Gardening-Family Project Hari ke-9

Bismillahirohmaanirrohim …

Menanamkan rasa cinta lingkungan pada anak-anak sejak usia dini, secara tidak langsung kita juga turut berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan di bumi agar tidak semakin rusak. Dari segi psikologi, penanaman sikap ini dapat membuat anak belajar dan tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan bertanggung jawab. Anak juga akan mampu mencintai alam dan memiliki kesadaran untuk merawat serta menjaga karunia Allah sang maha pencipta.

Salah satu caranya adalah dengan mengupayakan penghijauan dengan menanam tanaman dalam pot. Hal ini penting untuk dilakukan agar kesehatan lingkungan terjaga dengan baik. Bumi yang hijau tentunya berdampak positif bagi manusia.
Sebelum mengajak anak berkebun, saya memberi pengertian pada mereka tentang pentingnya memiliki tanaman di lingkungan sekitar rumah. Selain menjadi hiasan, tanaman juga bisa membuat lingkungan di sekitar menjadi asri dan teduh. Serta menjelaskan juga pada mereka apa akibatnya jika kita tidak memiliki tanaman di sekitar rumah.

Menumbuhkan rasa kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar dan kepedulian terhadap sesama juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan Kecerdasan Sosial.
Dan hari ini kami menanam Lidah Buaya, yang mana merupakan kelanjutan salah satu project yang diberikan oleh sekolah. Kegiatan kami lakukan setelah anak-anak pulang dari TPA, kebetulan saat ini Winter, jadi pukul 11.00 an tidak terlalu panas. Alhamdulillah anak-anak nampak senang sekali setelah saya memberitahukan kepada mereka bahwa hari ini akan ada kegiatan Gardening.
Ada sedikit obrolan, sebelum memulai aktivitasnya;
Prista: “Nanti Gardening di depan atau di belakang, Ma?” (maksudnya depan/belakang rumah).
Mama: “Ya di depan aja, kan tanamannya ada di depan”
Prista: “Okay”
Mama: “Ok, sekarang pake Gloves-nya ya terus kita keluar!”
Setelah semua peralatan dan perlengkapan siap, kami langsung melakukan kegiatan ini. Dan mereka mulai mengerjakan sesuai instruksi dari saya, mulai meletakkan Tanaman Lidah Buaya ke dalam Pot, memberi tanah dan terakhir menyiram.

Berikut Laporan Kegiatan hari ini:
A. Project: I LOVE EARTH
B. Kegiatan
Menanam Lidah Buaya (Gardening)
C. Gagasan
Tersebut di atas
D. Sarana
Alat: Gloves (sarung tangan latex), Scoop
Perlengkapan: Pot bunga, tanah, tanaman Lidah Buaya
E. Tahap Awal
Tahap pendelegasian tugas, diantaranya;
Mengambil/ mempersiapkan tunas Lidah Buaya: Mama
Memasukkan tanah dan Lidah Buaya ke dalam pot: Prista dan Aqmar, secara bergantian
Menyiram: Prista dan Aqmar,  secara bergantian
F. Hasil Akhir
Lidah Buaya berhasil ditanam oleh anak-anak
G. Jadwal Pelaksanaan
Hari: Jumat, 9 November 2018
Waktu: Pukul 11.30 Waktu Qatar
Durasi: 20 menit
H. Sasaran
Melatih keterampilan, kreativitas, tanggung jawab dan kecerdasan sosial.
I. Tujuan
Meningkatkan kesadaran akan pentingnya kepedulian terhadap lingkungan sekitar dengan gerakan menanam bunga salah satu wujud kecintaan terhadap bumi juga penciptanya, yaitu Allah.
J. Person In Charge
Prista dan Aqmar



#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter