aprilhatni.com

Atasi Nyeri Sendi dengan Minum Susu Etawa

20 comments
susu etawa

Hallo genks, gimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan bahagia, ya. Alhamdulillah, saat ini di Qatar mulai memasuki musim dingin (winter). Senang sekali rasanya, setelah lebih kurang 6 bulan melewati musim panas yang terkadang suhunya bisa mencapai 50°C, kini saatnya musim dingin tiba. Yeay!

Musim dingin di Qatar biasanya banyak dimanfaatkan oleh kebanyakan orang untuk mengadakan berbagai event; family gathering, sekadar kumpul-kumpul bersama teman, camping, ataupun meeting outdoor. Tempat favorit mereka biasanya di taman-taman, cafe atau resto yang berkonsep outdoor, maupun di tepi pantai.

Selain itu, saat winter begini banyak event menarik di Qatar seperti Dhow Festival, Bazar, Balloon Festival, dan acara penting lainnya (Asean Cup 2023) yang berlangsung Januari hingga awal Februari tahun 2024. Pokoknya, winter di sini sama halnya saatnya orang-orang keluar rumah.

Musim dingin di Qatar berlangsung dari awal Desember hingga awal Maret, dan di antara bulan-bulan tersebut ada satu atau dua bulan merupakan puncak musim dingin yang biasanya suhu drop hingga 10°C. Terbayang kan, dinginnya menusuk tulang.

Bisa dikatakan antara senang dan sedih, senang karena bisa merasakan musim dingin dan bisa betah berlama-lama di luar, sedih karena saat-saat begini biasanya aku mengalami nyeri sendi, tulang rasanya ngilu semua karena dingin yang menggigit.

Namun, rasa sedih itu sirna sejak kemarin aku mendapatkan info dari salah seorang teman bahwa ternyata ada lho susu nyeri sendi. Susu Etawa dari etawarich, namanya. Merupakan susu nyeri sendi dari susu kambing etawa, imbuhnya. Tanpa pikir panjang aku pun langsung browsing tentang Susu Etawa, ini.

Setelah mengakses websitenya dan baca semua informasi di dalamnya, ternyata susu etawarich ini banyak sekali manfaatnya, lho. Tak hanya mencegah nyeri sendi aja genks, selain itu bisa mencegah pengeroposan tulang, meningkatkan imunitas, dan banyak lagi manfaat lainnya. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam susu etawarich ini juga nggak main-main. Penasaran, nggak sih? Selengkapnya baca artikel ini hingga kelar, ya genks!

Apa itu Susu Etawa dan Susu etawarich?

Susu Etawa adalah susu kambing etawa yang dipercaya memiliki berbagai manfaat luar biasa bagi kesehatan, bisa disebut pula dengan susu kesehatan. Dilansir  melalui situs ditjenpkh.pertanian.go.id, sebuah penelitian mengatakan bahwa susu kambing etawa memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang cukup lengkap. Diantaranya, fosfor, kalsium, sodium, dan flourin. Oleh karena itulah, susu kambing etawa diklaim memiliki manfaat yang hampir setara dengan ASI.

Susu etawarich merupakan susu kambing yang terbuat dari susu kambing etawa berkualitas dengan rendah gula dan lemak, tanpa tambahan bahan pengawet, yang terdiri dari bahan-bahan terbaik seperti; susu kambing, kayu manis, gamat, bee pollen, gula stevia, dan daun sirsak.

Kandungan Susu Kambing etawarich

Beberapa bahan dan kandungan susu etawa etawarich memiliki kualitas tinggi dan manfaat yang luar biasa bagi tubuh, serta diklaim 98% dari susu kambing etawa dan berbagai bahan berkhasiat di dalamnya.

kandungan susu etawa

Berikut beberapa kandungan susu etawa etawarich!

  • Susu Kambing Etawa

Susu etawa berasal dari susu kambing etawa yang kaya akan kandungan fosfor, kalsium, sodium, dan fluorin yang bermanfaat untuk pencernaan, menurunkan kolesterol, untuk tulang, nyeri sendi, dan manfaat lainnya.

  • Gamat

Kandungan susu etawa etawarich berikutnya adalah gamat. Ekstrak gamat memiliki banyak kandungan gizi tinggi protein, kolagen, glukosamin, dan kondroitin yang bisa mengatasi nyeri sendi serta membantu pembentukan tulang rawan pada tubuh.

  • Daun Sirsak

Lalu kandungan susu etawa etawarich selanjutnya adalah daun sirsak. Daun sirsak mengandung flavonoid yang mampu mencegah pembentukan asam urat dengan cara menghambat kerja enzim xanthine oxidase.

  • Kayu Manis

Kayu manis adalah tumbuhan dengan genus Cinnamomum dan famili Lauraceae dengan senyawa aktif/memiliki kandungan kumarin, kaneelaldehida, dan eugenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, pengendalian kadar gula darah, pencegahan peradangan, serta memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat membantu melawan radikal bebas.

  • Bee Pollen

Bee pollen mengandung flavonoid, quercetin, dan glutathione yang dapat menangkal efek radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), memelihara fungsi hati, dan menjaga kesehatan jantung.

  • Gula Stevia

Stevia (Stevia Rebaudiana) adalah tanaman ini bisa digunakan sebagai pengganti gula. Stevia merupakan bahan pemanis dengan kandungan nol kalori, digunakan sebagai pengganti gula. Ekstrak daun stevia mengandung zat steviol glycosides yang 100–400 kali lebih manis dari gula biasa.

Jika dibandingkan dengan gula biasa, pemanis buatan ini dapat memberikan rasa yang jauh lebih manis tanpa menambah asupan kalori maupun meningkatkan gula darah.

Khasiat Susu Kambing etawarich

Susu kambing etawa adalah susu yang dihasilkan dari Kambing Etawa, yakni hasil perkawinan silang antara kambing Jamnapari dari India dengan kambing lokal Indonesia.

khasiat susu kambing etawarich

Melansir dari situs alodokter.com, khasiat susu kambing etawa diyakini lebih menyehatkan daripada susu sapi. Jika dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing etawa memang mengandung protein yang lebih tinggi. Selain itu, susu kambing etawa juga dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral, serta memiliki kadar laktosa yang lebih rendah.

Berikut adalah berbagai khasiat susu kambing etawarich!

1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, susu kambing etawa sangat baik untuk kesehatan. Susu etawa memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan Anda dan menekan rasa lapar secara efektif, sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, tidak adanya protein kompleks dalam susu kambing etawa membuat susu ini kurang alergi bila dibandingkan dengan susu sapi.

2. Mencegah Pengeroposan Tulang dan Anemia

Khasiat susu kambing etawarich berikutnya adalah mencegah pengeroposan tulang. Hal ini dikarenakan kandungan dalam susu etawarich yang kaya akan kalsium dan fosfor. Kedua mineral tersebut dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang.

Pada masa kanak-kanak, kalsium berperan sebagai fondasi kekuatan tulang di kemudian hari. Anak-anak yang kebutuhan kalsiumnya terpenuhi dengan baik akan memiliki tubuh yang tinggi, serta tulang yang sehat dan kuat pada saat dewasa.

Sementara itu, untuk orang dewasa, kalsium penting untuk mencegah osteoporosis. Kalsium juga dibutuhkan tubuh untuk pembekuan darah, kontraksi otot, pengaturan denyut jantung, dan fungsi saraf yang normal.

Dari penjelasan singkat di atas, susu etawarich bisa juga disebut susu untuk pengeroposan tulang atau susu tulang keropos. Nah, bagi Anda yang tidak ingin mengalami tulang keropos atau pengeroposan tulang, bisa minum susu ini secara teratur.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain kaya akan nutrisi, susu kambing etawarich juga baik untuk kesehatan jantung. Manfaat susu kambing etawa ini berasal dari kandungan CLA (conjugated linoleic acid) yang merupakan jenis asam lemak omega-6. Dalam penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi CLA dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, termasuk mencegah risiko terjadinya serangan jantung.

4. Mengatasi Permasalahan Sistem Pernapasan

Selain prebiotic, susu etawarich mengandung fluorin dan betakasein yang bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah dengan pernapasan. Oleh karena itu, susu kambing etawa dapat juga digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit TBC dan Asma.

5. Menjaga Kesehatan Sel Tubuh

Banyak yang mengonsumsi susu etawa etawarich dikarenakan manfaat susu kambing etawa dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan sel tubuh.

Penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi susu kambing etawa, dapat meningkatkan produksi imunoglobulin di dalam tubuh. Imunoglobulin adalah protein yang diproduksi oleh sel dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri, virus, jamur, dan penyebab penyakit lainnya.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selenium merupakan komponen penting dalam menjalankan fungsi sistem imun. Susu kambing etawa etawarich diketahui mengandung selenium yang cukup banyak dibandingkan susu sapi. Dengan demikian, manfaat yang dirasakan ketika imunitas tubuh bekerja dengan baik adalah dapat mencegah dari serangan penyakit.

Kelebihan Susu etawarich

Dari penjabaran di atas, banyak sekali manfaat susu etawa etawarich yang akan Anda dapatkan ketika mengonsumsinya. Berikut beberapa kelebihan susu etawa etawarich.
manfaat susu etawa etawarich
  • Susu etawarich merupakan susu untuk kesehatan dengan 98% susu kambing, tidak bau prengus, dan menggunakan gula stevia. Susu ini secara normal mempunyai bau yang khas karena asam lemak rantai sedang atau medium chain fatty acids (MCFA). Namun, pada proses pengeringan dan fortifikasi (proses menambahkan mikronutrien sesuai kebutuhan) dapat mengurangi bau tersebut. Jadi, tak perlu khawatir bau prengus lagi.
  • Selain itu, susu ini sangat aman bagi penderita diabetes. Karena menggunakan pemanis buatan (stevia).
  • Susu etawarich merupakan susu kambing etawa berkualitas yang memiliki nutrisi 3x lebih baik, 100% produk organik, aman dikonsumsi segala usia, mengandung kalsium yang tinggi, melancarkan ASI, serta membantu pertumbuhan janin bagi ibu hamil.
  • Susu etawarich bisa disebut juga susu tulang keropos atau susu pengeroposan tulang, karena berbagai kandungan susu etawa bisa mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, juga bisa mencegah pengapuran tulang. Usia Anda memasuki 40 tahun? Tak perlu khawatir pengapuran tulang karena dengan mibum susu ini secara teratur.
  • Susu etawarich dapat meningkatkan kecerdasan anak, menjaga daya tahan tubuh, menjaga pertumbuhan tulang dan gigi, dan memelihara bakteri baik pada usus.
  • Kandungan kalium tinggi pada susu etawarich dapat membantu menurunkan darah pada penderita hipertensi.
  • Susu etawarich terbuat dari bahan herbal yang tidak menimbulkan kontraindikasi, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung.
  • Susu etawarich memiliki kadar lemak rendah dibandingkan susu lain, sehingga aman dikonsumsi penderita asam urat.
  • Susu etawarich tidak menyebabkan kegemukan, karena senyawa cinnamaldehyde yang terdapat pada kayu manis dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan, selain itu kandungan gula stevia (pemanis buatan).
  • Susu etawarich aman digunakan dalam jangka panjang, karena tidak memiliki efek samping. Tentunya dengan mengonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan.

Nah, itulah berbagai manfaat susu etawa etawarich yang perlu Anda ketahui. Dari berbagai manfaat disebutkan di atas, mulai dari mencegah nyeri sendi, pengapuran tulang, pengeroposan tulang, maka susu etawa etawarich bisa juga disebut dengan susu untuk kesehatan, susu nyeri sendi, susu tulang keropos, atau susu untuk pengeroposan tulang. 

Susu etawa ini sangat cocok bagi Anda yang saat ini dengan kondisi tulang mulai mengalami pengeroposan, nyeri pada persendian, asam urat dan rematik, pegal linu, dan lainnya.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mengonsumsinya? Pastikan membelinya di distributor resminya melalui Shopee atau Tokopedia yang sudah pasti terjamin keasliannya. Jangan sampai membeli produk palsu/tiruan, ya!

Semoga bermanfaat, ya! Have a great day!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

20 comments

  1. Wah susu etawarich bagus banget buat tulang ya. Selain itu rasanya gak bau prengus dan manfaatnya cukup banyak. Bagus untuk diminum segala usia..

    ReplyDelete
  2. Emakku nih. SUka sekali mengeluh nyeri sendi. Kayaknya kudu kurekomendasikan susu etawarich ini deh. Biar terbebas dari masalah nyeri sendi dan pengeroposan tulang.

    ReplyDelete
  3. waaah pengen deh lihat Balloon Festival di Qatar, pasti menarik ya. Btw saya baru tahu kalau cuaca dingin bisa berakibat nyeri sendi. berarti selama ini bisa jadi nyeri sendi saya juga kerena cuaca dingin ya. auto konsumsi etawarich deh ini mah

    ReplyDelete
  4. waaah pengen deh lihat Balloon Festival di Qatar, pasti menarik ya. Btw saya baru tahu kalau cuaca dingin bisa berakibat nyeri sendi. berarti selama ini bisa jadi nyeri sendi saya juga kerena cuaca dingin ya. auto konsumsi etawarich deh ini mah

    ReplyDelete
  5. buat yang merasa sering nyeri sendi dan linu linu tulangnya sepertinya dapat mencoba Minum Susu Etawa yah. Ini mungkin karena kandungan kalsiumnya yang bagus dan kaya. Bisa memberikan manfaat pada tulang dan otot

    ReplyDelete
  6. kalo boleh tanya, apakah khasiat susu kambing etawa sama dengan susu sapi ya kak? soalnya pernah dengar dari cerita orang kalo susu kambing lebih byk khasiatnya tapi tidak semua orang suka krn baunya itu, hi

    ReplyDelete
  7. Jadi di saja sudah winter ya Mbak. Dan justru banyak event yang bikin asyik keluar rumah.
    Jadi perlu diwaspadai beragam aktivitas yang nanti dilakukan yang bisa menyebabkan nyeri sendi. Untunglah ada susu Etawarich yang tidak hanya mencegah Nyeri sendi, tap juga mencegah penyakit lainnya.

    ReplyDelete
  8. Kalau dingin banget reaksi tubuh jadi gitu yaa.. sakit badan, nyeri sendi dan beberapa komplikasi sinyal tubuh lainnya. Untuk mendapatkan manfaat sehat, rekomendasi konsumsi Susu etawarich nih.. mantap~

    ReplyDelete
  9. Wah...penasaran nih sama artikel teman-teman, katanya etawarich engga bau prengus yah. Takutnya susu kambing ada prengusnya gitu kan...Sip...makasih infonya...

    ReplyDelete
  10. Wah sistem cerna pun jadi lebih sehat ya. Banyak juga manfaatnya nih yang bisa kita dapatkan lebih praktis ya

    ReplyDelete
  11. Susu etawarich mengandung banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh. Ga ada bau prengus dan bisa dikonsumsi mulai anak 2 tahun sampai dewasa. Bener-bener sayang buat dilewatkan.

    ReplyDelete
  12. Wah, iya
    Ternyata nggak hanya untuk kesehatan tulang dan sendi
    Tapi susu kambing juga berkhasiat menjaga kesehatan jantung

    ReplyDelete
  13. Bisa aku rekomendasikan ke ibu nih kadang suka ngeluh bagian sendinya sakit. Semoga bisa ikhtiar lewat susu kambing etawa ini

    ReplyDelete
  14. Susu kambing Etawarich bisa banget nih buat jaga kesehatan keluarga. Bisa dibeli online lagi, jadi lebih praktis.

    ReplyDelete
  15. Saya sudah datang produknya setelah checkout
    Alhamdulillah gak ada prengus-nya sama sekali
    Bahkan suami ingetin dibuatkan lagi besok

    ReplyDelete
  16. Waaaah di Qatar lagi musim dingin ya kak? Pasti seru bgt kalo bs minum minuman hangat dan menyehatkan. Apalagi kita bisa pesan susu kambing etawarich ini dari ecommerce kesayangan. Bisa pesan dan sampai Qatar nih.

    ReplyDelete
  17. wah kandungannya aja selengkap itu, pantsan khasiatnya juga lengkap ya gak main-main bisa atasi nmyeri sendi juga. aku suka konsumsi susu etawa ini juga

    ReplyDelete
  18. Penasaran sama susu etawarich ini, soalnya kata temanku ga bau prengus sama sekali, beda sama susu etawa lainnya..

    ReplyDelete
  19. Wah, Susu Etawarich ini kayak susu super lengkap ya, gak cuma kaya nutrisi tapi juga bebas bau prengus. Cocok banget buat yang punya masalah dengan bau khas susu kambing. Terus, faktanya aman buat diabetes dan banyak manfaat lainnya, kayak bantu pertumbuhan janin, jaga kesehatan tulang dan gigi, sampe bisa bantu turunin darah tinggi.

    ReplyDelete
  20. Gak heran susu etawarich bisa sebagus itu. Kandungannya aja emang bagus. Ada bee polennya. Ya pasti cocok dan rekomended

    ReplyDelete

Post a Comment