Memacu Anak Suka Membaca (Whales and Dolphins-Part 2)

Bismillahirohmanirrohim…


Judul Buku: Whales and Dolphins
Nama Penulis: Susanna Davidson
Penerbit: Usborne Pub Ltd
Tanggal diterbitkan: 1 Juni 2009
ISBN: 9780794523763
Deskripsi: Buku ini menjelaskan tentang perbedaan dan persamaan antara Paus dan Lumba-lumba, menjelaskan berbagai karakteristik fisiknya dan menyediakan situs internet untuk penelitian lebih lanjut.

Di hari ke-2 ini, Aqmar (7 tahun) membaca halaman 6-7, melanjutkan tentang bacaan kemarin.
Di halaman ini dibahas tentang Whale Bodies (bagian tubuh Paus). Ada beberapa bagian  tubuh yang terdapat pada Paus ini. Setelah membaca, kami berdiskusi nama-nama anggota tubuh Paus, dan Aqmar juga bisa menjawabnya.
Me: “Adek, please mention Whale Body part!”
Him: “Snout, Ear, Eyes, Flipper, Tile”
Me: “Whales can breathe throgh their mouths as we do?”
Him: “No, can’t. They breathe trough small holes, called blowholes, on the tops of their head”.
Me: “Okay. Open next page, please!”
Him: hanya menggeleng.
Me: “Okay. Besok baca lagi ya!”

Baiklah, daripada ntar mogok, mungkin besok bisa lanjut. Padahal sih doi sering baca sendiri kalau ga disuruh atau ditemeni, lah ini ada skenario dari mamak kok malah kurang semangat ya...duh…
Ah semoga besok mau melahap semua halaman buku ini.

   

Dan untuk saya sendiri baru memulai hari ini untuk memulai kegiatan membaca saya.
Buku yang saya pilih berjudul “Sudah Benarkah Salat Kita?”
Judul Buku: Sudah Benarkah Salat Kita?
Penulis: Gus Arifin
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun Terbit: 2017 (Cetakan ke-3/ Edisi Revisi)
Jumlah halaman: 634
ISBN: 9786020298818
Deskripsi:
Buku ini mengajak para pembaca untuk menjelajahi tahapan-tahapan ibadah salat, hingga menemukan jawaban dan pemahaman (dan seterusnya sehingga menjadi orang yang paham) atas pertanyaan-pertanyaan yang ada di seputar ibadah salat. Orang yang paham tersebut dalam istilah- disebut fâqih (orang yang paham terhadap agamanya).

Ketika kita berbicara mengenai fikih, maka ada penggolongan terhadap kaum muslim, yaitu mujtahid (para pakar dalam ijtihad/menggali hukum-hukum agama dari sumber hukum utama, yaitu Al-Qur’an dan hadis), muttabi’ (orang yang ber-ittiba’ atau orang muslim yang menjalankan ajaran-ajaran, tata-cara ibadah dengan tahu dan mengetahui dasar/dalil-dalil yang terkait dengan pelaksanaan ibadahnya itu) dan golongan yang terakhir, yaitu orang yang hanya ikut-ikutan saja atau bertaklid atau disebut juga muqallid.

BAB I
Judul Bab: Salat Ibadah yang Utama
Jumlah halaman: 55 halaman
Pada Bab I ini membahas mengenai untuk apakah salat kita itu, bagaimana bila seseorang muslim mengabaikan dan meninggalkan salat.

“Salatlah untuk mereka karena sesungguhnya salatmu adalah ketenangan bagi mereka.”
(At -Taubah (9):103)
“Jadikan sabar dan salat sebagai penolong kalian.” (QS. Al Baqarah (2):45)
“Tegakkanlah salat dan tunaikanlah zakat.” (QS. Al Baqarah (2):110)

Sesungguhnya salat kita itu untuk apa? 1. Sebagai penolong dalam menjalani kehidupan Hal ini terdapat dalam Quran Surah Al Baqarah (2): 45 dan 153. 2. Simbol ketaatan, kebaikan, dan kemuliaan hamba yang bertaqwa dan penyebab rahmat turun kepada hamba Allah 3. Dapat menjegah perbuatan keji dan mungkar 4. Mencegah pelakunya dari aneka macam kesesatan 5. Salat dapat menjauhkan diri dari sifat mengeluh dan kikir 6. Menghapus dosa dan kesalahan 7. Selamat dari siksa pada hari kiamat 8. Menenangkan dan menentramkan hati dan jiwa 9. Sarana mengingat Allah
Salat adalah ibadah yang keutamaannya melebihi ibadah-ibadah lainnya
  1. Amal manusia yang pertama kali dihisap (diperhitungkan) pada hari hisab adalah salat

Di antara bukti yang menunjukkan bahwa salat merupakan amalan yang utama bila dibandingkan amalan-amalan lain, adalah Allah melarang seseorang mendirikan salat hingga berwudhu, sekaligus memperhatikan kebersihan badan seluruhnya. (Keutamaan Salat dan menjaga kualitas Salat)

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam saqar (neraka)? Mereka menjawab: Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan Salat” (QS. Al Muddasir (74):42-43)

Menurut saya kandungan isinya dan bahasa yang digunakan oleh Penulis sangat bagus.
Pada Bab ini memang membahas hal-hal yang benar-benar membuka mata kita, dan ketakutan kita pada Allah jika kita tidak melaksanakan perintahnya.
Kita akan lebih khawatir lagi benar-benar dibangkitkan Allah di hari Kebangkitan kelak dalam keadaan buta. Naudzubillah!!! Sungguh itu adalah setumpuk penyesalan yang tidak kita inginkan.

#harike2
#Tantangan10hari
#GameLevel5
#MenstimulasiAnakSukaMembaca
#kuliahBunSayIIP
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter