Melatih Kemandirian Hari ke-8

Bismillahirohmaanirrohim…

Melatih skill anak di minggu kedua ini, saya menggunakan strategi dengan melibatkan anak secara  langsung pada kegiatan yang saya lakukan (dalam hal ini sasaran utamanya adalah saat melatih Prista).
Melibatkan anak dalam kegiatan sehari-hari secara konsisten akan menumbuhkan kedisiplinan dalam diri anak. (Membuat Prioritas, Melatih Anak Mandiri: Pustaka Familia)

Berikut record aktivitasnya:

Prista (10 tahun)
Target skill yang ingin dicapai: Bertanggung jawab atas pakaian sendiri.
Skill yang akan dilatihkan: menyetrika baju sendiri.

skill Prista minggu ke-2

Langkah awal yang perlu saya terapkan hari ini adalah dengan melibatkannya saat saya menyetrika, mengamati langsung bagaimana cara saya menyetrika, apa saja step-stepnya kemudian mempraktekkannya langsung.
Saat saya sedang menyetrika seragam sekolah, nah kebetulan kakak mau persiapan mandi. Tapi sebelum mandi, seperti biasa kakak melihat sebentar aktivitas saya. Akhirnya sekalian saja melatihnya meski sebentar.

Untuk hari ini saya jelaskan langkah-langkah menyetrika, yaitu;
dengan memastikan jika kabel setrika sudah dicolokin (ya iyalah,,,kalau ga dicolokin, setrikanya mana nyala. Hehe... ), dipastikan tombol power on juga sudah nyala hingga Setrika siap untuk dipakai, kemudian yang terakhir tentang keselamatan saat menyetrika; setiap kali selesai menggosok bagian pakaian, selalu meletakkan Setrika pada tempatnya, jangan pernah memegang Setrika sambil melakukan aktivitas lain (misal pegang Setrika sambil membalik pakaian) dan sebagainya.

Alhamdulillah sebagai langkah awal, aktivitas pagi ini cukup lancar meskipun hasilnya belum maksimal (belum terlalu rapi). Tidak mengapa, yang penting semangat ya kakak!!!

Aqmar (6 tahun)
Target skill yang akan dicapai: Mampu membersihkan diri sendiri.
Skill yang dilatihkan: cebok sendiri saat BAK & BAB.
skill Aqmar minggu ke-2

Sepulang sekolah, adek terbiasa pipis dulu sebelum melakukan aktivitas lainnya. Nah, kebetulan hari ini sudah masuk skill selanjutnya maka sekalian saya latihkan saat cebok tadi.
Hari ini masih sebatas arahan saja dan semua masih dibantu oleh saya.

Untuk hari ini arahannya sebagai berikut:
Masuk toilet (diawali dengan membaca doa, tentunya), melepas celana sebagian dan pipis diarahkan ke WC, mencuci kemaluan dan terakhir flushing closet. Alhamdulillah sepertinya dia sudah paham, nanti sore latihan lagi.


#HariKe8
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Bunsay4Internasional
#InstitutIbuProfesional
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter