aprilhatni.com

Lit Photo: Aplikasi Photo Compress dan Resize

Post a Comment
aplikasi resize foto
Bagi para Blogger tentunya sudah tak awam mengenai value sebuah artikel/tulisan. Untuk menunjang sebuah artikel/tulisan agar menarik dan membuat para pembaca betah saat membaca tulisan kita, salah satunya diperlukannya sebuah gambar atau foto.

Namun, biasanya foto atau gambar yang berukuran besar malah membuat loading page lama, bisa jadi membuat pembaca tersebut malas menunggu dan akhirnya menutup halaman blog kita. Tentu kita enggak mengingikan hal itu terjadi, kan?

Loading page adalah proses memuat halaman di blog atau website.

Perlu diketahui bahwa standar size/ukuran untuk foto atau gambar dalam sebuah artikel di blog adalah maksimal 100 Kb. Maka, untuk sebuah foto atau gambar yang berukuran lebih 100 Kb harus dikompres atau resize terlebih dahulu, agar loading page blog kita cepat.

Setelah browsing, akhirnya aku menemukan sebuah aplikasi compress dan resize foto atau gambar yang menurutku terbilang cukup bagus dan ini juga gratis, namanya adalah Lit Photo.

Penasaran, kan? Yuk, kita kupas tuntas aplikasi ini ya!

Apa itu Lit Photo?

Lit Photo adalah aplikasi kompresi dan pengubah ukuran sebuah foto atau gambar. Aplikasi ini release pada tahun 2018. Dengan aplikasi ini, kita dapat mengubah ukuran foto dalam hal dimensi dan dapat mengompresnya untuk mengambil lebih sedikit ruang penyimpanan.

Selain itu, aplikasi ini mendukung kompresi batch, beberapa trik editor foto yang sangat kecil, dan tidak merusak file asli jika kita ingin melakukan hal lainnya.

Kelebihan Lit Photo

1. Compress, Resize, dan Memotong Foto

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat melakukan tiga hal: kompres, me-resize, dan memotong foto. Lantas, apa sih perbedaan di antara ketiganya? Mengompres (Compress), Anda hanya bisa mengecilkan ukuran file tanpa mengubah dimensinya. Menariknya, fitur ini memungkinkan Anda kompres foto sesuai kebutuhan.

Sementara, fitur resize memungkinkan Anda untuk mengubah dimensinya. Jika Anda menggunakan fitur ini, foto sekaligus akan terkompres. Enggak perlu khawatir, Anda bisa mengaturnya, kok!

Yang ketiga, yaitu memotong. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan cropping bagian foto yang ingin Anda hilangkan. Setelah melakukan proses ini, Anda juga bisa melakukan adjustment (pengaturan) lagi untuk ukuran fotonya.

2. Mudah Digunakan

Lit Photo merupakan aplikasi yang sangat mudah digunakan, enggak memerlukan koneksi internet saat menggunakannya.

3. Teknik Kompresi Lossy 

Lit Photo menggunakan teknik kompresi lossy yang cerdas untuk mengurangi ukuran file foto. Dengan mengurangi jumlah warna pada gambar secara selektif, lebih sedikit byte yang dibutuhkan untuk menyimpan data.

4. Efek Normal

Efek resize hampir tidak terlihat, namun membuat perbedaan yang sangat besar dalam ukuran file. Bahkan, kita pun enggak perlu menyimpan gambar yang diubah ukurannya secara manual, karena secara otomatis disimpan dalam folder terpisah berjudul LitPhoto dan dapat diakses melalui aplikasi galeri bawaan ponsel Anda.

Fitur Smart Image Resizer pada Lit Photo

  • Kompres batch (kompres beberapa Foto)
  • Gambar asli tidak terpengaruh, gambar kompres secara otomatis disimpan di direktori LitPhoto
  • Kualitas foto terkompresi yang sangat baik dan kualitas kompres opsional
  • Putar Foto 90 ° searah jarum jam, lalu pangkas foto
  • Gunakan jari untuk memperbesar/ memindahkan, memutar area crop pada foto
  • Bagikan foto dengan teman Anda melalui jejaring sosial: dikirim melalui email atau pesan teks dan dibagikan ke media sosial (Instagram, Facebook, Flickr, Google+, KakaoTalk, dan lain-lain)

lit photo shareCara menggunakan aplikasi Lit Photo

  • Buka aplikasinya (Lit Photo/Photo Compress dan Resize)
lit photo aplikasi resize foto
  • Pilih fitur yang ingin Anda gunakan
  • Pilih foto yang ingin Anda edit (bisa memilih lebih dari satu foto)
  • Atur ukuran/dimensi yang ingin Anda sesuaikan
aplikasi resize foto free
  • Kemudian tekan Start Compressing
  • File baru langsung tersimpan di galeri ponselmu (Folder Lit Photo)
aplikasi compress foto gratis
Gimana, gampang dan super cepat, kan? Semoga bermanfaat ya!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak, sekarang berdomisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Desain, Parenting, dan Psikologi.

Related Posts

Post a Comment