Kapsul Waktu - Orientasi Komunitas IIP

Pada materi ke-7 Orientasi Kampung Komunitas IIP kali ini membahas tentang Kapsul Waktu. Wah ini memang menarik buat saya, karena jujur saja ini kali pertama saya tahu tentang Kapsul Waktu, haha... Dan pada materi ini setiap peserta diminta untuk membuat Kapsul Waktu untuk dirinya sendiri.
Apa sih Kapsul Waktu? Menurut Wikipedia, Kapsul waktu adalah sebuah penyimpanan barang atau informasi sejarah, biasanya ditujukan sebagai metode komunikasi dengan orang masa depan dan untuk membantu para arkeolog, antropolog atau sejarawan masa depan. Kapsul waktu terkadang dibuat dan dikubur saat perayaan seperti pameran dunia, sebuah batu penjuru diletakkan untuk sebuah gedung atau acara-acara lainnya. Apa sih Isinya? Kapsul Waktu di materi ini, akan lebih personal yakni ditujukan untuk diri sendiri. Materi sebelumnya, kami sudah belajar tentang Kekuatan Diri dari Ibu Septi Peni Wulandani. Dan sekarang, kami diminta untuk menuliskan kekuatan masing-masing dalam peran yang sudah diambil. Bagaimana cara membuatnya? 1. Tulis keadaanmu saat ini sesuai; Peran Kekuatan Bakat 2. Lalu tetapkan harapanmu di masa datang. Durasi waktunya mengikuti kemampuan masing-masing. Pemilihan Media dan Proses Pembuatan Saya memilih menggunakan aplikasi www.futureme.org karena lebih praktis, nggak bakalan lupa tempat ataupun terbuka/dibuka oleh orang dan efektif waktu (nggak perlu repot cari media lainnya) pun saya membayangkan 5 tahun ke depan akan mendapatkan kejutan, mungkin bisa jadi lupa kalau sudah pernah membuat Kapsul Waktu ini, nah ini terkesan surprise banget kann??
Proses pembuatannya, ada 2 tahapan. Tahap pertama saya mulai menuliskan peran saya saat ini, baik sebagai ibu, istri dan individu di lingkungan sosial (masyarakat). Kemudian saya menuliskan bakat saya saat ini dan yang terakhir kekuatan-kekuatan yang saya miliki saat ini. Pada tahap kedua, saya menuliskan peran yang saya impikan, doa serta harapan-harapan saya untuk lima tahun mendatang. Dalam menuliskannya, saya membayangkan diri saya di masa depan akan lebih, lebih dan lebih baik baik dari sekarang. Wow seruuuu!!! Tulis Refleksinya di sini Saya merasa bahwa Kapsul Waktu ini memang penting bagi saya, agar saya sebagai manusia mampu menghargai diri dan waktu serta mempunyai misi hidup yang lebih spesifik yaitu berguna bagi diri sendiri, keluarga, teman/sahabat maupun masyarakat (lingkungan sekitar/komunitas). Sehingga membuat kita lebih bersemangat dan bergairah dalam menjalani kehidupan yang tak lama ini. #Kapsulwaktu #Kampungkomunitasibuprofesional #Maret2020
April Hatni
Saya adalah seorang ibu dari dua anak dan sekarang domisili di Qatar. Saya sangat tertarik dengan Design, Parenting dan Psikologi.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter