Melatih Kemandirian Hari ke-2

Bismillahirohmaanirrohim…

Hari ini kami berencana untuk pergi ke Perpustakaan pusat kota. Alhamdulillah hari ini si kakak semangatnya masih tetap sama kayak kemarin. Bangun tidur sudah bilang kalau nanti mau mencuci bajunya sendiri sebelum berangkat bepergian.


Prista (10 tahun)

Hari ini, jadwal si kakak untuk mengangkat jemuran kemarin kemudian melipat dan menaruh di box pakaian. Setelah habis mandi, untuk persiapan berangkat TPA saya sudah mengingatkan padanya.
Dan tambahan juga untuk hari ini yang akan saya latihkan adalah cara menyortir baju, memisahkan antara pakaian putih dengan berwarna dan mencucinya secara terpisah.
Saya kasih penjelasan sedikit, kemudian dia yang mengerjakannya.
Berikut dokumentasinya:
melipat baju

Aqmar (6 tahun)

Hari ini sebelum berangkat ke TPA, saya tawarkan pada adek untuk mandi sendiri. Awalnya sih menolak ga mau mandi sendiri minta dimandiin papanya, biasa...mood nya lagi ga bagus. Tapi lama kelamaan setelah dibujuk, akhirnya mau juga. Yess!!!
Masih sedikit perlu memberi arahan untuk hari ini, sesekali saya mengingatkan bagian-bagian yang belum disabun.
Skill menggosok gigi sudah cukup lancar, menggosok seluruh tubuh dengan sabun juga sudah cukup lancar, kecuali menggosok bagian punggung (bagian belakang), hanya saja masih perlu dibantu untuk membersihkan area sekitar bokong.
Keluar dari bathup juga tanpa dibantu, dan sudah pakai handuk sendiri (tanpa dibantu). Catatan hari ini
Alhamdulilah, secara umum skill anak-anak ada sedikit peningkatan. Tapi kesemuanya masih perlu pendampingan. Yang terpenting semangatnya untuk bisa melakukannya sendiri. Dan untuk saya pribadi perlunya kesabaran dan konsistensi sampai anak-anak benar-benar bisa mandiri. Semoga esok lebih baik lagi progressnya, Aamin...
#HariKe2
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Bunsay4Internasional
#InstitutIbuProfesional
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter