Menstimulasi Anak Suka Matematika (Counting Camels) - Day 5

Bismillahirohmanirrohim Pelajaran Matematika memang tidak lepas dari aktifitas sehari-hari. Betapa banyak aktifitas keseharian ini yang melibatkan dalam pembelajaran Matematika (belajar Matematika tidak sengaja). Merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan minat anak terhadap matematika adalah dengan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Bisa di jalan, di supermarket atau bahkan di dalam rumah.  Seperti kegiatan kami pagi ini, tanpa sengaja ternyata kami sudah belajar matematika loh. Berikut narasinya
Dalam mengisi liburan anak-anak kami berkunjung ke salah satu tempat wisata terdekat. Perjalanan lebih kurang 20 menit dari tempat tinggal kami. Letaknya di sebelah Farmer Market, dekat Sealine Beach. Ada beberapa Camel yang ada di tempat ini dan biasanya wisatawan yang berkunjung bila ingin merasakan sensasi Riding Camel, bisa mencobanya. Jujur, selama kurang lebih hampir 10 tahun di sini, sekalipun kami belum pernah mengunjungi tempat ini. Dan baru kali ini ada kesempatannya. Sambil menikmati indahnya gurun pasir dan pemandangan sekitar, saya pun mencoba memberi pertanyaan pada Aqmar. Masih tentang Penjumlahan (berhubungan dengan Kurikulum Year 2).
“Adek, can you count how many Camel are there?” tanya saya sambil menunjuk ke arah depan.
“One, two, three, four...” Aqmar mulai menghitungnya.
“Twenty three Mama, I see twenty three Camel!” Teriak Aqmar dan saya pun terkekeh mendengarnya.


Kemudian percakapan kami lanjut lagi…
“How many Tent are there, do you see?”
Dan Aqmar pun menghitung lagi. Kemudian saya mengganti objek lain yang ada di tempat tersebut. Seperti berapa banyak Camel yang duduk dan berjalan. Berapa jumlah mobil yang diparkir dan seterusnya. Alhamdulillah anaknya menjawabnya dengan riang gembira. Akhirnya, saya pun menemukan “Aha! moment” lainnya dan terjadi pada kegiatan hari ini, tidak sengaja  Picnic sambil belajar matematika. Berhitung pun jadi menyenangkan.


#harike5
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter