Prioritas Belajarku - Jurnal Ketiga

prioritas belajarku tahap kupu-kupu

Memasuki pekan ke-3 tahapan kupu-kupu ini, kami diminta untuk menuliskan prioritas belajar yang sudah tertulis dalam Mind Map pada tahapan telur-telur dulu. Setelah mengecek kembali Mind Map yang dulu saya buat, memilah dan memilih mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu, maka kali ini saya akan mencoba menjabarkannya dengan membreakdown topik utama ke dalam sub-sub topik, dengan sebuah bagan beserta penjelasannya.

prioritas topik belajarku

PENJELASAN BAGAN DI ATAS


Pada tahap terakhir (Kupu-kupu) di kelas Bunda Cekatan Ibu Profesional, akhirnya saya memutuskan untuk menuntaskan satu topik besar di dalam Mind Map saya, yaitu MANAJEMEN EMOSI. Pada tahapan sebelumnya (ulat-ulat) saya sudah belajar semua ilmu yang berkaitan dengan Manajemen Emosi ini. Menurut saya, kalau cuma sekedar paham ilmu namun tidak ada tempat/kegiatan untuk menyalurkan Emosi, itu artinya saya belum berhasil dalam mengelola Emosi secara tuntas. Pahami ilmunya dan cara penyalurannya, ini jauh lebih baik daripada cuma sekedar menerima ilmu itu saja. Dan pada akhirnya, saya menemukan ‘suatu formula’ dalam menyalurkan Emosi saya. Sebenarnya ini bukan waktu yang singkat, sudah lama saya mencari-cari dan alhamdulillah setelah masuk tahap ulat-ulat kemarin serasa mendapat ‘cluenya’. Sedikit demi sedikit saya gali dan perdalam apa yang dimau oleh diri saya, Aha! ternyata ada beberapa keterampilan yang dimana membuat saya lebih bersemangat, lebih bergairah dan tentunya semakin membuat saya bahagia. Sehingga dari topik besar tersebut bisa breakdown lagi, keterampilan itu meliputi: (1) Mendesain (mencakup membuat desain Flyer undangan, infografis dan sebagainya), (2) Membuat Video (dengan menggunakan PPT maupun Google Slide), (3) Perbloggingan (mencakup penataan halaman blog hingga ke penulisan blog).

A. SUSUN TUJUAN

Ambil bidang yang berada pada posisi di atas, dan bikin Goals/tujuan agar kita punya arah untuk mencapainya

susun tujuan belajar

B. SUSUN SKALA PRIORITASMU

Ambil Mind Map, urutkan dari yang paling utama yang ingin segera Anda kuasai untuk diletakkan diurutan pertama. “First thing First!”

susun skala prioritas

C. MILIKI RENCANA

Tujuan tanpa rencana tidak akan menjadi hal nyata, hanya sekedar harapan saja. Maka ada baiknya kita menyusun rencana/action plan.

1. Desain Video (Keterampilan I)


action plan 1

2. Blogging (Keterampilan II)

action plan 2

#jurnalke3
#tahapkupukupu
#buncek1
#institutibuprofesional
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter