Al Wasmi Garden Festival di Qatar

al wasmi qarden festival di qatar


Pada Februari 2020 lalu, Qatar Cultural Village Foundation (Yayasan Desa Budaya) menyelenggarakan event perdana Garden Festival yang diberi nama “Al Wasmi Garden Festival”. Al Wasmi Gardens Festival diselenggarakan di Katara Cultural Village, yang merupakan icon sentral Desa Budaya masyarakat Qatar.

Festival tersebut adalah acara publik pertama yang diselenggarakan di Katara South Hills yang berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 18 hingga 22 Feb 2020. Aku beserta keluarga waktu itu berangkat menggunakan Metro Tram dengan berbagai pertimbangan, selain harga tiket murah meriah dengan Metro Tram kita bisa memangkas waktu lebih cepat karena nggak terjebak macet di kota.

Berangkat dari rumah pukul 17.00 kemudian naik tram dari Al Wakra Station mulai pukul 17.30 hingga sampai di Katara (tempat tujuan) lebih kurang pukul 18.15. Jika kita menggunakan mobil sudah tentu sampai Katara mungkin 19.30 atau bahkan lebih, karena di tengah kota biasanya macet.

Konon,  Al Wasmi Garden Festival ini mendulang sukses loh, meskipun merupakan event yang pertama kali diselenggarakan di Katara, khususnya Qatar.

Menurut sumber, dalam momen saat itu Katara berusaha untuk mencerminkan statusnya sebagai tujuan wisata terkemuka di Qatar dan wilayahnya, melalui upaya terus menerus untuk menghadirkan acara inovatif yang menggabungkan budaya, pariwisata, dan hiburan.  

Konsep Al Wasmi Garden Festival

Festival tersebut menampilkan sejumlah taman yang terinspirasi oleh berbagai negara di seluruh dunia dengan latar belakang hijau subur Bukit Katara. Festival Taman Al Wasmi dibuka untuk umum mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam setiap hari, selama periode yang telah tersebut di atas.

Pengunjung dapat menjelajahi berbagai desain taman, bunga, dan tanaman yang indah, termasuk Taman Perancis Qatar Airways, yang telah dirancang sedemikian rupa sebagai bentuk kemitraan dengan Qatar Airways yang merupakan sponsor untuk merayakan Tahun Budaya Qatar-Prancis 2020.

konsep al wasmi garden festival


Mengenai kegiatan selama festival ini, berbagai kegiatan untuk seluruh keluarga direncanakan sebagai bagian dari Festival Taman Al Wasmi, termasuk berburu harta karun, kios makanan dan minuman, lokakarya seni dan kerajinan bunga, area relaksasi, dan hiburan live

Selain Taman Perancis Qatar Airways, taman lainnya termasuk Taman Tropis, Taman Jepang, dan Taman India dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penyelenggaraan pameran dan kegiatan yang luar biasa ini sebagai momen yang tepat, dimana Qatar saat musim dingin, didukung dengan cuaca yang cerah serta desain/penataan tempat yang indah dengan dihiasi berbagai bunga berwarna-warni sehingga menarik banyak pengunjung yang telah berkontribusi pada kesuksesan acara.

Stand yang tersedia di Al Wasmi Garden Festival

Selama festival terdapat beberapa stand/kios yang berjejer di sepanjang sisi selatan tempat festival. Stand tersebut saling bersaing untuk menarik perhatian pengunjung dengan menampilkan berbagai jenis bunga dan tanaman hias.

Pasar bunga dalam festival ini tidak hanya menyuguhkan berbagai macam bunga dan tanaman hias, tetapi juga pot plastik, kaca, dan logam dalam berbagai bentuk dan ukuran yang bisa dimanfaatkan untuk mulai berkebun.

Festival yang memukau ini menampilkan berbagai taman yang terinspirasi oleh berbagai negara di seluruh dunia seperti Taman Perancis, Taman Inggris, Taman India, Jepang, dan Taman Arab.

Menurutku hal yang terkesan dalam Al Wasmi Garden Festival ini adalah; Edukatif, Inovatif, Kreatif. Anak-anak beserta orang dewasa dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berburu harta karun, stand makanan, lokakarya seni dan kerajinan bunga, area relaksasi, parade, hiburan langsung seperti Pertunjukan Peter Rabbit, buku Indian Story Jungle, Alice in English Rose Garden, French Story Beauty and the Beast dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sayangnya waktu itu kami kesana di hari terakhir, sehingga nggak sempat menikmati seluruh pertunjukan yang telah dijadwalkan. Meskipun begitu, kami sangat terkesan dengan acaranya, benar-benar sangat menarik dan spektakuler mungkin tak pernah terlupakan selama di Qatar.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter