Bintang MHQ 2019 (Musabaqah Hifdzil Quran)

Bismillahirromanirohim

Reward bisa diartikan sebagai apresiasi atau sebuah penghargaan yang diberikan seseorang kepada orang lain atas keberhasilan orang tersebut dalam mengerjakan suatu hal. Reward dapat juga berbentuk hadiah. Hadiah dapat diberikan sebagai suatu tanda bahwa anak telah meraih suatu kesuksesan (prestasi yang baik).

Hadiah yang sangat menarik akan meningkatkan motivasi dan juga akan meningkatkan rasa percaya diri anak. Dengan hadiah yang diterima, anak merasa yakin dan percaya diri terhadap semua perbuatan yang dilakukannya. Pemberian apresiasi ini tentu akan memberikan dampak yang positif, seperti meningkatkan motivasi belajar anak, meningkatkan jiwa kompetitif anak, dan penghargaan terhadap diri anak.


Hari ini saya mencoba mengajak Aqmar untuk flashback keberhasilannya atas lomba MHQ (Musabaqah Hifdzil Quran) tanggal 2 Maret 2019 kemarin. Membuka Portofolio Sertifikat dan mengambil Trofi (Piala) yang tersimpan di atas Rak Buku. Sambil ia memegang Piala dan Sertifikat, lalu saya memintanya untuk bercerita. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan juga padanya, bahwa semua usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil. Tidak hanya itu saja, perlunya pemahaman baginya bahwa menghafal Al Quran itu sangat penting bagi setiap muslim. Karena Al Quran adalah kitab Allah yang mana setiap muslim wajib menghafalnya. Dan akan ada Reward yang paling besar dari Allah jika kita mau dan mampu untuk menghafalkannya, yaitu Surga.

Terlihat sekali binar matanya saat bercerita lomba kemarin, ia bercerita saat menghadap Ustaz untuk membaca empat surat yang diajukan oleh Ustaz, yaitu Surat Al Maun, Al Kafirun, An Naas dan Al Qoriah... dan ia bisa membacanya keseluruhan. Ya, waktu lomba kemarin Aqmar masuk kategori Year 1-3 mulai dari Surat An Naas hingga At Takatsur dan Alhamdulillah mendapatkan juara ke-2. Usai bercerita, Aqmar pun minta difoto di depan halaman rumah sambil memegang Trofi dan Sertifikat. Masyaallah, alhamdulillah… barakallahu fiikum anakku.

#Harike-2
#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter