aprilhatni.com

7 Jenis Kelas Bus dan Fasilitas yang Didapatkan

Post a Comment
jenis bus dan fasilitasnya

S ebagai negara yang masuk ke dalam daftar atas dengan jumlah penduduk terbanyak, Indonesia mempunyai berbagai ragam alat transportasi yang disediakan untuk umum. Contohnya seperti kereta api, kapal, dan pesawat terbang. Selain itu, ada transportasi umum yang sudah banyak lalu lalang dan digunakan oleh masyarakat, nih. Transportasi tersebut adalah bus.

Kemudahan dalam pesan tiket bus adalah salah satu alasan transportasi ini banyak digunakan. Bus adalah alat transportasi yang tergolong paling laris, karena paling banyak dipilih masyarakat. Tidak dapat dipungkiri juga, pertumbuhan dan perkembangan industri bus yang ada di Indonesia terus meningkat.

Bahkan kita bisa lihat akhir-akhir ini banyak video menarik seputar bus yang beredar. Hal tersebut menunjukkan bahwa banyak orang yang ternyata mencintai alat transportasi darat yang satu ini. Bagaimana tidak, melalui harga tiket bus yang cukup terjangkau, bepergian jauh dapat dilakukan dengan mudah dan menyenangkan.

Sampai saat ini, ada berbagai macam fitur dan fasilitas yang disediakan oleh armada. Semua itu disediakan supaya para penumpangnya selalu merasa nyaman dan betah ketika berada di dalam bus. Seiring banyaknya permintaan penggunaan transportasi ini, seluruh armada bus berlomba-lomba meningkatkan kualitas dari bus mereka.

Setiap armada bus akan menyediakan beberapa jenis bus berdasarkan kategorinya. Mulai dari modelnya, kapasitas penumpang, ukuran bus, sampai fasilitas atau fitur yang tersedia. Tidak hanya itu, jenis bus juga bisa dilihat berdasarkan kelasnya.

Lantas, apa saja kelas bus yang ada di Indonesia? Berikut ini adalah beberapa jenis kelas bus beserta fasilitasnya yang bisa dijadikan referensi bepergian.

Jenis-jenis Kelas Bus

Bus yang diproduksi di Indonesia dapat dikatakan bervariatif. Tidak hanya dilihat dari ukurannya saja, bus yang beroperasi juga dapat diklasifikasikan berdasarkan kelas dan fasilitas yang didapatkan penumpang. Perbedaan ini juga akan memengaruhi harga jual tiket yang harus dibayar.

pesan tiket bus

1. Bus Ekonomi

Bus ekonomi adalah kelas bus dengan harga yang paling murah. Karena harganya yang murah, bus ini mempunyai banyak peminat. Sesuai dengan harga jual tiketnya, di bus ini pengguna tidak akan menikmati fasilitas AC. Akan tetapi, petugas sudah menyediakan busnya dengan footrest atau reclining. Umumnya, formasi kursi bus kelas ekonomi ini adalah 3 kursi dan 2 kursi.

2. Bus AC Ekonomi

Jenis kelas bus selanjutnya masih tergolong kelas ekonomi, tetapi terdapat AC di dalamnya. Bus ini cocok bagi Anda yang tidak tahan dengan udara yang panas. Kendaraan ini dilengkapi dengan AC yang bertujuan untuk menjaga suhu di dalam kabin. Selebihnya Anda akan menerima fasilitas atau fitur layanan standar seperti bus ekonomi lainnya.

3. Bus Bisnis RS tanpa AC

Level kelas bus selanjutnya adalah bisnis RS (Reclining Seat) atau yang biasa dikenal dengan patas tanpa AC. Penggunanya tidak akan merasakan kesejukan dari pendingin. Akan tetapi, jenis ini tetap sudah memiliki RS atau reclining seat. Jenis kursi satu ini sangat memungkinkan penumpangnya untuk memajukan, atau memundurkan kursi. Ini akan membuat istirahat Anda menjadi lebih nyaman.

4. Bus Bisnis RS dengan AC

Selanjutnya ada jenis bus RS yang dilengkapi dengan AC. Kelas ini memiliki kebutuhan fasilitas yang terkesan lengkap. AC atau reclining seat akan sangat memengaruhi kenyamanan para penumpang yang akan bepergian dengan jarak yang jauh.

5. Bus VIP

Naik lagi ke kelas selanjutnya, yaitu bus kelas VIP. Dari nama kelas ini saja Anda akan tahu bahwa banyak layanan dan fasilitas yang diberikan pada bus ini. sebagian besar bus VIP juga sudah menyertakan selimut di kursi, AC, sampai kupon makan prasmanan di warung makan yang disediakan. Jumlah kursi penumpang jelas ini beragam, dari 32 sampai 40 kursi.

6. Bus Eksekutif

Di atas bus kelas VIP, ada bus dengan kelas eksekutif. Jika memiliki dana yang lebih, Anda dapat ikut merasakan bepergian dengan bus eksekutif atau executive class. Fasilitas yang diberikan akan membuat Anda terkesan.

Contohnya seperti legrest yang berguna untuk sandaran kaki. Ini berfungsi supaya kaki Anda tidak terasa pegal. Selain itu, petugas juga akan memberikan snack ringan. Ada juga bus yang menyediakan Wi-Fi untuk para penggunanya.

7. Bus Super Eksekutif

Kelas terakhir yang paling atas adalah super eksekutif atau super executive class. Jumlah armada bus ini memang tidak sebanyak jenis bus sebelumnya. Ini disebabkan karena hanya ada segelintir yang menyediakannya. Konfigurasi kursi sekitar 2 dan 1 yang empuk dan nyaman.

Jika menggunakan bus kelas ini, Anda dapat menerima sejumlah layanan dan fasilitas premium yang tidak didapatkan di kelas bus sebelumnya.

Itulah 7 jenis kelas bus yang beredar di pasaran. Perlu diingat bahwa setiap kelas memiliki harga tiket yang berbeda, begitu pula antar perusahaan bus.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment