aprilhatni.com

Tips Memilih Lembaga Pelatihan dan Program yang Tepat Bagi Karyawan

18 comments
pelatihan karyawan
Pendidikan dan pengembangan keterampilan merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kualifikasi dan kemampuan karyawan dalam dunia kerja yang semakin kompetitif.

Karyawan yang memiliki keterampilan yang relevan dan up-to-date memiliki peluang lebih besar untuk berhasil dalam pekerjaan mereka. Namun, memilih lembaga pelatihan dan program yang tepat bukan hal yang mudah, terutama dengan banyaknya pilihan yang tersedia saat ini.

Ya, semenjak awal pandemi beberapa tahun yang lalu banyak bermunculan platform belajar online yang menawarkan segala kelebihannya masing-masing. Platform ini tidak hanya berfokus pada pelajar, namun bisa digunakan untuk semua kalangan termasuk karyawan yang mengikuti program upskill.

Berbicara tentang lembaga pelatihan, kebetulan salah satu temanku (seorang karyawan salah satu perusahaan di Surabaya) telah menggunakan platform ini dan menurutnya memang sangat recommended

Penasaran, kan? Baca artikelnya sampai selesai, ya! Karena di sini akan dibahas juga tips penting tentang bagaimana memilih lembaga pelatihan dan program yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai karyawan.

Tentang Pelatihan Karyawan

Pelatihan karyawan atau training karyawan adalah proses pembelajaran dan pengembangan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi yang dilakukan oleh suatu perusahaan kepada karyawan-karyawan mereka.

Tujuan utama dari pelatihan karyawan atau training karyawan adalah meningkatkan kinerja karyawan, mempersiapkan mereka menghadapi tugas dan tanggung jawab yang lebih tinggi, serta memenuhi kebutuhan dan tujuan perusahaan secara lebih baik.

Dengan bertambahnya keahlian dan keterampilan, maka karyawan akan bisa memberikan upaya dan usaha lebih untuk perusahaan.

Manfaat Pelatihan Karyawan

Pelatihan ini tidak hanya bermanfaat bagi karyawan itu sendiri, melainkan juga bagi perusahaan. Pelatihan karyawan juga bisa dikatakan sebagai program upskill untuk karyawan. Berikut adalah manfaat program upskill untuk karyawan, diantaranya:

1. Manfaat yang Diperoleh bagi Karyawan

  • Menambah pengetahuan dan keterampilan di bidangnya
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Meningkatkan kepuasan kerja
  • Mengurangi waktu yang digunakan untuk belajar
  • Memahami pekerjaan dan budaya kerja di perusahaan

2. Manfaat bagi Perusahaan

  • Memiliki tenaga kerja yang ahli dan terampil
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja
  • Meningkatkan produktivitas kerja
  • Meningkatkan mutu hasil kerja
  • Meningkatkan sales dan profit

Memilih Lembaga Pelatihan dan Program Bagi Karyawan

Pelatihan dan pengembangan SDM melalui program upskill untuk karyawan di perusahaan adalah hal yang penting sebagai cara meningkatkan produktivitas.   

Pemilihan lembaga pelatihan dan pengembangan SDM yang tepat patut menjadi pertimbangan. Pasalnya, ada banyak sekali pilihan lembaga pelatihan karyawan yang menawarkan berbagai program pelatihan karyawan dengan berbagai keunggulannya masing-masing.

pelatihan karyawan

Untuk itu perusahaan harus menentukan lembaga pelatihan karyawan yang tepat dan terbaik dalam rangka upaya pengembangan SDM yang mereka miliki. Berikut adalah cara memilih lembaga pelatihan SDM yang tepat bagi karyawan.

1. Tentukan Tujuan dan Jenis Pelatihan yang Dibutuhkan

Sebelum mengikuti pelatihan, perlunya mengetahui tujuan yang jelas dan spesifik. Apa yang ingin Anda capai dengan pelatihan ini? Apakah Anda ingin meningkatkan keterampilan teknis, mempromosikan kepemimpinan, atau mengatasi masalah tertentu dalam tim Anda? Memahami kebutuhan dan tujuan pelatihan akan membantu Anda menyaring pilihan lembaga pelatihan.

Kemudian selalu cek jenis pelatihan apa saja yang tersedia. Setelah itu sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan prospek di masa depan.

2. Evaluasi Reputasi dan Pengalaman

Pilih lembaga pelatihan yang memiliki reputasi baik dan pengalaman yang terbukti dalam menyelenggarakan program pelatihan yang efektif. Periksa referensi, ulasan, dan rekam jejak mereka.

QuBisa merupakan kursus online terbesar dan nomor 1 di Indonesia untuk para profesional yang senantiasa ingin berkembang. Terdapat puluhan mitra lembaga pendidikan yang tergabung di QuBisa. Dengan 400,000 lebih murid terdaftar, 700 lebih instruktur/ pengajar, 750 lebih webinar berkualitas, 400 lebih kelas/kursus yang ditawarkan, dan 4000 lebih microlearning. 

3. Tinjau Kualifikasi Instruktur

Instruktur atau pengajar yang berkualitas memiliki dampak besar pada kualitas pelatihan. QuBisa merupakan platform pelatihan karyawan yang memiliki kualifikasi baik, dengan para instruktur ahli di bidangnya.

4. Fleksibilitas Waktu dan Lokasi

Sebagai seorang karyawan, Anda mungkin memiliki jadwal yang padat. Pertimbangkan fleksibilitas waktu dan lokasi dari program pelatihan yang Anda pilih. QuBisa sebagai lembaga pelatihan online, sangat cocok bagi Anda yang sibuk. Sehingga Anda bisa mengikutinya kapan pun dan dimana pun.

5. Ketersediaan Aplikasi untuk Fleksibilitas Akses Materi

Usahakan untuk memilih lembaga pelatihan yang memiliki aplikasi. Sebab, terkadang kita memerlukan akses materi yang lebih mudah melalui aplikasi agar bisa belajar dimana saja dan kapan saja. Aplikasi QuBisa bisa diunduh melalui Apps Store atau Play Store.

6. Pertimbangkan Biaya

Hitung biaya total program pelatihan, termasuk biaya pendaftaran, materi pembelajaran, dan biaya ujian jika ada. Juga, cari tahu tentang kemungkinan beasiswa atau bantuan keuangan yang dapat membantu Anda mengurangi biaya pelatihan.

QuBisa menawarkan berbagai pelatihan online dengan beragam biaya, sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

7. Tersedia Kelas Eksklusif (Bootcamp)

Bootcamp adalah pelatihan intensif dalam waktu singkat untuk meningkatkan skill dan keahlian di bidang tertentu. Program bootcamp biasanya berlangsung selama 2 hingga 6 bulan.

pelatihan SDM


Bootcamp hadir sebagai sebuah terobosan baru untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam meningkatkan keterampilan untuk menjadi profesional.

Program bootcamp QuBisa sangat cocok untuk diikuti karena terdapat banyak pilihan program yang bisa dipilih untuk meningkatkan kemampuan sesuai dengan minat Anda.

Mengikuti bootcamp QuBisa ini ada banyak bidang keterampilan yang bisa dipilih seperti web development, Language, Finance and Accounting, Digital Marketing, 3D and Animation, IT and Software, dan masih banyak lagi.

Selain itu, mengikuti pelatihan SDM melalui bootcamp QuBisa bisa mendapatkan
beberapa kelebihan diantaranya beasiswa yang menjadikan lebih hemat biaya. Beasiswa ini bisa untuk mahasiswa dan umum.

Kelas bootcamp ini juga didukung oleh mentor yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Mereka sudah berkecimpung langsung dalam bidang sesuai topik.

Kelebihan lain dari pelatihan SDM melalui bootcamp QuBisa yaitu jaminan kerja. Sebagai peserta program, setelah lulus Anda berhak untuk direkrut bekerja baik melalui kesempatan magang atau full time. Ada juga jaminan uang kembali.

Yuk ikuti pelatihan SDM melalui bootcamp QuBisa sekarang juga dan nikmati banyak keuntungan lainnya!

Buat Anda yang tertarik segera download Aplikasi QuBisa untuk iOS atau Aplikasi QuBisa untuk Android. Namun, jika Anda yang tinggal di luar negeri dan aplikasinya belum tersedia di sana, maka bisa langsung mengakses website QuBisa. Ok! 

Itulah tips yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih lembaga pelatihan untuk karyawan. Semoga bermanfaat dan Have a nice day!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

18 comments

  1. Secara berkala, perusahan memang melakukan pelatihan untuk para karyawannya ya, Mbak. Tentu saja ini untuk meningkatkan SDM. Kalau skill atau kemampuan karyawan meningkat, akan membantu kemajuan perusahaan juga. Makanya memang harus memilih lembaga pelatihan dan karyawan yang bagus dan terpercaya.
    Dan sekarang juga bisa ditunjang dengan pelatihan secara online. ini lebih efektif menghemat waktu dan tenaga.

    ReplyDelete
  2. Qubisa memang keren sih. Walaupun udah jadi karyawan harus tetep upgrade skill banget, supaya engga ketinggalan zaman. Jangan sampai, kalau ada layoff, trus kita kena duluan karena ilmunya mentok, trus ngomel dan merutuk. Duh...amit-amit...
    Mau kepoin ah, sekarang ada apa aja di Qubisa. Pernah ikut Public Speaking sih...

    ReplyDelete
  3. Palatihan yang simple sih melalui qubisa ini ya kak, karena peserta bisa belajar di mana aja lewat daring, jadi mudah tingkatkan kompetensi diri

    ReplyDelete
  4. Memberikan pelatihan bagi karyawan memang bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia SDM. Benar-benar tidak boleh dilupakan bagian ini

    ReplyDelete
  5. Perusahaan memang harus memilih lembaga pelatihan karyawan yang tepat dan terbaik ya. Soalnya agar dapat pengembangan SDM secara maksimal

    ReplyDelete
  6. Terakhir kali aku belajar di QuBisa tuh lewat webste-nya. Ternyata sekarang ada aplikasinya ya. Asik sekali, karena bisa belajar di kelas-kelas pilihan sembari santai sesuai waktu yang nyaman untuk belajar.

    ReplyDelete
  7. Pelatihan karyawan secara jarak jauh dan online ternyata justru bisa memberikan banyak keuntungan ya. Selain praktis, hemat biaya, juga memberikan banyak insight positif untuk pekerja maupun perusahaan ya

    ReplyDelete
  8. Perusahaan memang harusnya rutin ngadain pelatihan karyawan sih ya, karena ada banyak feedback yang didapet baik untuk perusahaan maupun karyawan, Toh sekarang udah ada lembaga pelatihan karyawan terpercaya kayak QuBisa ini, yang punya fitur komplit plus instruktur yg keren-keren sesuai bidangnya.

    ReplyDelete
  9. Dulu pernah ikutan public speakingnya dari QuBisa. Sekarang ada jugaa program yang dibikin untuk upgrading kek gini, ada bekal untuk bootcamp juga lagi. aaak jadi keinget sama akademi2 yang keren dan bikin kita punya banyak insight setelah ikutan

    ReplyDelete
  10. Memilih lembaga yang tepat untuk bisa memberikan pelatihan kepada para karyawan
    Klo ikut pelatihan di QuBisa yang online ini, tentunya lebih fleksibel ya

    ReplyDelete
  11. selain harga, pastinya saya juga mempertimbangkan kompetensi dan pengalaman pengajarnya juga sih, jadi biar berasa worth it aja gtu sm uang yg keluar dan saya tau apa yg saya harapkan dr ikut training tsb

    ReplyDelete
  12. Kalo ada pelatihan kyk gini, dua2nya bs untung sih. Perusahaan dpt talent bermutu dan bisa digaji murah/bs jd mahal dgn kriterian tertentu.

    Untung aja aku pny aplikasi QuBisa. Utk belajar macem2. Mulai dr memasak hingga pelatihan ttg SDM. Komplit bgt dah.

    ReplyDelete
  13. karyawan baiknya memang harus terus mengikuti pelatihan, agar semakin meningkat ilmu dan pengetahuannya sehingga dapat bersaing satu dgn yg lain

    ReplyDelete
  14. pelatihan karyawan tuh emang penting banget buat upgarde skill karyawannya. kerasa sih sama aku waktu kerja dulu. meski waktu dulu belum ada mitra training seperti QuBisa yaa. sekarang mah perusahaan terbantu banget buat training karyawannya dengan adanya QuBisa.

    ReplyDelete
  15. pelatihan karyawan tuh emang penting banget buat upgarde skill karyawannya. kerasa sih sama aku waktu kerja dulu. meski waktu dulu belum ada mitra training seperti QuBisa yaa. sekarang mah perusahaan terbantu banget buat training karyawannya dengan adanya QuBisa.

    ReplyDelete
  16. Betul banget nih! Pelatihan karyawan itu investasi yang sebenernya balik modal buat perusahaan. Karyawan jadi lebih pinter, kerjaan makin cepet selesai, hasil kerjaannya juga makin oke. Plus, karyawan yang sering dapet pelatihan pasti jadi lebih semangat dan loyal ke perusahaan. Win-win solution dah buat semua pihak. Perusahaan mana yang ga mau punya karyawan jago-jagoan? 💪🚀

    ReplyDelete
  17. dulu pas masih jadi karyawan, seneng banget jika ada penawaran pelatihan karyawan. upgrading skill dibutuhkan sih untuk aku seorang karyawan. bisa meningkatkan efektifitas dan produktifitas kerja juga

    ReplyDelete
  18. Bagusnya memang kalau mau ikut pelatihan gitu gak asal pilih lembaga ya, perlu pertimbangkan dulu beberapa hal termasuk salah satunya dengan adanya bootcamp atau kelas eksklusif seperti yang disediakan di QuBisa

    ReplyDelete

Post a Comment