Tantangan H-1 Kelas Kepompong

Bismillahirrahmanirrahim Ketika Emosi negatif (sedih, cemas, kecewa dan marah) sedang menghampiri diri, entah pada saat PMS atau terjadi karena sebab lainnya. Saya sadar harus menyalurkannya pada tempat yang tepat. Karena jika emosi negatif ini setiap hari terus diendapkan, maka lama kelamaan menumpuk dan suatu saat akan meledak. Berbahaya jika ledakannya berimbas kepada orang-orang yang saya sayangi, dan itu akan membuat saya semakin bersalah dan merugikan diri sendiri. Jadi, mulai saat ini saya mengazamkan diri saya untuk menumpahkan segala emosi saya pada tempatnya. Misalnya, ketika sedih dan ingin marah maka saya harus cepat dan sigap menemukan jalan keluar untuk menyalurkan emosi negatif tersebut ke dalam kegiatan yang positif. Sehingga tidak berimbas kepada semua pihak, terutama keluarga (anak-anak dan suami) yang selama ini saya sadari jika mereka sering menjadi sasaran dalam menumpahkan emosi negatif saya. Aha! di kelas Kepompong Buncek IIP ini, saya pikir adalah momen yang tepat untuk menantang diri lebih produktif disaat emosi hadir ke dalam tantangan 30 hari. Semoga cara ini efektif dalam ikhtiar saya untuk mengelola Emosi. Semangat Mom April!!! Untuk itu saya tuliskan Rencana Kegiatan 30 hari mendatang, diantaranya: 🎀 Pekan pertama (selama 10 hari) Membuat desain. Selain hobby, kebetulan saat ini saya sedang diamanahi untuk mengurus 2 komunitas di Qatar (Mesaieed dan Doha) dimana tugas saya kerap kali berhubungan dengan desain grafis. 🎀 Pekan kedua (selama 10 hari) Membuat resume ilmu-ilmu yang telah didapatkan ataupun yang sedang dipelajari. Bisa ilmu dari seminar-seminar ataupun dari sumber yang lain (Kulwhap, YouTube dan artikel-artikel di website). 🎀 Pekan ketiga (selama 10 hari) Self talk, yaitu berbicara dengan diri sendiri tentang ilmu-ilmu yang telah dipelajari dan dibuat resumenya di pekan ketiga (seolah-olah mengajar untuk diri sendiri). 🎀 Pekan keempat (selama 10 hari) Menghafal Al Quran (Juz 30), sehari satu ayat. Ketika sedang mengalami emosi negatif, lalu kita melakukan hal-hal yang kita sukai dan membuat bahagia, maka emosi negatif tersebut otomatis hilang dan berubah menjadi emosi positif (senang dan bahagia). Keempat hal tersebut di atas adalah termasuk ranah kegiatan yang saya suka dan bisa. Untuk aktivitas pekan keempat, saya pun nggak ngoyo. Target hafalan sehari satu ayat pun saya rasa cukup buat saya, yang terpenting adalah konsistensi.
Nah, untuk hari ini saya sudah berhasil membuat desain Logo Komunitas Mesaieed. Lah, kok? Iya sih, ini komunitas usianya sudah bertahun-tahun, namun kepengurusan baru terbentuk tahun kemarin (2019), dan belum ada logonya pula. Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk membuatnya dan ini penting apalagi nanti saat mengadakan seminar untuk umum. Alhamdulillah, hari ini lancar jaya, meski PR segambreng. Excellent!

#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatan
#institutibuprofesional
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter