Aliran Rasa Level 1 (Komunikasi Produktif)

Bismillahirrahmaanirrahiim...

Alhamdulillah… yeay!!! akhirnya bisa juga melewati 15 hari  tantangan Komunikasi Produktif tanpa loncat dan rapel. Awalnya sempat pesimis bisa menyelesaikannya selama batas waktu yang ditentukan, tapi dengan penuh tekad dan keyakinan bahwa “Aku Pasti  Bisa!”, akhirnya bisa sampai garis finish. Selama menjalani dua pekan tantangan, hal utama yang dirasakan adalah ‘kesadaran’ dalam berkomunikasi. Maksudnya adalah saat melakukan komunikasi bukan hanya ‘asal ngomong’ melainkan pentingnya dengan menggunakan teknik dan kaidah-kaidah komunikasi.
Berkomunikasi saat ini dilakukan dengan penuh kesadaran bahwa tujuan utamanya adalah bagaimana agar pesan yang ingin kita sampaikan diterima dan dipahami oleh lawan bicara kita. Menurunkan ego, lihat ke depan siapa lawan bicara kita. Dan selalu mengedepankan nalar daripada emosi.

Mempelajari cara berkomunikasi dengan baik dapat memberikan berbagai manfaat diantaranya adalah kita memahami dan menerapkan keterampilan berkomunikasi secara umum yang tidak terlepas dari etika komunikasi. Dengan mempelajari cara berkomunikasi dengan baik dapat menuntun kita dalam mencapai komunikasi yang produktif. Semoga tetap konsisten dalam mengamalkan ilmu yang telah saya dapat pada materi perdana ini, meskipun tidak ada lagi target yang harus disetorkan.
Jujur saja tak mudah memang, terkadang masih ‘lepas kontrol’.




Oleh: April Hatni
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter