Merapikan tempat tidur-Family Project Hari ke-4

Bismillahirohmaanirrohim ...

Melihat kebiasaan anak-anak tiap bangun tidur langsung berpindah ke aktivitas lainnya tanpa membereskan tempat tidurnya terlebih dahulu, menjadikan alasan saya untuk memasukkan kegiatan ini dalam project keluarga.

Perlunya membimbing anak dalam menata kamar dengan rapi dan mengajarkan pula cara membersihkan kamar secara teratur supaya tidak mudah kotor. Dengan demikian, anak-anak akan merasa kamarnya adalah hal pribadi yang harus dijaga dan dirawat agar senantiasa nyaman. Karena kerapian adalah awal dari kebersihan.

Meskipun prosesnya akan lebih lama, namun secara tidak langsung kita turut mengajarkan kepada anak betapa pentingnya tanggung jawab dan aturan kebersihan di rumah.

Hari ini kebetulan masih libur tengah semester, jadi alhamdulillah ada waktu untuk mengkondisikan anak-anak. Sebelum memulai kegiatan 3 untuk project kami, saya sempatkan untuk berdiskusi dengan anak-anak terlebih dahulu.

“Kak, Adek...coba liat, berantakan ya?” saya memulai percakapan sambil menunjuk ke arah tempat tidur. Mereka hanya mengangguk.
“Mau ga kalau Mama ajarin untuk membereskannya?”
“Mau...” jawab mereka.
“Ok. Kita bagi tugas ya!” terang saya. Anak-anak memang masih tidur bersama.
“Kakak membereskan bonekanya dulu, lalu Adek merapikan sepreinya. Kakak dan Adek membersihkan kasur dengan penebah secara bergantian. Kemudian melipat selimut bersama-sama. Dan yang terakhir kita menyapu lantai bersama-sama secara bergantian ya…! terus, jika sudah beres semua...nanti kita masak Mie. Oke!” ajak saya sambil menyemangati.
“Yeay!!!” jawab mereka kegirangan ketika mendengar Mie, hehe...

Berikut Laporan Kegiatan hari ini:
A. Project: I LOVE EARTH

B. Kegiatan: Merapikan tempat tidur

C. Gagasan
Tiap bangun tidur, anak-anak langsung ‘kabur’ tanpa membereskan dan merapikan tempat tidur terlebih dahulu. Maka perlu dibiasakan untuk membersihkan dan merapikan tempat tidur dulu sebelum melakukan aktivitas lainnya.

D. Sarana
Alat yang diperlukan: penebah lidi, Vaacum Cleaner/sapu.

E. Tahap Awal
Tahap pendelegasian tugas, diantaranya;
Membersihkan bed dengan menggunakan penebah lidi: Prista dan Aqmar
Merapikan boneka: Prista
Melipat selimut: Prista dan Aqmar
Menyapu/ memvaacum lantai kamar: Mama, Prista dan Aqmar

F. Hasil Akhir
Tempat tidur dan kamar berhasil dibersihkan dan tertata rapi seperti semula. Sebagai bentuk apresiasi, saya memberikan hadiah dengan memasakkan makanan kesukaannya. Mudah-mudahan esok akan semakin semangat untuk merapikan tempat tidurnya.

G. Jadwal Pelaksanaan
Hari: Minggu, 4 November 2018
Waktu: Pukul 13.45 Waktu Qatar
Durasi: 30 menit

H. Sasaran
Melatih keterampilan, kreativitas, kecerdasan sosial, tanggung jawab dan kemandirian anak.

I.  Tujuan
Meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kerapihan rumah agar dapat terwujud rasa nyaman saat berada di rumah.

J. Person In Charge
Prista dan Aqmar.

Langkah pertama dimulai dengan membersihkan kasur terlebih dahulu (menggunakan penebah lidi) dan menata seprei, lalu mengajari bagaimana cara melipat selimut, dan yang terakhir menata bantal/guling maupun ‘teman tidur’ lainnya seperti boneka.

Saat ini kebetulan lagi musim dingin, maka saya buka jendela sebentar agar udara segar bisa masuk dan kamar tidak pengap. Setelah tempat tidur sudah bersih, saya tunjukkan ketika menyapu lantai kamarnya agar bisa dicontoh keesokan hari.

Memang dibutuhkan kesabaran ekstra saat mengajari anak membersihkan kamar/tempat tidur mereka sendiri. Oleh karena itu, perlunya kesabaran, ketelatenan dan tidak memaksa anak-anak untuk melakukannya, terlebih ketika mereka sedang tidak ingin.

family project hari ke-4

family project hari ke-4

#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter