Melatih Kemandirian Hari ke-3

Bismillahirohmaanirrohim…

Pada hari ini anak-anak masih melakukan aktivitas yang sama, belajar membiasakan untuk dijadikan sebagai suatu kewajiban dan rutinitasnya.
Untuk skill yang saya latihkan pada Prista saat ini secara tidak langsung saya membentuk karakter anak dan penyelesai masalah.

Menurut Dr Deborah Gilboa (seorang pakar tumbuh kembang anak) "bahwa dengan memberi anak tugas di rumah, orangtua juga mengajari anak menjadi karakter yang baik dan penyelesai masalah".

Prista (10 tahun)
Pagi ini saya masih mengingatkan kakak untuk tugas yang sebelumnya kami sepakati bersama, yaitu mencuci dan menjemur bajunya sendiri.
Mulai aktivitas di pagi hari yaitu dengan urutan: mencuci pakaian kotor, mengeluarkan dari mesin, kemudian menjemur (menggantung pakaian dengan menggunakan hanger).
Saat mengoperasikan mesin cuci, saya tidak lagi memberi instruksi padanya.

Berikut salah satu dokumentasinya:

menjemur pakaian

Pada foto di atas, adek berinisiasi untuk membantu sang kakak tanpa saya minta. Alhamdulillah...berarti adanya perkembangan Fitrah Belajar yang terdapat dalam diri adek.
Aqmar (6 tahun)
Pagi hari sewaktu BAB, adek minta cebok sendiri (didampingi oleh papanya, karena mamak masih rempong di kamar atas hehe... ). Sebenarnya untuk skill cebok saat selesai BAK maupun BAB adalah target di minggu ke-2, tetapi karena anaknya yang menginginkannya... ya menurut saya tidak masalah jika kita menyetujuinya supaya tidak ‘membunuh’  fitrah perkembangannya.
Siang hari setelah saya memotong kukunya, saya tawarkan pada adek untuk mandi sendiri. Alhamdulillah tidak perlu untuk membujuknya seperti kemarin, karena adek langsung semangat untuk memenuhi tawaran saya tadi.

Saat adek mandi sendiri saya mencoba hanya mengawasi saja dan memberikan kebebasan padanya tanpa memberikan instruksi lagi. Tapi ternyata sehabis gosok gigi, saya lihat tangannya langsung memegang sabun tanpa membasahi badan terlebih dahulu. Nah, baru saya mengingatkannya kembali untuk membasahi badan terlebih dahulu kemudian menggosok sabun ke seluruh badan. Semuanya lancar, hanya saja badan belakang (punggung) masih belum bisa menjangkaunya.
Kemudian saya memberikan contoh (demo), dan dia bisa mengikutinya. Di akhir kegiatan, saya masih tetap membantunya untuk daerah yang belum terjangkau.

Catatan hari ini
  1. Melibatkan anak dalam tugas rumah tangga akan merangsang anak untuk makin berkembang.
  2. Hargai sekecil apapun usaha yang diperlihatkan anak untuk mengatasi kesulitan yang dihadapinya.
  3. Perlunya kesabaran dan ketelatenan saat menumbuhkan kesadaran diri dan tanggung jawab kepada anak.
  4. Pentingnya memberikan kepercayaan pada anak saat melakukan aktivitasnya agar tidak menghambat perkembangannya secara fitrah.

#HariKe3
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian
#Bunsay4Internasional
#InstitutIbuProfesional
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter