Whales and Dolphins-Part 1

Bismillahirohmanirrohim…

Alhamdulillah sudah sampai tahap Level 5, setelah seminggu libur perkuliahan. Nah, untuk materi kali ini adalah Menstimulasi Anak Suka Membaca.

Seperti yang kita dengar selama ini ada pepatah terkait dengan pentingnya membaca “Membaca adalah jendela dunia”.
Yang artinya dengan membaca kita akan mendapatkan wawasan luas, mengetahui seluk beluk dan lika-liku dunia.

Hal ini juga terdapat pada perintah Allah yang pertama: Iqra! Bacalah! Perintah Tuhan pertama kali ini mengingatkan kita bahwa membaca merupakan sebuah proses penting dalam mengenal diri.

Dengan membaca akan dapat meningkatkan dan memperbaiki kualitas hidup, mempengaruhi emosi, sikap dan pikiran yang mana  ketiga faktor ini sangat menentukan kesuksesan dan kemajuan seseorang.
Mengembangkan minat baca anak semenjak dini juga merupakan faktor utama untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Sebenarnya untuk anak-anak sendiri pada dasarnya semua suka membaca, terbukti setiap hari mereka selalu membaca buku yang dipinjam dari perpustakaan sekolah.
Selain itu, setiap 20 hari sekali kami juga mengajak mereka untuk meminjam buku di Perpustakaan Kota guna menambah referensi mereka. Dan anak-anak juga terlihat antusias jika mereka diajak ke sana.

Tadi sih rencana awal mau buat Pohon Literasi dengan anak-anak, tetapi setelah saya pikir-pikir mungkin sebaiknya menggunakan yang sudah ada. Karena liat kondisi juga belum memungkinkan.
Dan untuk hari pertama ini saya menemani Aqmar untuk membaca buku yang dipinjamnya dari perpustakaan sekolah.

Judul Buku: Whales and Dolphins
Nama Penulis: Susanna Davidson
Penerbit: Usborne Pub Ltd
Tanggal diterbitkan: 1 Juni 2009
ISBN: 9780794523763
Deskripsi: Buku ini menjelaskan tentang perbedaan dan persamaan antara Paus dan Lumba-lumba, menjelaskan berbagai karakteristik fisiknya dan menyediakan situs internet untuk penelitian lebih lanjut.


Namun, untuk hari pertama ini Aqmar hanya menyelesaikan 2 halaman karena kecapean setelah TPA tadi sore.

“Sudah ya Ma, mouth-nya tired” keluhnya.
“Oke” jawab saya.

Dan setelah selesai membaca 2 halaman tadi, saya ajak ia berdiskusi terkait isi yang terkandung di dalamnya. Saya tanya tentang apa yang telah dibacanya, mengenai isinya (nama maupun spesiesnya) dengan jelas dan lengkap ia dapat menjelaskannya.
Alhamdulillah berarti memang ia tidak sekedar membaca, melainkan juga memahami isi yang terkandung dalam bacaan tersebut.

Besok lanjut ya Nak!! Semangat!!

#harike1
#Tantangan10hari
#GameLevel5
#MenstimulasiAnakSukaMembaca
#kuliahBunSayIIP
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter