Mengamati Gaya Belajar Anak Hari ke- (Drawing)

Bismillahirohmaanirrohim…

Menggambar merupakan salah satu kegiatan favorit Prista, bisa dibilang tiada hari tanpa menggambar, apalagi pas libur seperti ini pasti ia sering menghabiskan waktunya di depan Laptop. Kecintaannya akan dunia menggambar ini sudah berlangsung lama, yakni semenjak kelas 4. Tetapi untuk menggambar dengan menggunakan Microsoft Paint tools ini baru saja digelutinya, saat dia kelas 6 ini. Sebelumnya banyak hasil karya yang tertuang dalam buku gambar, dan sebagian sudah terdokumentasikan dalam bentuk Portfolio. Bakat menggambar ini sebenarnya sudah sangat nampak sebelum dia sekolah. Dulu sewaktu kecil, ia selalu minta buku dan pensil kemudian bikin coret-coretan. Dan terkadang minta papanya untuk menggambarkan sesuatu. Seperti yang kita ketahui selama ini, bahwa menggambar adalah sarana untuk mengasah kreativitas anak juga cara untuk mengekspresikan diri sendiri dengan gambar yang ia suka. Dan kegiatan ini menurut seorang Psikolog sebagai cara untuk mendorong perkembangan fisik, sosial, emosi dan kognitif anak. Lebih rinci seperti halnya yang dimuat pada Educencer.id, bahwa ada 7 manfaat menggambar bagi perkembangan anak, diantaranya;
  1. melatih kecerdasan motorik,
  2. meningkatkan memori,
  3. meningkatkan motorik,
  4. mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi (nah...ini cocok buat Prista yang berkarakter pendiam),
  5. melatih kesabaran, mengurangi emosi negatif,
  6. meningkatkan kreativitas
  7. meningkatkan fokus.
Oleh karena itu, beruntung sekali kita sebagai orang tua jika mempunyai anak yang salah satu bakatnya di bidang menggambar ini. Dan ini memang menarik jika dibuatkan jurnalnya.

Langkah awal sebelum memulai menggambar, biasanya Prista terlebih dahulu browsing internet baik di Google maupun YouTube (sebagai bahan referensi). Kemudian setelah merasa cukup paham dan ingat dengan instruksi yang dibaca/dilihat tadi, biasanya ia langsung mengaplikasikan ke dalam Microsoft Painting tools.
Photo yang terdapat pada kolom keterangan di bawah adalah layar pada LCD Proyektor. Kami memang sengaja memasang LCD Proyektor untuk melindungi anak-anak dari radiasi layar Komputer secara langsung. Nah, ini memang sudah menjadi tugas kami sebagai orang tua untuk memfasilitasinya dengan menyediakan media, alat maupun bahan guna mensupport/mendukung aktivitasnya serta tidak melarang kegiatan anak selama masih di lingkaran yang aman dan positif.


#harike3
#Tantangan10hari
#Gamelevel4
#Gayabelajaranak
#kuliahbunsayIIP
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter