Melatih Kemandirian Hari ke-6

Bismillahirohmaanirrohim...

Mereview catatan hasil pengamatan saya pada aktivitas kemarin, bahwa memberikan reward kepada anak-anak akan menambah semangatnya dalam menempuh kemandiriannya. Kali ini akan saya terapkan pada Prista yang kemarin semangatnya agak menurun. Saat melakukan aktivitasnya, tentunya saya temani sambil ajak ngobrol. Sesekali saya lontarkan kalimat-kalimat pujian agar dia senang dan lebih bersemangat. Contohnya;
"kakak dah makin pinter ya sekarang...masyaallah" "cara jemurnya juga dah rapi banget, mama suka deh" "kakak sekarang kan udah gede, berarti harus lebih mandiri lagi. Betul gak? Besok kita latihan ke next step yah. Ok!"
Record perkembangan hari ini:

Prista (10 tahun)
Mencuci, menjemur dan melipat baju (yang sudah kering) Catatan
Untuk menambah semangatnya maka hari ini saya tawarkan reward padanya, dan si kakak minta dibikinin  Ind**ie dan fried prawns tuk esok hari. Nah setelah selesai mencuci tadi, saya jelaskan juga cara merawat mesin cuci agar awet, bahwa semestinya selesai pemakaian tak dibiarkan begitu saja. Perlunya mengelap panel, pintu dan juga body mesin cuci setelah selesai digunakan. Lalu membiarkan pintu mesin cuci terbuka agar ruangan dalam mesin cuci kering supaya tidak ada jamur. Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan dan kepedulian padanya akan pentingnya merawat barang-barang yang kita pergunakan sehari-hari.

Berikut salah satu dokumentasinya:
mencuci baju

Aqmar (6 tahun)
Sebelum masuk kamar mandi, saya coba tanya adek apa saja urutan saat mandi. Dan dia menjawab dengan sedikit mengingatnya. Ini maksudnya supaya nanti saat mandi tidak selalu mengulang aktivitas pada bagian yang sama, contohnya menyabun badan dan kaki secara berulang padahal sudah dilakukan sebelumnya kadang bagian lain terlewat.
Catatan
Hari ini saya coba padanya untuk memakai Loofah atau penggosok tubuh saat menyabun bagian belakang (punggung). Yeay, akhirnya adek bisa menjangkau bagian punggung dengan bantuan Loofah. Ini kenapa saya baru hari ini terpikirkan yah, duh...😢
Alhamdulillah ada tambahan progress untuk hari ini.


#HariKe6
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Bunsay4Internasional
#InstitutIbuProfesional
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter