Recycle Vol.2-Family Project Hari ke-15

Bismillahirohmaanirrohim …

Di sini sudah dijabarkan mengenai gagasan project kami serta pentingnya menanamkan sikap peduli dan cinta terhadap lingkungan. Nah, untuk hari ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tersebut. Tidak bisa dipungkiri, botol plastik bekas menjadi barang yang biasanya kita buang karena tidak berguna lagi, tapi apakah sempat terpikir kalau botol plastik dapat menjadi sesuatu yang berguna dan menjadi barang yang bermanfaat? Dengan alasan tersebut, maka kami memilih menggunakan botol plastik bekas sebagai bahan dasar untuk membuat kerajinan.

Botol plastik bekas adalah bahan limbah anorganik yang sulit untuk terurai, hal ini tentu sangat tidak bijak jika kita membuangnya begitu saja. Daur ulang merupakan cara bijak bagi kita untuk membantu memanfaatkan limbah anorganik menjadi barang yang memiliki nilai guna.

Ada banyak cara untuk penanganan limbah plastik atau sampah plastik, salah satunya adalah dengan mengurangi sampah plastik itu sendiri.
Hari ini anak-anak belajar bersama untuk membuat tempat pensil dan gelas-gelasan dari botol bekas. Walaupun di rumah sudah banyak tempat pensil, tapi tidak ada salahnya untuk membuat tempat pensil dari barang bekas agar mempunyai nilai guna. Tujuannya adalah agar anak-anak dapat mengenal apa manfaat dari daur ulang, mengapa kita harus melakukannya dan bagaimana cara melakukan daur ulang. Hal ini akan mendorong kreativitas anak, keterampilan dan kecerdasan emosi dalam proses pembuatan.
Sambil berkegiatan, saya ‘selipin’ dengan mengajarkan bahwa botol plastik termasuk limbah anorganik yang tidak dapat diurai oleh tanah, maka lebih bijak jika di daur ulang, yang sebenarnya ini pun mengajarkan mereka pendidikan lingkungan hidup, memanfaatkan barang bekas yang sepertinya tidak berguna menjadi berguna. Maka, selain kita melatih kreativitas mereka, kita juga mengajarkan pendidikan lingkungan hidup.

Manfaat dari kegiatan ini adalah mengembangkan kesadaran untuk dapat melakukan daur ulang demi bumi ini, mereka juga dapat mengolah langsung sampah daur ulang. Hal ini juga sebagai bentuk upaya pelestarian lingkungan dan menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan. Berikut Laporan Kegiatan hari ini:
A. Project: I LOVE EARTH
B. Kegiatan
Daur ulang sampah: Membuat tempat pensil dan gelas-gelasan dari botol bekas
C. Gagasan
Tersebut di atas
D. Sarana
Alat dan bahan; botol bekas, gunting, cutter, tali pita dan lem/glue.
E. Tahap Awal
Merupakan tahap pendelegasian, diantaranya;
Menyiapkan alat dan bahan: Mama
Menggunting dan membuat pola: Mama, Prista dan Aqmar
Mengelem: Prista dan Aqmar
F. Hasil Akhir
Tempat pensil dan gelas berhasil dibuat dan anak-anak pun senang, alhamdulillah.
G. Jadwal Pelaksanaan
Hari: Kamis, 15 November 2018
Waktu: Pukul 17.15 Waktu Qatar
Durasi: 20 menit
H. Sasaran
Melatih keterampilan, kreativitas serta meningkatkan kecerdasan emosi dan sosial.
I. Tujuan
Meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dengan mengurangi limbah plastik.
J. Person In Charge
Prista dan Aqmar

#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter