aprilhatni.com

Melatih Kemandirian Anak Hari ke-8

Post a Comment
Melatih skill anak di minggu kedua ini, saya menggunakan strategi dengan melibatkan anak secara langsung pada kegiatan yang saya lakukan (dalam hal ini sasaran utamanya adalah saat melatih Prista).

Melibatkan anak dalam kegiatan sehari-hari secara konsisten akan menumbuhkan kedisiplinan dalam diri anak. (Membuat Prioritas, Melatih Anak Mandiri: Pustaka Familia)

Rekam Aktivitas Anak

Prista (10 tahun)

  • Target skill yang ingin dicapai: Bertanggung jawab atas pakaian sendiri.
  • Skill yang akan dilatihkan: menyetrika baju sendiri.
melatih anak menyetrika
skill Prista minggu ke-2

Langkah awal yang perlu saya terapkan hari ini adalah dengan melibatkannya saat saya menyetrika, mengamati langsung bagaimana cara saya menyetrika, apa saja step-stepnya kemudian mempraktekkannya langsung.

Saat saya sedang menyetrika seragam sekolah, nah kebetulan kakak mau persiapan mandi. Tapi sebelum mandi, seperti biasa kakak melihat sebentar aktivitas saya. Akhirnya sekalian saja melatihnya meski sebentar.

Untuk hari ini saya jelaskan langkah-langkah menyetrika, yaitu;
  • Memastikan jika stop kontak (steker) setrika sudah menancap pada tempatnya
  • Memastikan tombol power on juga sudah nyala hingga setrika siap untuk dipakai, kemudian yang terakhir tentang keselamatan saat menyetrika; 
  • Setiap kali selesai menggosok bagian pakaian, selalu meletakkan setrika pada tempatnya, jangan pernah memegang setrika sambil melakukan aktivitas lain (misal memegang setrika sambil membalik pakaian) dan sebagainya.
Alhamdulillah sebagai langkah awal, aktivitas pagi ini cukup lancar meskipun hasilnya belum maksimal (belum terlalu rapi). Tidak mengapa, yang penting semangat ya kakak!

Aqmar (6 tahun)

  • Target skill yang akan dicapai: Mampu membersihkan diri sendiri.
  • Skill yang dilatihkan: cebok sendiri saat BAK & BAB.
melatih anak cebok
skill Aqmar minggu ke-2

Sepulang sekolah, adek terbiasa pipis dulu sebelum melakukan aktivitas lainnya. Nah, kebetulan hari ini sudah masuk skill selanjutnya maka sekalian saya latihkan saat cebok tadi. Hari ini masih sebatas arahan saja dan semua masih saya bantu.

Catatan Hari Ini

Untuk hari ini ada arahan dari saya, jika masuk toilet (diawali dengan membaca doa, tentunya), melepas celana sebagian dan pipis diarahkan ke WC, mencuci kemaluan dan terakhir flushing closet. Alhamdulillah sepertinya dia sudah paham, nanti sore latihan lagi.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment