Menata Gudang-Family Project Hari ke-5

Bismillahirohmaanirrohim …

Gudang merupakan salah satu tempat yang penting di rumah. Gudang inilah yang sangat berperan dalam membantu menampung barang-barang yang tidak atau jarang terpakai. Terkadang kami suka melakukan sembarangan saat menyimpan barang, entah karena sedang malas ataupun capek. Sembarangan disini artinya tidak rapi dan tidak beraturan. Hal inilah yang sering membuat keadaan gudang rumah terlihat penuh dan bahkan tidak jarang berantakan.   
Hal tersebut menjadikan alasan saya untuk memasukkan kegiatan ini dalam project di keluarga kami. Oleh karena itu, agar gudang terlihat rapi, tidak terkesan penuh dan berantakan, tak ada salahnya jika melakukan penataan dan pembersihan di dalam gudang.

Berikut Laporan Kegiatan hari ini:
A. Project: I LOVE EARTH
B. Kegiatan: Menata gudang
C. Gagasan
Banyak barang-barang/ kardus yang berantakan dan tidak tertata rapi, sehingga gudang terkesan penuh.
D. Sarana
Alat yang diperlukan: Sulak, Vacuum Cleaner.
E. Tahap Awal
Tahap pendelegasian tugas, diantaranya;
Menyortir kardus besar: Papa
Menyortir kardus kecil: Prista dan Aqmar
Menata kardus dan meletakkan Kamper: Papa
Memvacuum gudang: Mama
F. Hasil Akhir
Gudang berhasil dibersihkan dan ditata rapi.
G. Jadwal Pelaksanaan
Hari: Senin, 5 November 2018
Waktu: Pukul 09.00 dan 14.15 Waktu Qatar
Durasi: 2 jam
H. Sasaran
Melatih keterampilan, kreativitas, kecerdasan sosial, tanggung jawab dan kemandirian anak.
I. Tujuan
Meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kerapian rumah agar dapat terwujud rasa nyaman saat berada di rumah.
J. Person In Charge
Seluruh anggota keluarga.

Sebenarnya beberapa minggu yang lalu kami (saya dan suami) sudah melakukan penataan gudang, namun saat itu anak-anak tidak ikut terlibat karena sedang sekolah. Nah, sekarang tinggal sedikit yang perlu dibereskan maka saya libatkan anak-anak untuk kegiatan ini.
Langkah-langkah;
1. Pemisahan Barang
Yang kami lakukan adalah dengan memisahkan tempat antara barang yang masih bisa dipakai dengan barang yang sama sekali sudah tidak dipakai. Dengan maksud agar tidak melakukan pencarian di segala tempat di dalam gudang, karena sudah diberikan tempat tersendiri di antara kedua jenis barang tersebut.

2. Penempatan Barang
Saat menyusun barang ke gudang, disesuaikan dan dikelompokkan berdasarkan ukurannya dengan meletakkan barang yang lebih besar tepat di pojok atau dekat dengan dinding gudang.
Selanjutnya dengan melakukan secara berurutan hingga ke barang yang lebih kecil. Dengan menumpuk barang-barang ke atas dengan cara berurutan untuk memaksimalkan tempat, sehingga mudah saat  melakukan pencarian barang.

3. Meletakkan Kamper
Agar gudang terhindar dari serangga ataupun kecoa, maka perlu meletakkan Kamper di dalam gudang.
Dan hal ini juga dimaksudkan untuk mengusir kecoa dan rayap.

4. Pengelompokan barang
Mengatur barang sesuai dengan intensitas pemakaian, dengan meletakkan barang yang sekiranya akan dipakai dalam waktu dekat di bagian depan, persis setelah pintu masuk gudang seperti Vaacum Cleaner, Water Jet Cleaner, payung, kertas kado dan box untuk kado. Hal ini dimaksudkan agar lebih rapi dan mempermudah pencarian saat ingin menggunakan.
#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter