Melatih Kemandirian Hari ke-4

Bismillahirohmaanirrohim…

Setiap anak yang dilahirkan, selalu diharapkan menjadi dewasa di kelak kemudian. Menjadi dewasa artinya tidak sekedar tumbuh dan berkembang secara fisik, tetapi juga matang secara emosional, sosial dan moral. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri adalah cermin kemandirian secara fisik, mental, emosional dan moral. (Melatih anak mandiri, Pustaka Familia)

Berikut record perkembangan hari ini:

Prista (10 tahun)
  1. Karena hari ini ada jadwal PE (physical education) di sekolah, maka saya memberi kebebasan Dan tanggung jawab untuk menyiapkan sendiri seragam olahraga untuk dibawa ke sekolah.
  2. Mencuci dan menjemur pakaian (masih perlu diperintah dan diingatkan).
Catatan:
Ada sedikit penjelasan dari saya tentang semua menu yang terdapat pada panel mesin cuci. Apa itu fungsi soak, rinse, spin dan dry. Dan juga sekaligus menunjukkan tombol-tombol jenis kain. Ini bertujuan untuk menambah wawasan padanya.
Jika cucian dirasa kurang kering, maka bisa diulang dengan menekan tombol Spin and Dry.
Jika cucian masih tertempel detergen, maka bisa diulang dengan menekan tombol Rinse.


Aqmar (6 tahun)
  1. Mandi sendiri tanpa pendampingan atas kemauan sendiri.
  2. Pakai handuk sendiri.
Catatan:
Saat mandi pagi tadi terbilang agak lama, karena khawatir keburu telat saat berangkat sekolah, maka saya coba mengecek ke kamar mandi.
Yah, ternyata saat diamati yang membuatnya lama adalah dia menggosokkan sabun secara berulang dan untuk bagian belakang (punggung dan bokong) masih belum bisa secara sempurna. Baiklah, untuk hari ini saya masih bantu menyabun area belakang (punggung, bokong) dan membilas.

#HariKe4
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Bunsay4Internasional
#InstitutIbuProfesional
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter