Melatih Kemandirian Hari ke-5

Bismillahirohmaanirrohim...
Mandiri diartikan mampu melakukan hal hal yang dibutuhkan sendiri dan minimal bantuan dari orang lain. Anak yang mandiri akan lebih bisa beradaptasi dengan mudah dengan lingkungannya. Anak yang mandiri juga akan tumbuh cenderung mampu menyelesaikan masalahnya dengan baik. (https://www.dosenpsikologi.com)
Berikut record perkembangan hari ini:

Prista (10 tahun)
Hari ini hanya menjemur baju saja. Yang nyuci mamak, hehe… biasalah anak-anak mood-nya lagi ga bagus, mungkin juga bosen dengan aktivitas yang saya latihkan tiap hari. Okelah, saya mencoba untuk mengerti. Sebenarnya menjemur pun tadinya juga ga mau, tapi setelah diberi pengertian dan konsekuensi akhirnya mau juga. Alhamdulillah...

Aqmar (6 tahun)

Hari ini bangun kesiangan, karena malam hari tidurnya agak larut malam. Mengingat doi kalau mandi butuh waktu yang lama, dan ga cukup waktu jika mandi sendiri karena mau ke sekolah maka papanya turun tangan.
Mungkin nanti sore latihan lagi.

Catatan hari ini
  1. Untuk Prista perlunya diberi pengertian akan kewajibannya dan konsekuensi jika tidak melakukan tugasnya. Jika tidak dicuci dan dijemur sekarang, maka besok tidak ada seragam untuk ke sekolah.
  2. Untuk Aqmar perlu mengkondisikan lagi agar latihannya bisa rutin.
  3. Menumbuhkan jiwa semangat dalam kemandirian anak-anak tidaklah gampang. Karena adakalanya mood anak-anak naik-turun.
  4. Memberikan reward berupa pujian atas kemandiriannya akan menambah rasa percaya diri anak.

#HariKe5
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Bunsay4Internasional
#InstitutIbuProfesional
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter