Di balik Nama dan Tujuanku Ngeblog



Di balik nama aprilhatni dan tujuanku ngeblog

Asyik, sudah masuk hari kedua challenge Mentorship Blogging. Nah, untuk tema kali ini adalah “Di balik nama Blog dan Tujuan Ngeblog”. Seperti biasa sebelum masuk pembahasan utama, saya akan sedikit mengulas tentang Sejarah Blog.

Sejarah Blog

Dilansir dari Wikipedia Indonesia, media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.[2] Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

sejarah blog

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Nah, dari gambaran di atas sudah ketahuan kan, siapa sih yang tak kenal apa itu blog? apalagi di zaman milenial seperti sekarang ini. Memang sih blog sudah menjadi hal yang tidak asing lagi kita dengar di kehidupan sehari-hari. Berbagai macam tujuan di balik pembuatan blog ini, ada yang hanya sekedar curhat, berbagi ilmu, menceritakan perjalanan hidup dan sebagainya. Namun ternyata, salah satu kegiatan ini mempunyai banyak sekali manfaatnya loh, terutama untuk masa depan. Contohnya adalah apabila kita mempunyai hobi menulis, kemudian timbul ide, maka kita bisa langsung menuangkannya ke dalam blog tersebut, tanpa takut hilang atau lenyap, karena akan tetap tersimpan selama kita tidak menghapusnya. 

Asyiknya lagi di blog itu kita bisa bebas menceritakan semua hal tentang diri kita karena memang di sinilah “zona bebas bercerita” seperti tagline blog mbak mentorku, dan bahkan mungkin kemampuan dalam menulis ini bisa diolah kembali dan menjadi peluang yang baik bagi masa depan kita, ya gak? mencoba bertanya pada mbak mentor yang mana beliau sudah merasakan mendapatkan pundi-pundi dari hasil karya beliau, hehe. Dan jangan salah, kabar baiknya saat ini banyak sekali perusahaan yang sangat membutuhkan kemampuan dalam menulis blog, artikel, dan semacamnya, dan gaji yang ditawarkan untuk pekerjaan ini juga sangat lumayan, jadi tak perlu minder untuk belajar menulis karena pekerjaan yang kita lakukan sangat berhubungan dengan passion kita.

Nama Blog

Pada postingan sebelumnya sudah saya tuliskan cerita pertama kali membuat blog. Saya  membuat blog di akhir 2017 setelah saya masuk kelas Matrikulasi, Ibu Profesional. Meskipun sebenarnya sudah lama familiar tentang blog itu sendiri, namun karena belum ada waktu, niat dan tujuan yang jelas, maka sama sekali belum ada dorongan untuk membuatnya. Nah, ketika masuk kelas ini, berkenalan dengan banyak teman dari berbagai negara dan berbagai passion pastinya. Yang menarik perhatian saya waktu itu adalah passion menulis di blog. Ternyata di kelas tersebut ada beberapa teman Blogger, yang sudah lama berkecimpung di dunia perbloggingan. 

nama blog

Sejak saat itulah saya semacam mendapatkan motivasi, dorongan untuk membuat blog. Apalagi di kelas ada sharing session per pekan, para blogger ini ada kesempatan untuk saling ‘unjuk gigi’ blog mereka. Nah, dari situlah saya semakin tertarik untuk segera mengikuti jejaknya, meskipun belum menguasai ilmu ngeblog itu sendiri. Anyway, terima kasih buat teman-teman yang sudah menginspirasi saya waktu itu.

Tanpa menunggu lama, saya pun melakukan proses registrasi melalui email, kemudian di situ saya mendapatkan saran nama/domain blog yang akan saya buat. Mencoba pilih-pilih, akhirnya tentukan sendiri dengan menggunakan domain nama saya sendiri, yaitu aprilhatni.blogspot.com ini pun bukan tanpa alasan, lagi-lagi karena saya juga terinspirasi dari teman-teman sekelas yang mayoritas menyisipkan nama sendiri pada blog mereka dan alasan terkuat yang sebenarnya adalah supaya mudah diingat pembaca.

Tujuan Ngeblog

Sebelumnya sudah kita ketahui apa blogging itu sendiri. Istilah sederhananya, blogging itu bisa juga dikatakan sebuah catatan pribadi seseorang yang berada di dalam internet. Lalu, ngeblog itu apa? ya bisa diartikan suatu kegiatan seseorang untuk membuat catatan pribadi ke dalam situs internet. Di situs lain dijelaskan pula, Ngeblog merupakan istilah bahasa Indonesia untuk blogging, yang mana kegiatan ini harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari blogger (pemilik blog). Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. 

tujuan ngeblog

Tujuan ngeblog ini bisa bermacam-macam seperti yang sudah saya uraikan di atas, namun saya pribadi awalnya ingin mendokumentasikan atau membuat portofolio dari kegiatan belajar saya selama di Ibu Profesional. Apalagi saat masuk kelas Bunda Sayang ada tugas menulis jurnal setiap hari, secara tidak langsung saya melatih diri menulis setiap hari selama sepekan. Saya yang dulunya merasa sulit untuk membuat sebuah tulisan (bisa dibilang malas, karena kurang belajar), akhirnya saya siap ga siap harus melewati tantangan itu (Tantangan 10 hari). Seiring berjalannya waktu, karena berlatih setiap hari, saya mulai terbiasa, dan akhirnya saya ‘jatuh cinta’ dengan kegiatan menulis ini, saya merasa semakin bersemangat dan bergairah setiap kali melakukannya. 

Dari tujuan awal yang hanya ingin membuat dokumentasi/jurnal belajar saja, kemudian saya mulai ‘jatuh cinta’ dan juga merasakan banyak perubahan yang saya rasakan semenjak konsisten menulis, akhirnya mulai menemukan tujuan baru. “AHA!” kalau kata bu Septi. Iya, dari perjalanan saya selama kurang lebih beberapa bulan, akhirnya saya menemukan Aha Moment tersebut. Apa itu? Bismillah, tujuan kedua saya adalah menebar manfaat melalui tulisan. Saya mulai menulis tentang aktivitas saya (seminar, kulwap dan sebagainya) tentunya berisikan materi dari aktivitas tersebut. Mudah-mudahan tulisan saya ini pada akhirnya bisa memberikan manfaat bagi para pembaca, seperti tujuan saya dalam membuat blog.
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter