Detektif Sampah-Family Project Hari ke-14

Bismillahirohmaanirrohim ... Aktivitas kehidupan anak tidak bisa terlepas dari lingkungan yang ada disekitarnya yaitu lingkungan alam dan lingkungan sosial. Lingkungan alam merupakan tempat dimana kita menghirup udara segar,  mendengar burung berkicau di pagi hari, dan lain sebagainya. Sedangkan lingkungan sosial, misalnya bermain bersama teman dan menjaga kesehatan.

Namun seperti yang kita ketahui saat ini bahwa minimnya kesadaran manusia akan kepedulian dengan lingkungan, hal itu bisa kita lihat dengan cara mereka membuang sampah sembarangan karena mereka meyakini tidak akan berdampak apapun pada lingkungan dan kebanyakan mereka mengandalkan tukang pemungut sampah.

Untuk itu, diperlukan upaya dalam memberi pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya memelihara lingkungan dan menanamkan nilai-nilai karakter pada anak  terutama terhadap kepedulian lingkungan sejak mereka masih kecil. Menanamkan pengetahuan kepada anak-anak kita akan pentingnya menjaga lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Kegiatan Detektif Sampah ini merupakan salah satu upaya saya dalam memberikan keteladanan bagi anak-anak.  Pada kegiatan ini anak-anak saya ajak keliling sekitar rumah menyusuri jalanan untuk mencari sampah, memungut, mengumpulkan dan membuangnya ke tempat sampah yang telah tersedia.

Sambil berkegiatan kita selingi dengan memberitahukan kepada anak tentang akibat yang bisa ditimbulkan jika membuang sampah sembarangan seperti: banjir, longsor, udara kotor dan lain-lain (dengan memberi contoh bencana yang terjadi di Indonesia). Ini akan menjadi pembelajaran bagi anak tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya.
“Too much cigarette” gerutu Aqmar.
“Stop smoking! Why many people smoking?” celetuk Prista kesal sambil memungut puntung rokok.
Memang sampah yang banyak kami jumpai di jalan adalah puntung rokok. Alhamdulillah anak-anak cukup senang dan bersemangat dalam melakukan kegiatan ini, mereka berebut saat memungut sampah di jalan.

Berikut Laporan Kegiatan hari ini:
A. Project: I LOVE EARTH
B. Kegiatan
Detektif Sampah: mencari, memungut, mengumpulkan dan membuangnya ke tempat sampah
C. Gagasan
Tersebut di atas
D. Sarana
Perlengkapan: kantong kresek, sarung tangan
E. Tahap Awal
Merupakan tahap pendelegasian, diantaranya;
Menyiapkan kantong kresek: Mama
Membawa kantong kresek: Aqmar
Memungut sampah: Prista dan Aqmar
Membuang di tempat sampah: Aqmar
F. Hasil Akhir
Sampah berhasil dikumpulkan anak-anak dan dibuang ke tempat sampah
G. Jadwal Pelaksanaan
Hari: Rabu, 14 November 2018
Waktu: Pukul 16.00 Waktu Qatar
Durasi: 20 menit
H. Sasaran
Melatih tanggung jawab, serta meningkatkan kecerdasan emosi dan sosial.
I. Tujuan
Meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan.
J. Person In Charge
Prista dan Aqmar

#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter