Konsep Mengelola Uang ~ Anak Cerdas Finansial

Bismillahirohmanirrohim

Setelah kemarin memahamkan konsep Rezeki dan Uang, hari ini saatnya untuk belajar cara Mengelola Uang. Konsep dalam pengelolaan uang kali ini meliputi 3S, yaitu Spend (membelanjakan), Save (menyimpan) dan Share (berbagi; Infaq/Shodaqoh). Nah, pertama-tama yang ia lakukan adalah mencari wadah/Jar yang digunakan untuk 3S tadi.

Alhamdulillah, Prista terlihat sangat antusias dan mencari-cari wadah/Jar yang cocok buat project kali ini, saya pun turut membantunya. Dan...akhirnya kami temukan, Jar bekas Nutella yang akan digunakan untuk wadah 3S. Kemudian saya memintanya untuk menandai setiap Jar tersebut. Taraaaaaa...inilah penampakannya. Kreatif!!! Sesuai dengan Passionnya, setiap Jar diberi tulisan disertai gambar anime oleh Prista.

Kemudian kami diskusi dan membuat komitmen yang akan disepakati bersama. Karena anak-anak sekolah di sini tidak membawa uang saku/jajan, melainkan membawa bekal/lunch, maka untuk memperoleh uang ya akhirnya dengan melakukan berbagai kegiatan (positif) yang dinilai dengan uang. Hal ini juga mengajarkannya, bahwa untuk mendapatkan uang adalah dengan usaha tertentu dan tidak ada yang serba instant.

Saya sampaikan padanya bahwa ada kegiatan-kegiatan tertentu yang ia akan memperoleh ‘Gaji’ dari kegiatan tersebut. Dan telah kami sepakati bahwa per kegiatan senilai 1 QR.
Kegiatan tersebut meliputi; 1. Sholat tepat waktu 2. Murojaah hafalan Al Quran 3. Menyetrika baju 4. Merapikan tempat tidur 5. Membantu pekerjaan rumah (misalnya; menyapu, pekerjaan di dapur, beberes rumah dan sebagainya)

Jika dalam sehari ia melakukan semua kegiatan tersebut tanpa skip, maka akan mendapatkan 5 QR dan jika hanya melakukan beberapa, maka akan mendapatkan uang sesuai kegiatan yang telah dilakukan tersebut. Yass!!! Prista menyetujuinya. Bismillah...project akan dimulai esok.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter