aprilhatni.com

Sistem Akses Kontrol untuk Keamanan yang Komprehensif dalam Pabrik

Post a Comment
sistem akses kontrol hikvision

Sistem akses kontrol di pabrik harus benar-benar diperhatikan dan diwaspadai, termasuk penerapan dan kinerjanya. Jika akses tersebut dimanfaatkan oleh oknum yang tidak tepat, sistem pada kawasan kerja akan menjadi tidak beraturan. Berikut adalah solusi yang dapat Anda pertimbangkan.

Mengenal Sistem Akses untuk Keamanan Pabrik

Anda yang tidak bekerja di pabrik atau perusahaan industri, pasti akan bertanya-tanya gambaran terkait sistem akses ini. Jadi, istilah tersebut merujuk pada cara membatasi akses ke sistem atau sumber daya fisik maupun virtual.

Sistem akses kontrol tersebut juga bisa didefinisikan sebagai proses di mana pengguna diberikan sebuah akses atau hak istimewa tertentu mengenai sebuah sistem, bahkan informasi. Pengguna harus menunjukkan kredensial sebelum diberikan akses.

Kredensial dapat datang dari berbagai bentuk, tetapi tidak dapat dikirim atau diberitahukan begitu saja karena keamanan yang paling besar harus terus terjaga. Misalnya saja, kartu kunci yang dapat bertindak sebagai kontrol akses terhadap pembawa area rahasia. 

Kredensial tersebut harus terus dijaga karena dapat dicuri, sehingga tidak menjadi cara aman untuk menangani akses tersebut.

Dampak yang Akan Diperoleh Jika Sistem Akses Tidak Aman

Sistem akses kontrol dapat dikatakan tidak aman jika pin atau kata sandi sudah diketahui oleh pihak lain, selain pengguna. Barang-barang tertentu, aset, atau sesuatu yang bukan menjadi hak dari pihak tersebut tentunya dapat disalahgunakan.

Sesuatu yang merupakan bagian dari pengguna adalah sidik jari, pemindaian retina, dan pengukuran biometrik lainnya. Akses kontrol seharusnya sulit untuk dibobol begitu saja, apalagi sampai disalahgunakan.

Jika akses tersebut sudah dibobol, tempat sudah tidak lagi menjadi aman untuk menyimpan sesuatu. Banyak orang yang akan mengetahui rahasia dari tempat atau bangunan, termasuk hal berbau privasi.

Kinerja karyawan gedung dan efisiensi sumber daya keamanan untuk gedung pun tidak lagi terjamin kualitasnya. Untuk memudahkan pengelola gedung melakukan integrasi sistem keamanan, akses ini dibuat supaya bisa mewujudkannya.

Contoh Penggunaan Sistem Akses di Gedung

Apakah sistem akses ini sudah digunakan dan bermanfaat? Hal ini sudah tidak lagi menjadi hal baru bagi gedung perkantoran. Pengunjung ataupun orang yang beraktivitas di dalam gedung harus menunjukkan kredensial yang mereka miliki jika ingin memperoleh akses untuk masuk.

Bentuk kredensial ini pun bermacam-macam, mulai dari pengenalan sidik jari, sampai kode biometrik dan kartu pengenal yang mudah untuk digunakan. Seiring berkembangnya teknologi, sistem akses dapat diintegrasikan terhadap sejumlah paket CCTV terbaik.

Tujuannya adalah supaya data menjadi lebih akurat terhadap orang-orang yang menggunakan akses untuk pergi ke area tertentu. Integrasi ini digunakan pada area krusial, di mana hanya beberapa pihak saja yang akan memegang akses.

Ada beberapa keuntungan yang sangat berperan penting untuk bangunan, yakni meminimalisasi penyalahgunaan akses. Dengan begitu, pengelola gedung menjadi lebih mudah untuk melakukan identifikasi terhadap siapa saja pengunjung yang datang.

Termasuk dari paket CCTV terbaik. Produk ini hadir untuk meningkatkan efisiensi dari sistem keamanan dan membuat perusahaan lebih mudah melakukan autentifikasi, baik dari pengelolaan akses, visitor management, dan pengaturan terhadap absensi karyawan yang bisa ditangani dengan baik.

HikCentral Enterprise Sebagai Penunjang Keamanan Pabrik

Selain gedung perkantoran, HikCentral Enterprise dari Hikvision juga menyediakan perangkat lunak keamanan untuk pabrik dengan keunggulan, sebagai berikut.

  • HikCentral menerapkan video sebagai kompetensi inti, perangkat lunak yang tidak hanya untuk keamanan ini, memiliki berbagai teknologi canggih. Perangkat lunak platform ini dilengkapi paduan teknologi IoT, analisis data besar, pengenalan wajah, artificial intelligence, dan lainnya. Adanya fasilitas teknologi ini memungkinkan perusahaan memenuhi keperluan manajemennya lewat aplikasi cerdas dan terpadu.
  • Sistem akses kontrol ini menawarkan solusi terkait sistem keamanan bagi empat industri vertikal umum. Kawasan industri, bangunan komersial, pendidikan serta retail merupakan industri vertikal umum tersebut.
  • Perangkat lunak ini termasuk platform terbuka yang memfasilitasi pengintegrasian bersama sistem ketiga lainnya. Jadi, produk Hikvision tidak hanya sekadar pengaman, tetapi bisa menaikkan efisiensi sistem-sistem keamanan. Perangkat lunak ini membantu pengintegrasian varian elemen-elemen keamanan, untuk menghasilkan data serta performa lebih baik. Contoh integrasi seperti pengintegrasian antara sistem akses kontrol dengan elemen keamanan seperti CCTV. Adanya pengintegrasian ini menjadikan seseorang perlu menunjukkan kredensial, agar bisa memasuki suatu area. Jadi, sistem akses kontrol yang terintegrasi ini bisa mencegah penyalahgunaan akses.
  • Terkait industri, HikCentral memiliki platform manajemen pusat yang diperuntukkan bagi kawasan industri. Perangkat ini dibuat untuk diaplikasikan pada lokasi industri yang beroperasi dalam manufaktur dan logistik. Dengan mengintegrasikan teknologi canggih serta dirancang berdasarkan Internet of Things. Perangkat keamanan ini bisa membantu meningkatkan efisiensi produk dan kualitasnya.
  • Persaingan yang ketat antar industri, menjadikan perusahaan industri mengurangi biayanya seraya menaikkan efisiensi operasi. Perusahaan industri bisa meningkatkan daya saing dengan menerapkan transformasi digitalisasi melalui teknologi HikCentral seperti data besar, AI, serta VR/AR.
  • Sistem akses kontrol ini merupakan penyedia solusi IoT yang menghadirkan solusi menyeluruh terkait pembangunan taman industri cerdas. Pembangunan ini memiliki fokus yang berjumlah empat yaitu manajemen personel, manajemen barang, manajemen lokasi, serta manajemen kendaraan. Jadi, bukan hanya keamanan yang ditawarkan, namun perangkat ini membantu peningkatan efisiensi operasional lewat adaptasi fungsionalitas. Adaptasi ini didukung artificial intelligence. Secara keseluruhan, solusi yang ditawarkan platform ini yaitu menciptakan kawasan industri lebih cerdas dan aman.

Rekaman CCTV membuat setiap akses ke sebuah area memiliki catatan yang lebih sempurna. Sistem ini juga bisa digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan. 

Penerapannya dapat melahirkan efisiensi sumber daya keamanan gedung. Hikvision menghadirkan beberapa keunggulan produknya seperti yang telah dijelaskan di atas.

April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment