Charity-Family Project Hari ke-8

Bismillahirohmaanirrohim …

Setiap orang tua pastinya ingin anak-anaknya memiliki jiwa sosial dan kepedulian yang tinggi pada sesama dengan beramal. Tentu rasa itu tidak akan datang tanpa dipupuk dan dilatihkan sejak dini. Mengajari anak beramal sebenarnya salah satu cara untuk melatih kepekaan anak dalam membantu sesama. Dari sana, ia akan paham bagaimana menghargai hidup, dirinya dan yang paling utama adalah orang lain.

Memberi adalah salah satu sikap terpuji yang patut untuk menjadi bagian dalam diri pribadi seorang manusia yang memiliki akhlak mulia. Memberi kepada sesama pun diajarkan dalam setiap agama di dunia. Sikap memberi nampaknya sesuatu yang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, bagaimana menularkan sikap memberi ini kepada setiap anak-anak kita semenjak mereka kecil. Banyak cara untuk mengajarkan anak beramal, Salah satu contohnya dengan mendonasikan pakaian mereka yang masih layak pakai.

Beberapa minggu yang lalu, anak-anak mendapatkan form dari sekolah mengenai penggalangan dana dan donasi untuk korban Gempa Palu, Sulawesi Tenggara. Dan waktu itu selain menyumbang dalam bentuk uang, anak-anak juga menyumbang makanan kering seperti pasta dan sepatu. Untuk pakaian belum, karena waktu itu belum sempat membongkar koper tempat menyimpan baju anak-anak yang sudah tidak terpakai.
Nah, bulan ini kebetulan ada proyek keluarga, maka kesempatan bagus untuk merealisasikan kegiatan yang tertunda.

Berikut Laporan Kegiatan hari ini:
A. Project: I LOVE EARTH
B. Kegiatan
Mendonasikan pakaian yang tidak terpakai/ kekecilan, namun kondisinya masih bagus.
C. Gagasan
Tersebut di atas
D. Sarana
Perlengkapan: pakaian yang mau disumbangkan, tas untuk mengepak pakaian yang mau disumbangkan.
E. Tahap Awal
Tahap pendelegasian tugas, diantaranya;
Mengeluarkan pakaian-pakaian yang mau disumbangkan dari lemari dan koper: Mama
Menyortir, melipat, menata dan mengepak pakaian: Prista
F. Hasil Akhir
Pakaian sudah terpacking dan siap disumbangkan ke Qatar Charity
G. Jadwal Pelaksanaan
Hari: Kamis, 8 November 2018
Waktu: Pukul 05.45 Waktu Qatar
Durasi: 20 menit
H. Sasaran
Menguatkan Fitrah Ilahiah anak, tanggung jawab, kecerdasan sosial dan rasa Empati.
*Fitrah Ilahiah: kekuatan untuk mendekati Tuhan dan cenderung berperilaku baik.
I. Tujuan
Meningkatkan kesadaran akan pentingnya kepedulian terhadap sesama dengan berbagi dan beramal merupakan suatu amalan yang harus dikerjakan setiap muslim.
J. Person In Charge
Prista


Langkah-langkah;
1. Membongkar koper dan lemari
Ini gak perlu menghabiskan waktu lama, karena memang sebelumnya untuk pakaian anak-anak yang sudah kekecilan sudah lama saya pisahkan di koper dan lemari tertentu.

2. Menyortir dan mempacking ke dalam tas
Langkah ini dengan menunjuk Prista sebagai pelaksana untuk melakukannya sendiri.
Dengan membiarkan dia memilah dan memilih pakaian yang masih layak pakai untuk didonasikan nanti, kemudian mengepak ke dalam tas yang telah tersedia. Sebelumnya saya memberikan contoh dan penguatan kepada anak-anak untuk melakukannya.

Dengan melibatkannya dalam kegiatan ini, maka secara tidak langsung dapat mengajarkan kepada mereka bahwa memberi kepada sesama adalah bagian dari hidup. Dan hal ini pun memberikan pesan penting kepada anak-anak mengenai semangat memberi/beramal adalah suatu ibadah. Serta perlunya mengajarkan anak-anak bahwa beramal tidak harus dilakukan pada saat momen-momen yang darurat saja.
#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter