Menstimulasi Anak Suka Matematika (Math Game With Toys) - Day 3

Bismillahirohmanirrohim Matematika memang bukanlah suatu yang mudah, tetapi dengan penanganan yang benar dan cara-cara mengenalkan serta belajar yang menarik, akan mendorong anak menyukai dan tidak takut dengan Matematika. Mengapa stimulasi untuk kecerdasan anak banyak melalui permainan-permainan dan kegiatan bermain yang menyenangkan? Karena dengan bermain akan membuat anak dapat mengekspresikan gagasan dan perasaan serta membuat anak menjadi lebih kreatif. Dengan bermain juga akan melatih kognisi atau kemampuan belajar anak berdasarkan apa yang dialami dan diamati dari sekelilingnya. Saat memainkan permainan yang menantang, anak memiliki kesempatan dalam memecahkan masalah (problem solving). Pemahaman mengenal lambang bilangan yang terkait dalam kecerdasan kognitif yaitu logis-matematis adalah dengan memperlihatkan pada kenyataan atau memberikan contoh yang nyata sehingga anak dapat menunjukkan benda berdasarkan lambang bilangan, Pengetahuan logika Matematika dibangun ketika anak-anak bermain atau memanipulasi material/benda-benda yang ada di sekitarnya. (Ismatul Khasanah, Pembelajaran Logika Matematika Anak Usia Dini (4-5 tahun) di TK Ikal Bulog Jakarta Timur, Jurnal Penelitian PAUDIA Vol 2, No 1 mei (2013) Dalam pembelajaran dikenal konsep “belajar sambil bermain”, pun sebaliknya “bermain sambil belajar”. Yang artinya dimana anak-anak saat bermain bisa diselingi dengan kegiatan belajar, pun sebaliknya. Karena dengan menggunakan permainan dipercaya dapat meningkatkan minat anak-anak. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka saya mencoba mengaplikasikan hari ini kepada Aqmar.
Kompetensi Dasar: Pengelompokkan benda/barang tertentu dan Penjumlahan
Tujuan Pembelajaran: Mampu pengelompokan (mobil-mobilan) berdasarkan jenisnya dan menghitung total (jumlah mobil-mobilan) yang dimilikinya.

Langkah permainannya sebagai berikut:
  1. Mengumpulkan semua mobil-mobilan yang ada (tidak semuanya sih, karena jika dikumpulkan semua bisa ratusan dan anaknya bisa kewalahan).
  2. Mengklasifikasikan dengan membuat tabel dan menuliskan berdasarkan nama/jenis masing-masing.
  3. Menghitung satu per satu dari masing-masing klasifikasi tadi.
  4. Menghitung keseluruhan/jumlah total.

Kegiatan ini kami lakukan pagi tadi (setelah ia bangun tidur) dan kebetulan hari ini libur sekolah, sengaja WiFi disconected supaya ia bisa diajak koordinasi. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar sesuai perencanaan.

#harike3
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter