Membersihkan Dapur-Family Project Hari ke-6

Bismillahirohmaanirrohim … Dapur yang higienis menghasilkan makanan yang aman dikonsumsi. Sebaliknya, dapur yang kotor bisa menjadi biang penyakit. Kalimat saya sampaikan kepada anak-anak sesaat sebelum mereka memulai kegiatan ke-5 untuk project kami, agar mereka mengerti bahwasannya menjaga kebersihan itu adalah hal yang utama dilakukan dalam hidup sehari-hari.
Membersihkan dapur tidak bisa diabaikan karena dapur merupakan tempat menyiapkan makanan, membersihkan dapur juga untuk membantu melawan berbagai jenis kuman dan kotoran. Seperti yang dilansir oleh Healthline, ada hampir sejuta jenis kuman di dapur. Walau sebagian besar di antaranya tidak berbahaya, ada beberapa kuman penyebab penyakit, seperti E. coli dan Salmonella, terutama pada anak-anak dan orang tua. Oleh karena itu, menjaga kebersihan dapur harus menjadi sebuah prioritas.
Dengan sedikit penjelasan di atas, kemudian saya ajak anak-anak untuk memulai kegiatan membersihkan Kompor sore ini dan mereka menjawab penuh semangat.
Okay, Ma!
Yess, Alhamdulillah. Let’s go clean up!
Berikut Laporan Kegiatan hari ini: A. Project: I LOVE EARTH
B. Kegiatan: Membersihkan dapur (sasaran utama membersihkan Kompor)
C. Gagasan
Tersebut di atas.
D. Sarana
Alat yang diperlukan: Gloves (sarung tangan latex), Lap Microfiber
Perlengkapan: Baking soda, cairan pembersih kompor (kebetulan kami pake Mr. Muscle)
E. Tahap Awal
Tahap pendelegasian tugas, diantaranya;
Menaburkan Baking soda di area Kompor yang ingin dibersihkan: Mama
Mengelap Kompor dan kaca oven: Prista
Menyemprotkan cairan pembersih Kompor: Aqmar
F. Hasil Akhir
Kompor berhasil dibersihkan.
G. Jadwal Pelaksanaan
Hari: Selasa, 6 November 2018
Waktu: Pukul 16.00 Waktu Qatar
Durasi: 20 menit
H. Sasaran
Melatih keterampilan, kreativitas, kecerdasan sosial, tanggung jawab dan kemandirian anak.
I. Tujuan
Meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kerapian rumah agar dapat terwujud rasa nyaman saat berada di rumah.
J. Person In Charge
Prista dan Aqmar Langkah-langkahnya;
1. Persiapan
Menyiapkan alat dan perlengkapan, seperti; Baking Soda, cairan pembersih Kompor (kebetulan sedang pake Mr. Muscle), Gloves (sarung tangan khusus berbahan latex) dan Lap microfiber.
2. Inti
Dipastikan kompor dalam kondisi mati, langkah selanjutnya dengan menuangkan cairan Baking Soda di area yang ingin dibersihkan, tunggu beberapa saat lalu mengelapnya.
Setelah noda terangkat, selanjutnya membersihkan sisa-sisa nodanya dengan cairan pembersih Kompor dengan cara menyemprotkan cairan pembersih kompor dan ulangi langkah sebelumnya yaitu dengan mengelap berkali-kali sampai bersih.
Hal ini dilakukan berulang-ulang sampai nodanya benar-benar hilang.
Terakhir membersihkan handle oven dan bagian kaca oven dengan cara menyemprotkan cairan pembersih ke bagian kaca oven, kemudian mengelap bagian kaca tadi hingga bersih.
Alhamdulillah sampai pada kegiatan ke-5 ini anak-anak cukup enjoy dan bisa dikondisikan.
Semangat untuk kegiatan berikutnya ya, nak!!!


#KuliahBundaSayang #GameLevel3 #FamilyProject #MyFamilyMyTeam
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter