Lit Photo : Aplikasi Photo Compress dan Resize

lit photo aplikasi kompress dan resize


Bagi para Blogger tentunya sudah tak awam lagi mengenai value sebuah artikel/tulisan. Untuk menunjang sebuah artikel/tulisan agar menarik dan membuat para pembaca betah saat membaca tulisan kita, salah satunya diperlukannya sebuah Gambar atau Foto. 

Namun, biasanya Foto atau Gambar yang berukuran besar malah membuat loading page lama, bisa jadi membuat pembaca tersebut malas menunggu dan akhirnya menutup halaman Blog kita. Tentunya kita nggak mau seperti itu kan?

Perlu diketahui bahwa standar size/ukuran Foto/Gambar dalam sebuah artikel di Blog maksimal 100 Kb. Maka untuk sebuah Foto/Gambar yang berukuran lebih 100 Kb harus dikompres atau diresize terlebih dahulu, agar loading page Blog kita cepat. 

Baru-baru ini, aku menemukan sebuah aplikasi Compress dan Resize Foto/Gambar yang menurutku terbilang cukup bagus, namanya adalah Lit Photo.

Penasaran, kan? Yuk, kita kupas tuntas aplikasi ini ya!

Apa itu Lit Photo?

Lit Photo adalah aplikasi kompresi dan pengubah ukuran sebuah Foto atau gambar. Aplikasi ini release pada tahun 2018. Dengan aplikasi ini, kita dapat mengubah ukuran Foto dalam hal dimensi dan dapat mengompresnya untuk mengambil lebih sedikit ruang penyimpanan. 

Selain itu, aplikasi ini mendukung kompresi batch, beberapa trik editor Foto yang sangat kecil, dan tidak merusak file asli jika kita ingin melakukan hal lainnya. 


Kelebihan Lit Photo

1. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat melakukan tiga hal: kompres, me-resize, dan memotong Foto. Lantas, apa sih perbedaan di antara ketiganya? Mengompres (Compress), kamu hanya bisa mengecilkan ukuran file tanpa mengubah dimensinya. Menariknya, fitur ini memungkinkan kamu untuk kompres Foto sesuai kebutuhan.

Sementara itu, fitur Resize memungkinkanmu mengubah dimensinya. Jika kamu menggunakan fitur ini, Fotomu sekaligus akan terkompres. Nggak perlu khawatir, kamu bisa mengaturnya, kok!

Yang ketiga, yaitu memotong. Fitur ini memungkinkanmu melakukan cropping bagian Foto yang ingin kamu hilangkan. Setelah melakukan proses ini, kamu juga bisa melakukan adjustment (pengaturan) lagi untuk ukuran Fotonya.

2. Lit Photo merupakan aplikasi yang sangat mudah digunakan, nggak perlu koneksi Internet saat menggunakannya.

3. Menggunakan teknik kompresi lossy yang cerdas untuk mengurangi ukuran file Foto. Dengan mengurangi jumlah warna pada gambar secara selektif, lebih sedikit byte yang dibutuhkan untuk menyimpan data. 

3. Efeknya hampir tidak terlihat, tetapi membuat perbedaan yang sangat besar dalam ukuran file. Bahkan, kita pun nggak perlu menyimpan gambar yang diubah ukurannya secara manual, karena secara otomatis disimpan dalam folder terpisah berjudul 'LitPhoto' dan dapat diakses melalui aplikasi Galeri bawaan ponsel Anda. 

Fitur Smart Image Resizer pada Lit Photo

  • Kompres batch (kompres beberapa Foto)
  • Gambar asli tidak terpengaruh, gambar kompres secara otomatis disimpan di direktori 'LitPhoto'
  • Kualitas Foto terkompresi yang sangat baik dan kualitas kompres opsional
  • Putar Foto 90 ° searah jarum jam, lalu pangkas Foto
  • Gunakan jari untuk memperbesar / memindahkan, memutar area krop pada Foto
  • Bagikan Foto dengan teman Anda melalui jejaring sosial: dikirim melalui email atau pesan teks dan dibagikan ke media sosial (Instagram, Facebook, Flickr, Google+, KakaoTalk, dan lain-lain)
lit photo share


Cara menggunakan aplikasi Lit Photo

  • Buka aplikasinya (Lit Photo/Photo Compress dan Resize)
lit photo step pertama


  • Pilih fitur yang ingin kamu gunakan
  • Pilih Foto yang ingin kamu edit (bisa memilih lebih dari satu Foto)
  • Atur ukuran/dimensi yang ingin kamu sesuaikan
lit photo adjustment step


  • Kemudian tekan Start Compressing
  • File baru langsung tersimpan di galeri ponselmu (Folder Lit Photo)
lit photo result
Gampang dan super cepat. Semoga bermanfaat ya!
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter