Festival Diwali

festival diwali

Apa itu Festival Diwali?

Diwali adalah Festival Cahaya yang dirayakan oleh jutaan umat Hindu, Sikh, dan Jain di seluruh dunia, utamanya India. Perayaan ini biasanya berlangsung selama lima hari. Diwali bagi sebagian orang juga bertepatan dengan panen dan perayaan tahun baru.

Juga merupakan festival permulaan baru dan kemenangan kebaikan atas kejahatan, dan terang atas kegelapan.

Festival Diwali biasanya berlangsung antara bulan Oktober dan November, dengan tanggal yang berubah setiap tahun. Pada tahun 2020 kali ini dimulai pada Hari Kamis, 12 November dan berlangsung selama lima hari, dengan hari utama perayaan berlangsung pada Hari Sabtu 14 November.

Kata Diwali berasal dari kata Sansekerta, yaitu deepavali, yang berarti “deretan lampu yang menyala”. Biasanya/ciri khas jika ada perayaan ini, rumah, toko dan tempat umum akan dihiasi dengan lampu minyak kecil yang disebut Diyas. 

Orang-orang juga menyalakan kembang api dan menikmati berbagai macam permen, hal ini pun sangat populer di kalangan anak-anak.

diwali sweets


Festival Diwali ini merupakan cara umat ​​Hindu dalam merayakan kembalinya Dewa Rama dan Sita ke Ayodhya setelah pengasingan mereka selama 14 tahun. Mereka juga merayakan hari Ibu Dewi Durga yang menghancurkan iblis bernama Mahisha.

Orang Sikh secara khusus merayakan pembebasan guru keenam Hargobind Singh pada tahun 1619. Tetapi orang Sikh merayakan festival tersebut sebelum tanggal ini.

Faktanya, batu pondasi Kuil Emas di Amritsar, tempat paling suci di dunia Sikh, diletakkan di Diwali pada tahun 1577. Pendiri Jainisme adalah Lord Mahavira. Selama Diwali, Jain merayakan saat dia mencapai keadaan yang disebut Moksha (nirwana, atau kebahagiaan abadi).

Ciri khas/Tradisi Diwali

  • Banyaknya lampu serta lampu minyak menyala di berbagai jalan dan di rumah-rumah
  • Mengunjungi kerabat dan mengadakan pesta
  • Kembang api dan pesta adalah bagian penting dari acara tersebut
  • Laksmi yang merupakan dewi kekayaan Hindu, dipuja sebagai pembawa berkah untuk tahun baru

Festival Diwali di Qatar

Festival Diwali pada tahun ini jatuh pada tanggal 14 November 2020. Diwali atau Deepavali, ini adalah festival cahaya yang dirayakan di seluruh dunia oleh komunitas Hindu. 

Menurut legenda, festival ini dirayakan untuk menandai kembalinya Raja Rama ke Kerajaan Ayodhya, setelah membunuh raja iblis Rahwana. Orang-orang di seluruh dunia, merayakan acara tersebut dengan menyalakan lampu di rumah mereka dan menikmati makanan manis, gurih, dan hidangan lainnya yang lezat.

Diwali adalah salah satu festival terbesar yang dirayakan di India, di seluruh pelosok negara dengan antusiasme dan kegembiraan yang sama. Orang-orang di seluruh dunia bertukar hadiah dan mengunjungi rumah orang yang mereka cintai untuk merayakan Diwali dengan permen, hadiah, dan banyak lagi yang lainnya. 

diwali special offer in qatar

Di Qatar sendiri biasanya dalam rangka merayakan festival ini mengadakan berbagai event/ acara di berbagai mall, pun ada offer/sale di berbagai supermarket hingga maskapai penerbangan (Qatar Airways). Karena warga negara India termasuk mayoritas ekspatriat di negara ini. Berhubungan dengan kondisi saat ini masih pandemi, maka event-event tersebut ditiadakan.

Referensi:
Wikipedia
iloveqatar.net
indiatime.com
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter