Hexagon City : Zona News Time

hexagon city zona news time

Di awal bulan Maret 2021 nanti, Hexagon City sudah memasuki zona baru, yaitu Zona News Time atau biasa disebut dengan Zona N. Wow! Ada kejutan apa lagi ya di pekan ini? Apa sih maksud dari News Time di sini? Nah, pada hari Rabu (24 Februari 2021) Pukul 20.00 WIB, Founding Mother (Ibu Septi Peni Wulandani) menyampaikan materi terkait Zona N ini.

Menurut penuturannya, pada Zona News Time kali ini ada tiga fase/tahapan yang harus dilakukan oleh para Hexagonia. Pertama, adalah diskusi masing-masing Co Housing untuk menentukan Start, Stop, Continue dan False Celebration. Kedua, mengadakan selebrasi belajar bersama dengan cluster. Dan yang Ketiga, membuat liputan (breaking news) tentang Hexagon City kepada publik.

Tahap Pertama : Huddle

Fase/tahap pertama yang harus dilakukan para tim adalah Huddle dan Brainstorming dengan para anggotanya. Yang termasuk tim di dalamnya adalah Tim Co Housing, termasuk antar Co House Leader, lalu Tim City Leader (Gub Hexa, Tim Marcomm, Tim RnD), dan Tim Formula.

Sesi brainstorming ini menentukan Start, Stop, and Continue. Ini adalah cara bagi suatu kelompok untuk merefleksikan tindakan masa lalu dan memutuskan apa saja yang perlu diubah. Saat grup/tim bergerak maju, maka kita akan mengidentifikasi tindakan/proses yang tidak bekerja untuk kita (STOP), usulan baru yang dapat dilakukan untuk meningkatkan cara kita bekerja di grup/tim (START) dan tindakan/proses bekerja sangat baik untuk kita dan tetap harus ada (CONTINUE).

Bagaimana caranya? Seperti biasa, luangkan waktu untuk refleksi, gunakan sticky note untuk menyampaikan suaramu, lalu gunakan icon tertentu (thumb up, thumb down, STOP dan START) untuk merespon yang ada di board yang kita buat.

Namun sebelum melakukan itu, para Co Housing bisa membuka kembali lembar kerja/worksheet My Project Journey (timeline project passion). Lalu recheck, goals-nya ke mana, boost-nya apa saja, delays-nya apa saja dan risk-nya apa saja selama project passion berjalan. Setelah itu saling menentukan STOP, START and CONTINUE.

STOP

Yang masuk dalam kategori ini adalah;
1. Proses apa saja yang selama ini tidak bekerja untuk project passion kita.
2. Apa saja yang harus kita “STOP” dan tidak dikerjakan lagi apabila project passion akan berlanjut.

START

Yang masuk dalam kategori ini adalah, hal baru apakah yang bisa kita usulkan untuk meningkatkan proses kinerja kita apabila project passion ini akan dilanjutkan. 

CONTINUE

Yang termasuk dalam kategori continue/berkelanjutan, adalah;
  1. Apa saja yang sudah bekerja baik di project passion kita, dan akan kita lanjutkan.
  2. Proses/hal-hal apa saja yang perlu kita explore lebih lanjut kedepannya.

Pada Sabtu, 27 Februari 2021 Co Housing kami pun mengadakan diskusi melalui WAG terkait Stop, Start dan Continue untuk Project Passion kami. Berikut hasilnya: 

stop start continue zona news time

False Celebration

Setelah mengidentifikasi dan menentukan STOP, START and CONTINUE, kemudian masing-masing anggota mengadakan False Celebration. False Celebration ini penting dilakukan terlebih dahulu sebelum mengadakan Party Celebration. Karena hal ini untuk merefleksi diri maupun team. Oleh sebab itu, False Celebration ini pada prinsipnya "Its OK to make mistakes, as long as i learn from my mistakes".

Adapun hal-hal yang harus dilakukan saat False Celebration ini, diantaranya;

  1. Kesalahan apa yang pernah dilakukan selama di Hexagon City.
  2. Belajar apa saja dari kesalahan tersebut (adakah hikmahnya?).
  3. Aku tahu apa saja yang seharusnya kulakukan, agar tidak terulang kesalahan yang sama.
  4. Apresiasi masing-masing False Celebration dari setiap anggota/team.

False Celebration ini adalah sarana untuk berani melangkah ke jenjang selanjutnya. Semakin banyak kesalahan yang kita perbuat dan kita sadari, maka kita akan kaya pengalaman, jadi tidak perlu takut salah dan takut mencoba hal yg baru.

false celebration

Tahap Kedua : Selebrasi Belajar


Pada tahap ini akan diadakan pada masing-masing cluster. Setiap cluster akan menyiapkan konsep Selebrasi Belajar ini yang bisa mengimplementasikan tagline Hexagon City sebagai Kota Produktif, Warga Kreatif, Penuh Ide Solusi.

Tahap Ketiga: News Time


Pada tahap terakhir ini, para Hexagonia membuat liputan (breaking news) tentang Hexagon City kepada publik/masyarakat umum. Para Hexagonia dibebaskan untuk membuat news time (press release) dalam bentuk apapun, baik melalui akun sosial media masing-masing maupun media dari luar Hexagon City (Indonesia dan mancanegara).

Dan, Founding Mother pun menyampaikan bahwa, pada bulan ini (Maret, 2021) Hexagon City belum berakhir melainkan baru memulai grand launchingHexagon City, Virtual City with Really Activity”. “Enam bulan yang lalu, kami memulainya dengan lahan yang kosong, kemudian mulai membangun infrastrukturnya, mengisi aktivitasnya, dan pada akhirnya kita bisa menunjukkan pada dunia bahwa Hexagon City ada energi di dalamnya, yaitu para Hexagonia” pungkasnya.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter