Melatih Kemandirian Hari Ke-1

Bismillahirohmaanirrohim… Hari pertama tantangan 10 hari untuk Melatih Kemandirian Anak dimulai hari ini. Melatih kemandirian anak sebenarnya sudah saya lakukan sejak anak-anak masih balita, tapi karena kurang konsisten dan kadang suami ikut mengacaukan segalanya😂😫, jadi hasilnya kurang maksimal. Untuk saya yang telah diamanahi dua orang anak, pada kesempatan ini ingin melatih keduanya sekaligus. Ini berarti mengamati dan melatih dua anak menjalani milestone kemandiriannya masing-masing. Hal pertama yang saya lakukan adalah  target skill yang ingin dilatihkan, tepat setelah diberi tugas tantangan 10 hari. Setelah berpikir keras dan mencari ke berbagai sumber yang pas, berikut adalah jabaran skill yang saya targetkan untuk kedua anak saya.


Prista (10 tahun) Target skill yang ingin dicapai: Bertanggung jawab atas pakaiannya sendiri. Untuk minggu pertama membiasakan pada aktivitas mencuci  baju dengan mengoperasikan mesin cuci dan menjemur baju (rutinitas).

Prista pada dasarnya anaknya rajin, suka sekali membantu walaupun saya tidak menawarkan pekerjaan yang saya lakukan. Kadang kalau saya sedang sibuk membuat kue, dia selalu menawarkan diri untuk membantu. Nah, kemarin pas ada tugas T10 kemudian saya tawarkan padanya untuk mencuci bajunya sendiri di mesin cuci serta menjemurnya. Dengan antusias sekali dia menjawabnya “yeay!!!”. Alhamdulillah sore ini sebelum berangkat TPA aktivitas untuk hari-1 sudah dimulai, Prista mulai mencuci baju di mesin cuci, tentunya masih dipandu oleh saya (takaran detergen maupun tombol untuk mengoperasikannya). Kemudian menjemurnya sepulang dari TPA.  

target skill untuk sebulan
skill minggu 1, hari ke-1
Aqmar (6 tahun) Target skill yang ingin dicapai: Mampu membersihkan diri sendiri.
Minggu pertama dengan membiasakan untuk mandi sendiri.

Sebenarnya sudah lama, adek pingin mandi sendiri seperti kakaknya. Cuma karena saya belum memberikan kepercayaan sepenuhnya, maka akhirnya masih tetap saya atau suami yang turun tangan.
Hari ini adalah hari pertama masuk TPA setelah libur panjang. Sore hari menjelang berangkat TPA, adek minta mandi setelah melihat kakaknya rapi. Kemudian saya tawarkan saja padanya untuk mandi sendiri, sontak saja anaknya semangat sekali.

Langkah-langkah yang saya latihkan di hari-1 adalah;

  • menggosok gigi dengan benar,
  • membasuh seluruh badan dengan shower,
  • menggosok badan dengan sabun, menuang sampo
  • dan menggosok rambut saat keramas, kemudian yang terakhir membilas seluruh badan.
Alhamdulillah aktivitas untuk hari ini cukup lancar, besok tinggal mengulang.


skill minggu 1, hari ke-1
target skill untuk sebulan

Referensi: https://www.familyeducation.com https://www.dosenpsikologi.com
#HariKe1 #Tantangan10Hari #Level2 #KuliahBunsayIIP #MelatihKemandirian #Bunsay4Internasional #InstitutIbuProfesional  
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter