Header April Hatni

Sahabat baru Aqmar

Posting Komentar
Bismillahirromanirohim

Salah satu cara yang dilakukan oleh manusia dalam berinteraksi atau berhubungan dengan orang lain adalah dengan bersosialisasi. Karena manusia sebagai makhluk sosial, maka bersosialisasi merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan dalam berhubungan dengan orang lain. Mengingat pentingnya bersosialisasi ini, maka ada baiknya juga diajarkan kepada anak-anak.

Mudah bergaul, mempunyai banyak teman dan membentuk kepribadian anak merupakan manfaat yang akan didapatkan oleh anak jika mampu bersosialisasi dengan baik. Bersosialisasi juga bermanfaat untuk membantu anak memiliki keyakinan di dalam dirinya, berupa rasa percaya diri. Anak dengan keyakinan serta rasa percaya diri yang tinggi akan membuat anak mudah untuk melakukan segala sesuatu karena sudah mempunyai keyakinan serta rasa percaya diri di dalam dirinya. Berbeda dengan anak yang selalu minder, pemalu, serta rasa percaya diri yang tidak muncul, anak tersebut cenderung akan sulit untuk berbuat sesuatu karena merasa takut dan merasa tidak bisa untuk melakukannya.

Manfaat bersosialisasi lainnya adalah mempu membuat anak berpartisipasi dalam kelompok sosial di lingkungannya. Anak yang suka bersosialisasi serta bergaul dengan teman yang ada disekitarnya akan menjadi tahu berbagai hal yang terjadi di lingkungan sekitarnya, sehingga anak secara otomatis akan terlibat di dalamnya. Anak yang tidak bisa bersosialisasi dengan baik dengan lingkungannya hanya akan diam dan tidak akan pernah tahu segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya.


Hampir sebulan terakhir ini, Aqmar sering bermain dengan Best Friend-nya, namanya Azzam. Azzam ini anak baru di compound sini, baru 6 bulan di Qatar. Pagi, Siang, Sore maunya main dengan Azzam, begitupun dengan Azzam (kata Ibunya, maunya setiap saat main dengan Aqmar). Memang jika saya perhatikan ada beberapa kesamaan antara Aqmar dan Azzam. Mereka berdua sama-sama pendiam, suka memilih teman (jika merasa cocok/klik, maka ia baru bergabung). Saya lihat begitu senangnya dia berteman dengan Azzam ini.

Hingga kemarin Sore saat perjalanan kami menuju kota, ia menceritakan keseruannya bermain bersama Azzam, terlihat binar matanya saat bercerita. Selain Azzam ada juga teman yang lainnya bernama Mahmood, Aa, Fatih, dan Mohamed. Katanya, ia telah bermain bola, games online, balap sepeda, membuat castle dari pasir, lari-larian dan sebagainya. Menurutnya, bermain dengan teman-temannya adalah hal yang sangat menyenangkan. Alhamdulillah, Aqmar telah menemukan BBF-nya…karena sebelum mengenal Azzam, Aqmar tipikal anak pemalu, sulit untuk ‘masuk’ di lingkungan yang baru dikenalnya. Namun sekarang ini dia lebih percaya diri di berbagai lingkungan, termasuk lingkungan yang baru (teman-teman baru) .

#Harike-3
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar