Senangnya Berbagi

Bismillahirromanirohim

Berbagi adalah salah satu kemampuan yang harus dipelajari oleh anak-anak. Belajar berbagi memang hal yang sangat baik bila ditanamkan pada anak-anak. Betapa pentingnya mengajarkan anak untuk berbagi, karena berbagi memiliki pengaruh positif terhadap perkembangan aspek sosial-interpersonal anak. Membiasakan anak berbagi tidak saja memberi manfaat pada diri anak, tapi juga orang lain. Anak akan mengenal rasa empati, rasa syukur dan peduli terhadap orang lain. Bukan hanya itu, berbagi juga akan mengajarkan kebersamaan. Perkembangan sosial pada anak akan tumbuh secara baik dan anak akan memiliki banyak teman.

Mengajarkan berbagi ini bisa dalam situasi dan kondisi dimanapun. Misalnya; ketika bermain (berbagi mainan), ketika punya makanan (berbagi makanan) dan sebagainya. Singkat cerita, minggu lalu pesanan Aqmar (Invisible Pen) yang telah dibeli secara online sudah sampai, ada 10 buah dan warnanya macam-macam (pink, blue, green). Invisible Pen adalah pen yang mempunyai tinta dan tidak dapat terlihat oleh kasat mata. Tintanya dapat hilang dan hanya dapat terlihat bila menggunakan blue light/ lampu biru yang disertakan pada ujung pen tersebut, unik memang.

Saat pergi ke TPA Invisible Pen dibawa semuanya, katanya sebagian teman-temannya minta dan ia pun membagikannya. Juga dibagikan kepada teman-temannya di lingkungan rumah. Kemudian saya tanya kepada siapa saja dibagikan, dan Aqmar pun menjawab kalau Invisible Pen dikasihkan kepada Azhan, Azzam, Aa dan Mohamed. Saat bercerita, ia nampak senang dan tidak ada rasa menyesal meskipun sekarang hanya tinggal beberapa buah saja.

#Harike-4
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter