Menstimulasi Anak suka Matematika - Day 4

Bismillahirohmanirrohim

Salah satu cara untuk membuat anak suka matematika adalah dengan membiasakan matematika sejak dini. Pada usia dini dianggap yang paling tepat untuk mengenalkan matematika karena pada tahap ini perkembangan otak anak sangatlah maksimal dan siap menerima aneka stimulasi. Selain itu, sesungguhnya apapun yang kita lakukan bersama, ia pun akan menerimanya dengan senang hati.

Tujuan pengenalan ini bukanlah menjadikan anak mampu berhitung sedari dini, tapi sekedar mengenalkan konsep dasar matematika. Bagaimanapun, mata pelajaran ini sebenarnya lah adalah bagian dalam keseharian kita. Hampir seluruh aspek kehidupan kita memerlukan matematika sebagai penyelesaiannya.

Metode permainan dalam belajar Matematika adalah metode yang efektif diterapkan pada anak-anak, karena mereka masih dalam tahap bermain-main. Permainan sederhana yang seru dan efektif buat mengalihkan perhatiannya (ketika lama nunggu orderan datang).

Berikut narasinya
Minggu ini anak-anak libur mid term dan suami ada rencana pergi ke Doha untuk ganti Plat, akhirnya kami berangkat pukul 08.30. Setelah selesai urusan dari kantor polisi, kami singgah ke Mall terdekat, namanya Villagio Mall untuk mengisi perut yang sedari tadi mulai keroncongan. Kami tiba di Mall pukul 10.00 dan langsung bergegas menuju Restoran. Alhamdulillah ada beberapa yang sudah buka, sebagian masih tutup. Sambil menunggu orderan tiba, aha!!! terpikir untuk bertanya kepada Adek jumlah Restoran yang ada berikut namanya.

    “Adek, please tell me how many Restaurant at this Mall?” tanya saya.
    “Adek bisa ke sana (sambil saya tunjuk arah) and then count all. Ok!” pinta saya.
    “Kak, temeni Adek untuk count ya!” saya meminta Prista untuk menemaninya.
    “Go, go, go!!!” sambil saya berikan semangat untuknya. *Kemudian mereka berdua langsung beranjak dari kursi. Setelah beberapa detik, mereka kembali dengan membawa jawaban.*

    “Ma, sixteen” jawab Aqmar.
    “Ok. And then, please tell me name of all Restaurant at this Mall?” tanya saya lagi. *Lalu dia menjawabnya sambil mengurut dari Restaurant yang paling ujung* “Applebees, Atilla Mongolian Grill, Wrap it, Cactus Cabana, Vanellis, Pizza Hut, Hardees, KFC, Mc D...emmmm. To much Ma” jawabnya sambil menekuk muka. “Oh Ok deh. Good job Adek, anak Mama yang saleh” puji saya sebagai bentuk apresiasi buatnya.

Dengan aktifitas sederhana seperti di atas, dapat menumbuhkan minat anak terhadap Matematika karena mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Efektif dan yang pastinya membuat anak senang dan enjoy.

#harike4
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter