aprilhatni.com

Melatih Kemandirian Anak Hari ke-11

Post a Comment
melatih kemandirian anak

Kemandirian merupakan aspek penting yang berkembang pada setiap orang. Banyak orangtua yang menginginkan anak untuk mandiri namun banyak orangtua pula yang gagal menjadikan anak mandiri karena tidak peka, tidak jeli, dan malas untuk mengamati pola tingkah anak masa kini yang akhirnya memberikan apapun keinginan anak tanpa berpikir panjang dengan alasan cinta.
 
Padahal sesungguhnya tindakan tersebut tergolong pada cinta tanpa logika, cinta yang tak jelas arah tujuannya, tidak jelas makna bagi anak karena sebetulnya orangtua yang meluluskan keinginan anak telah menggantung fitrah belajar mandiri anak sejak dini karena anak bergantung kepada orangtua dan orang lain. (Sumber: Camilan Rabu Bunsay#4 Internasional)

Record Perkembangan Anak

Berikut record perkembangan hari ini:

Prista (10 tahun)

Setelah dua hari tidak beraktivitas karena kondisi kurang fit, juga kebetulan memang belum ada yang harus disetrika. Seperti biasanya, setelah sholat subuh dia tidur sebentar kemudian bangun untuk meneruskan aktivitas lainnya seperti; baca buku ataupun sekedar mengecek kembali kebutuhan sekolah.

Waktu menunjukkan pukul 05.30, nampaknya dia sudah siap untuk memulai menyetrika seragam untuk sekolah. Nah kali ini mulai menyetrika kemeja dan dress untuk sekolah.

Seperti biasa, saya kasih contohnya sebelum dia memulai sendiri. Saya jelaskan cara menyetrika kemeja, dimulai dari kerah, lengan, lalu bagian depan yang lebih lebar.

Sambil saya jelaskan bahwa saat menyetrika area sekitar kancing di bagian depan kemeja, untuk menggunakan ujung setrika dan kemudian menggosokannya di antara kancing kemeja serta mengingatkannya untuk tidak menyetrika di atas kancingnya.

Sesi kedua cara menyetrika dress sekolah. Saya jelaskan bahwa ketika menyetrika dress, selalu dimulai di bagian kerah ke arah bawah menuju bagian rok.

Begitu selesai disetrika, kemudian menggantungnya di lemari pakaian dengan menggunakan hanger. Dan saya jelaskan pula alasan mengapa harus digantung di lemari pakaian, ini supaya gampang dicari serta membantu mengurangi kerutan.

Menyetrika sesuai urutan akan membuat pakaian lebih rapi dan mencegah kusut.

Aqmar (6 tahun)

Alhamdulillah, selama beberapa hari latihan, Aqmar sudah bisa menekan handle jet washer (selang kamar mandi) saat mencuci kemaluannya ketika buang air kecil (BAK). Semua berjalan sesuai dengan arahan dari saya. Namun, untuk buang air besar (BAB) sampai sekarang belum bisa, masih perlu dibantu.

It's Okay! Yang penting sabar dan telaten, toh nanti seiring berjalannya waktu dengan terus latihan secara konsisten akan dan pasti bisa.

Catatan Pengamatan Hari Ini

  • Perlunya penjelasan dan memberikan pemahaman saat berlatih, supaya anak mengerti dan mengetahui cara yang tepat.
  • Sabar, telaten dan konsisten yang berkelanjutan.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment