aprilhatni.com

5 Tips Atasi Kulit Kering di Ruangan ber-AC

Post a Comment
tips atasi kulit kering

Hidup di negara yang memiliki iklim ekstrim seperti di Qatar ini, terpaksa membuatku menggunakan AC sepanjang hari. Ya, siapa sih yang bisa bertahan di suhu lebih 35°, bahkan pernah mencapai 50°? Semua rumah di sini dilengkapi AC, bahkan ada yang full AC, termasuk ruangan yang tak biasa seperti pada umumnya, yakni dapur dan toilet.

Seharian di ruangan AC memang menjadikan kulit kering dan gatal-gatal, seperti yang aku alami. Setelah sekian lama browsing dan mencari referensi, akhirnya aku mendapatkan beberapa tips untuk mengatasi kulit kering di ruangan ber-AC.

5 Langkah Mengatasi Kulit Kering di Ruangan AC

1. Minum Air yang Cukup

Tidak hanya menjaga kelembaban kulit dari luar, menjaga kelembaban kulit wajah dari dalam dengan memberikan nutrisi yang diperlukan juga sama pentingnya. Kurangnya cairan dalam tubuh bisa memperburuk kondisi, kulit wajah jadi semakin kering, bersisik, dan kurang elastis.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi kulit kering dari dalam adalah dengan banyak mengonsumsi air putih. Asupan cairan yang cukup juga dapat meningkatkan metabolisme dan memperlancar sistem detoksifikasi dalam tubuh yang bisa membuat kulit terlihat lebih sehat dan bersinar.

Jadi, meskipun udara di dalam ruangan ber-AC begitu dingin, tetap penuhi asupan cairan tubuh Anda dengan minum air yang cukup.

2. Gunakan Moisturizer dan Pelembab

Mungkin selama ini kita menganggap moisturizer dan pelembab adalah produk yang sama, namun keduanya berbeda, lho. Moisturizer dan pelembab memang sama-sama ditujukan untuk membantu melembabkan kulit wajah, sehingga kulit wajah Anda terasa lebih lembut dan tidak kering.

Keduanya juga memiliki bentuk yang serupa, bisa berupa krim, lotion, dan gel. Namun ada beberapa perbedaan moisturizer dan pelembab yang sebenarnya sangat jelas, di antaranya adalah manfaat dan bahan kandungannya.

Pelembab dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti mencerahkan, menghilangkan noda, menyamarkan kerutan, mengatasi jerawat, dan lainnya. Sehingga kondisi kulit wajah menjadi ideal seperti yang Anda harapkan. Sedangkan moisturizer fungsinya hanya untuk menghidrasi dan melembabkan kulit wajah.

Dengan demikian, kulit wajah Anda tidak hanya terhidrasi dan terjaga kelembabannya saja, namun kulit wajah pun tetap sehat dan cerah.

3. Gunakan Rangkaian Skincare Yang Tepat

Menggunakan rangkaian skincare yang tepat adalah salah satu cara mengatasi kulit kering yang tak boleh Anda lewatkan. Selain moisturizer dan pelembab, berikut adalah produk perawatan kulit yang tak boleh Anda tinggalkan:

  • Sunscreen

Banyak yang berpikir bahwa sunscreen hanya diperlukan ketika kita berada di luar ruangan. Padahal, sinar matahari juga bisa masuk ke ruangan melalui jendela dan kaca, lho.

Oleh karena itu, Anda tetap memerlukan sunscreen ketika berada di dalam ruangan. Selain itu, sunscreen juga bisa membantu melembabkan kulit.

  • Face mist

Face mist adalah skincare yang penggunaannya disemprotkan ke wajah. Ada berbagai jenis face mist yang bisa Anda pilih. Sebagian besar produk skincare ini memberikan efek hidrasi instan dengan berbagai kandungan, seperti vitamin, ekstrak, dan essential oil.

Jadi, tentu saja face mist bisa mengatasi kulit kering karena AC. Bahkan, beberapa face mist memberikan manfaat tambahan, seperti mengontrol minyak berlebih, menenangkan kulit yang stres, dan anti-aging.

  • Lip balm

Tak hanya kulit wajah yang butuh perawatan, bibir pun perlu diperhatikan. Jika Anda sering terpapar AC, lip balm adalah salah satu skincare yang wajib digunakan sehari-hari.

  • Lotion dan Hand cream

Selain wajah, kulit secara keseluruhan juga bisa menjadi kering jika berada di ruangan ber-AC. Oleh karena itu, untuk atasi kulit kering karena AC, Anda bisa menggunakan body lotion di seluruh kulit badan. Dengan demikian, kulit Anda tetap terhidrasi. Selain lotion, Anda pun bisa menggunakan hand cream.

4. Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan kulit, tak terkecuali kelembabannya. Pastikan tubuh Anda terpenuhi asupan buah dan sayuran yang dibutuhkan. Anda bisa memilih buah yang memiliki kandungan air berlebih, misalnya semangka atau melon. Pertimbangkan pula buah alpukat dan pisang yang memang bermanfaat untuk kulit.

5. Konsumsi Vitamin

Selain perawatan kulit dengan menggunakan lotion atau pelembab yang tepat, asupan vitamin juga tak kalah pentingnya untuk kesehatan kulit. Kulit Anda perlu antioksidan yang baik, seperti vitamin E. Jenis vitamin ini membantu menutrisi kulit dan kaya antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Nah, itulah 5 langkah untuk mengatasi kulit kering di ruangan ber-AC. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat, ya!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment