Menstimulasi Anak Suka Matematika (Menghitung Tenda) - Day 10

Bismillahirohmanirrohim

Belajar Matematika tidak melulu harus di kelas maupun tempat khusus. Melainkan bisa dilakukan dimanapun dan dalam kondisi apapun. Belajar Matematika juga tidak melulu menghitung deretan angka-angka, melainkan objek nyata juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran.

Hari Jumat kemarin, kami sekeluarga mengikuti Camping yang diadakan oleh Komunitas orang Indonesia yang bekerja di Qatar Petroleum. Ini merupakan Camping ketiga kalinya bagi anak-anak dan kedua kalinya bagi saya dan suami. Alhamdulillah anak-anak selalu bahagia jika mengikuti acara seperti ini, merasakan tidur bareng dengan teman-temannya dalam satu tenda, bermain bersama dan makan bersama-sama dengan banyak orang.  Acara ini pun juga merupakan salah satu kegiatan untuk mengisi liburan anak-anak yang tinggal dua hari.


Pagi hari saat proses Check-out, kami bersiap untuk mempacking seluruh perlengkapan kami untuk dibawa ke mobil. Hampir saja terlupa, Aqmar hari ini belum belajar Matematika. Kemudian saya tanya suami di mana Aqmar, ternyata ia sudah bersiap di mobil. Saya hampiri dia dan memintanya untuk keluar mobil sebentar menghitung Tenda yang ada di sekelilingnya. Awalnya ia menolak, namun setelah sedikit dirayu beberapa saat, akhirnya ia pun bersedia. Kebetulan kami (Komunitas Indo QP Refinery) menyewa 2 Cluster, dimana tiap Cluster ada 7 Tenda yang tersedia. Saya pun kemudian bertanya padanya;

Adek, can you count how many Tent are there?” tanya saya sambil menunjuk ke arah depan. “One… two.. three…” Aqmar mulai menghitung.
“Six” jawabnya.
Memang yang terlihat di depannya cuma ada 6 Tenda. “1 Cluster there are 7 Tent, so ho many Tent for 2 Cluster?” tanya saya lagi. “Emmm…” dia pun terlihat sambil berpikir. “7 Tent plus 7 Tent?” saya pun memberinya clue padanya. “Fourteen” Tanpa jeda lama, ia langsung menjawabnya.

#harike10
#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Thinklogic
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter