep uang kepada anak sangatlah penting. Karena menjadi orang yang pandai mengelola keuangan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, tapi memerlukan kebiasaan dan kedisiplinan yang sudah dibangun dalam waktu yang tidak sebentar. Hal ini untuk menanamkan sejak dini bagaimana menyikapi uang secara bijaksana. Dengan demikian, anak terbiasa dan mampu untuk mengatur keuangannya sendiri dengan benar di masa depan.


Karena itulah mendidik anak mengenai keuangan sejak ia masih kecil akan sangat bermanfaat. Agar ketika besar nanti mereka terbiasa mengelola keuangan mereka dengan baik. Yang pertama yang saya lakukan adalah dengan memberi pemahaman kepada Prista tentang tujuan keuangan.

Untuk apa kita punya uang? Bagaimana cara mengelola uang? Dan tak kalah pentingnya saya beri pemahaman bahwa dalam uang kita ada rezeki orang lain (memasukkan konsep zakat dan konsep sedekah) yang harus kita berikan kepada orang yang berhak menerimanya. Kita boleh membelanjakan uang kita sesuai apa yang kita butuhkan, bukan apa yang inginkan. Jadi uang yang kita miliki nanti akan kita kelola untuk belanja (membeli barang yang dibutuhkan), untuk ditabung dan untuk Infaq, Sodaqoh dan Zakat.
Setelah menyimak penjelasan seperti tersebut di atas kemudian saya menjadwalkan untuknya aktivitas besok mulai membuat 3 Pos Anggaran yang akan dibuatnya di dalam wadah/Jar, yakni meliputi 3S: Spend, Save and Share dan Komitmen pekerjaan apa saja yang akan mendapatkan ’Gaji’. Yeayyyy... Prista terlihat begitu sangat excited karena ia akan mempunyai uang sendiri, katanya dengan uangnya ia bisa memperoleh barang yang ia butuhkan dan tidak sabar menunggu esok.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter