aprilhatni.com

Pinjaman Online atau Kartu Kredit? Ketahui Perbedaannya Sebelum Menggunakan Kredit Online

Post a Comment
kredit kta online

Dilihat dari segi bunga kredit yang dibebankan secara umum pinjaman online memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kartu kredit. Itu karena risiko dari penyedia pinjaman online lebih besar daripada risiko yang ditanggung oleh pihak penyelenggara kartu kredit. Meskipun begitu banyak orang yang tertarik menggunakan kredit online karena dinilai lebih praktis tanpa banyak aturan dan persyaratan yang harus dipenuhi.

Sebagian besar orang tidak mengetahui secara mendasar apa saja perbedaan pinjaman online dengan kartu kredit. Meskipun telah menggunakan keduanya, padahal ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk menentukan pilihan yang terbaik. Berikut ini akan ada penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara pinjaman online dengan kartu kredit.

Perbedaan Pinjaman antara Pinjaman Online dengan Kartu Kredit

Perbedaan yang paling umum yaitu terletak dari segi penggunaannya. Kartu kredit umumnya digunakan oleh kalangan menengah ke atas sedangkan pinjaman online menyasar semua lapisan masyarakat. Perbedaan keduanya memang cukup berbanding terbalik, supaya Anda lebih tahu apa saja perbedaan di antara keduanya, simak penjelasan berikut ini.

1. Institusi yang Menaunginya

Institusi yang menaungi pinjaman online dan kartu kredit tidaklah sama, seperti yang Anda tahu kartu kredit diterbitkan dan ditawarkan oleh lembaga keuangan yaitu perusahaan perbankan. Sedangkan pinjaman online merupakan produk keuangan digital yang dibangun oleh perusahaan fintech.

Perusahaan fintech tentunya berbeda dengan perbankan, untuk mengetahui perusahaan fintech yang legal bisa dilihat di situs resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

OJK bertugas untuk mengawasi kegiatan operasi yang dilakukan semua perusahaan fintech di Indonesia. Jika dipandang dari sisi keamanan, kartu kredit memiliki layanan yang lebih aman dan kredibel karena dikelola dan dijalankan oleh perusahaan perbankan.

Sedangkan pada beberapa kasus banyak pengguna pinjaman online yang tertipu dan terjerat suku bunga yang tinggi karena menggunakan aplikasi pinjaman ilegal yang tidak terdaftar di OJK. Oleh sebab itu pinjaman online lebih rawan keamanannya karena masih banyak orang yang belum bisa membedakan aplikasi pinjaman legal dan ilegal.

2. Kecepatan Proses Pengajuan

Dari segi kecepatan pengajuan kredit online di aplikasi pinjaman online jauh lebih unggul dibandingkan dengan kartu kredit. Pasalnya banyak aplikasi pinjaman online yang melakukan proses persetujuan dan pencairan dana dalam hitungan menit hingga jam. 

Persyaratan yang harus dipenuhi oleh peminjam juga sangat mudah, biasanya pihak peminjam hanya perlu mengunggah dokumen pribadi seperti KTP, NPWP, dan slip gaji. Sehingga tidak heran jika bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat.

Berbeda dengan proses pengajuan kartu kredit yang terbilang memakai waktu cukup lama. Selain itu banyak aturan dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan pengajuan. Ditambah lagi kartu kredit bukan solusi yang tepat jika Anda membutuhkan pinjaman uang tunai karena kartu kredit berfungsi sebagai alternatif alat pembayaran.

3. Segi Bunga Kredit

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa suku bunga pinjaman online jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kartu kredit. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, sehingga tidak ada yang lebih unggul di antara pinjaman online dan kartu kredit.

Kredit KTA Online Menjadi Solusi Mendapatkan Dana Tunai dengan Cepat

Kredit KTA online bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang membutuhkan dana pinjaman tunai dengan bunga yang rendah. KTA online berbeda dengan produk keuangan dari perusahaan fintech, karena KTA merupakan produk pinjaman dari perusahaan perbankan. 

Jadi, menggunakan KTA online lebih aman, mudah, dan praktis dibandingkan produk fintech. Berikut ini beberapa keunggulan KTA online yang harus Anda ketahui.


1. Suku Bunga Rendah

Produk KTA online maupun konvensional memiliki suku bunga yang sangat kompetitif, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan lonjakan bunga kredit begitu besar.

2. Limit Pinjaman Lebih Besar

Biasanya produk KTA memberikan limit pinjaman yang cukup besar meskipun proses pengajuannya tidak menggunakan jaminan apa pun.

3. Masa Tenor Lebih Lama

Masa tenor yang berlaku pada KTA online tergolong cukup panjang jika dibandingkan dengan aplikasi pinjaman online, biasanya mulai dari 6 bulan hingga 3 tahun.

4. Proses Cepat dan Persyaratan Mudah

KTA online juga memiliki proses pengajuan yang cepat dengan persyaratan yang sangat mudah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dihadapkan dengan proses yang rumit.


Tahapan Proses Pengajuan digibank KTA

Mau mengajukan kredit digibank KTA? Ikuti tahapan proses pengajuan digibank KTA bagi Anda yang belum menjadi nasabah berikut ini:
  1. Apply data diri Anda di website resmi digibank by DBS di go.dbs.com/kta melalui smartphone
  2. Kemudian tunggu pengajuanmu disetujui dalam waktu 60 detik.
  3. Ketika pengajuan digibank KTA telah disetujui segera download aplikasi digibank by DBS di smartphone.
  4. Untuk lanjut ke tahap pencairan dana Anda harus melakukan verifikasi biometrik dengan agen digibank.
  5. Terakhir dana pinjaman yang diajukan akan langsung cair ke rekeningmu hingga 80 juta.

Cara Melakukan Pengajuan digibank KTA 

Sudah menjadi nasabah digibank by DBS? Berikut cara untuk melakukan pengajuan digibank KTA bagi Anda yang sudah memiliki akun rekening digibank by DBS:
  1. Klik fitur Personal Loan pada tampilan menu utama aplikasi.
  2. Selanjutnya lengkapi data dirimu.
  3. Lalu tunggu konfirmasi persetujuan pinjaman dalam waktu 60 detik.
  4. Setelah disetujui pilih limit pinjaman dan tenor yang Anda inginkan.
  5. Kemudian dana akan cair secara real-time hingga Rp80 juta ke rekening digibank milikmu.
Bagaimana Anda tertarik menggunakan produk KTA Online? digibank KTA menjadi pilihan yang tepat untuk Anda gunakan. Proses pengajuan pinjaman semuanya dilakukan melalui aplikasi digibank by DBS dengan mudah dan praktis, Anda tidak perlu mengunggah dokumen apa pun saat melakukan pengajuan pinjaman.

Proses persetujuan kredit online juga sangat cepat cukup 60 detik dan pencairan dana bisa mencapai Rp80 juta. Masa tenor pinjaman bisa Anda pilih sesuai keinginan mulai dari 6 bulan hingga 36 bulan.

Proses pengajuan kredit online di digibank KTA sangat mudah bukan? Sekarang tunggu apalagi segera ajukan pinjaman online di aplikasi digibank by DBS tanpa ribet dengan proses cepat. DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik dengan memberikan berbagai penawaran dan layanan yang memudahkan nasabah.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment