aprilhatni.com

6 Tips Memilih Marmer yang Cocok untuk Kamar Mandi Mewah

lem keramik dinding
Marmer adalah salah satu material mewah yang cocok diterapkan pada dinding kamar mandi. Meski pemasangannya memerlukan jasa profesional dan lem keramik dinding berkualitas, material ini tetap menjadi primadona di pasaran.

Bagaimana tidak? Motif marmer memiliki kesan yang abstrak dan alami. Material ini juga memiliki beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda. Agar tidak salah dalam memilih, mari simak beberapa tips pemilihan marmer untuk dinding kamar mandi Anda!

Tips Memilih Marmer untuk Kamar Mandi, Lakukan Pemasangan dengan Lem Keramik Dinding Terbaik!

Marmer mungkin tidak cocok untuk lantai kamar mandi. Namun, hal ini berbeda dengan pengaplikasian pada bagian dinding. Kamar mandi dengan dinding marmer memiliki nuansa lebih bersih dan mewah. Tidak hanya itu, material ini juga tampak cantik meski terkena sabun dan cipratan air.

Lantas, bagaimana cara memilih marmer yang tepat untuk dinding kamar mandi? Simak tipsnya berikut ini!

1. Kenali Jenis Marmer

Marmer memiliki tekstur yang berbeda-beda. Pada bagian dinding kamar mandi, Anda bisa memilih material yang licin sehingga cipratan air dan sabun dapat turun dengan cepat.

Berdasarkan segi tekstur, Anda juga bisa memilih antara matte dan glossy. Hal ini berguna untuk menunjang estetika kamar mandi.

Jenis batuan marmer ini memiliki kilauan yang cantik sehingga lebih cocok diaplikasikan pada dinding kamar mandi. Jika diterapkan pada lantai, risiko pengguna akan terpeleset memang cukup tinggi.

2. Pilih Warna yang Tepat

Pemilihan warna memang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Namun, mengetahui tips yang tepat bisa mendukung tampilan kamar mandi agar lebih maksimal. Kamar mandi dengan ukuran yang kecil lebih cocok dengan marmer berwarna cerah.

Hal tersebut bisa menciptakan ilusi ruang yang luas. Adapun beberapa warna rekomendasi yaitu abu-abu, putih, hingga krem. Sementara itu, Anda bisa memilih marmer dengan lebih bebas jika kamar mandi berukuran luas.

Apapun warna dan ukuran yang Anda pilih, pemasangan bisa dilakukan secara maksimal dengan lem keramik dinding kamar mandi yang berkualitas. Hal ini penting untuk memiliki kualitas pemasangan yang baik dan tahan lama.

lem keramik dinding kamar mandi

3. Pilih Marmer Bermotif Alam

Tertarik dengan suasana alami yang natural? Anda bisa memilih beberapa karakter marmer yang memiliki corak alam.

Desain yang natural memberikan efek relaksasi dan bisa menyegarkan pikiran. Hal ini tentu sesuai diterapkan pada kamar mandi sebagai tempat yang kita datangi ketika memulai dan mengakhiri aktivitas.

Marmer dengan karakter yang alami dapat dilihat dari warna dan coraknya. Marmer seperti coklat kekuningan, marmer hijau, kuning, dan abu-abu bisa dijadikan pilihan.

Jika Anda menginginkan suasana yang lebih santai dan ringan, corak marmer yang tipis dan lembut juga menjadi pilihan yang tepat. Corak ini juga memberikan suasana yang lebih ringan tetapi tetap mewah dan elegan.

4. Pilih Finishing yang Tepat

Setelah menentukan corak, kini saatnya memilih finishing yang tepat. Anda bisa melakukan finishing dengan permukaan mengkilap atau tampilan doff. Dua finishing ini menghadirkan tampilan yang berbeda.

Namun pada area dinding, Anda bisa menentukannya sesuai selera dan suasana interior yang diinginkan. Jika Anda menyukai tekstur dinding yang kasar, maka finishing acid wash bisa menjadi pilihan.

5. Pilih Bentuk dan Ukuran yang Tepat

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pemilihan ukuran harus dilakukan dengan tepat. Hal ini berkaitan dengan tampilan ruang yang akan kita lihat. Lantai marmer memiliki beragam ukuran di pasaran, mulai kecil, sedang, hingga ukuran yang cukup besar.

Sementara itu, Anda juga bisa menentukan bentuk atau cara pemasangan lantai. Adapun bentuk yang dapat dipilih yaitu bujur sangkar, heksagon, wajik, dan sebagainya. Selain itu, jangan lupa memilih lem keramik dinding anti pecah ketika pemasangan dilakukan.

6. Sesuaikan dengan Budget

Pemasangan marmer pada dinding kamar mandi Anda bisa dilakukan dengan lancar jika budget sesuai. Oleh karena itu, perhitungan biaya harus dilakukan dengan matang agar pemasangan marmer sesuai dengan ekspektasi Anda.

Rincian budget bisa Anda tulis dalam buku catatan. Budget ini meliputi pembelian material, jasa tukang profesional, hingga material pendukung seperti lem keramik dinding yang berkualitas. Budget yang terencana menjadi langkah awal agar pemasangan marmer berjalan dengan baik.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memilih marmer untuk dinding kamar mandi. Dinding marmer akan membuat tampilan kamar mandi menjadi lebih mewah, elegan, dan tampak bersih. Selain itu, batu alam ini juga memberikan efek menenangkan dan sejuk pada ruang.

Setelah memilih marmer yang tepat untuk kamar mandi, Anda bisa melakukan pemasangan dengan tile adhesive dari Sika. Perlu Anda tahu, Sika sudah memiliki pengalaman selama 113 tahun dan sudah meng-handle proyek global, salah satunya proyek MRT di Indonesia. Sika juga menjadi yang pertama dalam menciptakan waterproofing semen di Indonesia.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan SikaCeram®-200 TA Tilefix. Produk ini memiliki daya lekat yang sangat baik, cocok untuk keramik ukuran besar, aplikasi pada area terendam air, aplikasi tile on tile, mudah digunakan dan diaplikasikan, dan hanya menambahkan air.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan SikaCeram®-850 Design sebagai perekat khusus keramik. Produk ini memiliki jarak lebar nat : 2–15 mm, mudah diaplikasikan menggunakan cartridge gun, 2-komponen cartridge ganda berdampingan dengan static mixer nozzle, aplikasi pada lantai dan dinding, tersedia banyak pilihan warna, penyusutan kecil, tahan abrasi, ketahanan yang baik terhadap kimia, workability bagus, dan tahan noda dan mudah dibersihkan.

Produk SikaCeram®-200 TA Tilefix atau SikaCeram®-850 Design dapat menjadi solusi dalam pemasangan marmer di dinding kamar mandi Anda! Tunggu apalagi? Mari gunakan lem keramik dinding ini sekarang dan miliki kualitas pemasangan terbaik! Anda juga bisa mencari dan mengetahui informasi produk Sika lainnya di sini!

Thank You and Have a Nice Day!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment