Recycle Vol.1-Family Project Hari ke-13

Bismillahirohmaanirrohim …

Alam adalah milik kita bersama. Oleh karena itu, sudah menjadi tanggung jawab kita semua sebagai penghuni bumi ini untuk menjaga dan melestarikannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan daur ulang. Daur ulang membantu kita untuk mengubah barang yang tadinya tidak terpakai dan tidak memiliki arti apapun menjadi barang yang memiliki nilai guna. Dengan kata lain, hal tersebut memberikan pengaruh positif pada bumi ini karena dapat mengurangi limbah kertas ke tempat pembuangan sampah. Hari ini anak-anak belajar bersama untuk membuat kerajinan tangan berbahan dasar barang daur ulang, yaitu kardus. Kali ini saya berinisiasi untuk membuat frame foto, karena kebanyakan foto mereka hanya disimpan di rak buku saja, tanpa frame. Tujuannya adalah agar anak-anak dapat mengenal apa manfaat dari daur ulang, serta mengapa kita harus melakukannya dan bagaimana cara melakukan daur ulang. Barang utama dalam kegiatan daur ulang ini adalah kardus bekas susu, kebetulan numpuk di dapur. Kami melakukannya bersama-sama, mulai dari memotong kardus, menggunting, menghias (mengcover dengan kertas kado) hingga membentuknya menjadi sebuah frame foto.

Dalam kegiatan ini anak-anak diharapkan belajar sesuatu yang baru, walaupun tak jarang di sekolah pun mereka sering mendapat project seperti ini, tapi kebetulan untuk frame foto belum pernah. Anak-anak juga belajar mengelola sesuatu yang awalnya sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang lebih indah dan bermanfaat. Manfaat dari kegiatan ini adalah mengembangkan kesadaran untuk dapat melakukan daur ulang demi bumi ini, mereka juga dapat mengolah langsung sampah daur ulang. Hal ini juga sebagai bentuk upaya pelestarian lingkungan dan menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan.

Berikut Laporan Kegiatan hari ini:
A. Project: I LOVE EARTH
B. Kegiatan
Daur ulang sampah: Membuat frame foto dari kardus bekas
C. Gagasan
Tersebut di atas
D. Sarana
Alat dan bahan; kardus bekas, penggaris, lem, pensil, gunting, cutter, kertas kado.
E. Tahap Awal
Merupakan tahap pendelegasian, diantaranya;
Menyiapkan alat dan bahan: Mama
Menggunting dan membuat pola: Mama, Prista dan Aqmar
Mengelem: Prista dan Aqmar
F. Hasil Akhir
Frame foto berhasil dibuat dan anak-anak pun senang
G. Jadwal Pelaksanaan
Hari: Selasa, 13 November 2018
Waktu: Pukul 15.00 Waktu Qatar
Durasi: 20 menit
H. Sasaran
Melatih keterampilan, kreativitas serta meningkatkan kecerdasan emosi dan sosial.
I. Tujuan
Meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan dengan mengurangi limbah kertas.
J. Person In Charge
Prista dan Aqmar



#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter